Mahasiswa Oxford Turunkan Foto Ratu Elizabeth II dari Ruangan Kampus

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 14:55 WIB
MATLOCK, ENGLAND - JULY 10:  Queen Elizabeth II smiles on her arrival at Matlock Station on July 10, 2014 in Matlock, England. (Photo by Joe Giddens - WPA Pool/Getty Images)
Foto: dok. Getty Images/Mahasiswa Oxford Turunkan Foto Ratu Elizabeth II dari Ruangan Kampus
Jakarta - Mahasiswa Oxford University, Inggris menurukan foto lawas dari Ratu Elizabeth II dari salah satu ruangan di Magdalen College. Keputusan itu diambil setelah pemungutan suara para mahasiswa di Magdalen College.

Magdalen merupakan salah satu bagian dari Oxford University yang paling prestisius. Sebelumnya, foto Ratu Elizabeth II di ruangan Middle Common Room (MCR) atau organisasi mahasiswa pasca sarjana Magdalen College.

Foto berwarna tersebut diambil saat Ratu Elizabeth II masih muda pada tahun 1952. Para mahasiswa menganggap bahwa foto tersebut adalah simbol "sejarah kolonial terkini".

Seperti dikutip dari BBC, Presiden atau Ketua Organisasi Mahasiswa Magdalen, Matthew Katzman mengatakan, keputusan tersebut dilakukan untuk para mahasiswa bukan perguruan tinggi.

Menurut notulen rapat komite MCR mosi itu diajukan dalam upaya untuk membuat ruang bersama lebih ramah. "Bagi beberapa mahasiswa penggambaran raja dan monarki Inggris mewakili sejarah kolonial terkini," ujar Katzman.

Setelah melakukan pemungutan suara, hasilnya diperoleh bahwa 10 mendukung potret tersebut diturunkan, dua menentang, dan lima abstain. Seorang anggota perkumpulan tersebut yang namanya dirahasiakan menyadari "penolakan" pada ratu ini akan menimbulkan kehebohan.

Sementara yang lain mengatakan,"Kami tidak mampu melakukan 'penolakan tradisi' ratu. Ini adalah tentang ruang komunal kami dan membuat orang merasa diterima."

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendidikan Inggris Gavin Williamson mengkritik langkah penurunan foto Ratu Elizabeth II dengan menyebutkan tindakan yang absurd.

"Dia adalah Kepala Negara dan simbol dari apa yang terbaik tentang Inggris," tulis Williamson dalam akun Twitternya.

Menurut Williamson, Ratu Elizabeth II selama masa pemerintahannya telah bekerja tanpa lelah untuk mempromosikan nilai-nilai yang dimiliki Inggris seperti toleransi, inklusivitas, dan rasa hormat ke seluruh dunia.

Simak Video "Oxford Akan Uji Coba Vaksin Corona Alternatif, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia