Kisah Mahasiswi Unair Jadi Mawapres: Aktif Ikut Kompetisi hingga Nulis Artikel Ilmiah

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 14:00 WIB
Mahasiswi Universitas Airlangga (Unair) Fakultas Kedokteran Gigi bernama Pamela Handy Cecilia
Foto: Dok. Pribadi/Kisah Mahasiswi Unair Jadi Mawapres: Aktif Ikut Kompetisi hingga Nulis Artikel Ilmiah
Jakarta - Mahasiswi Universitas Airlangga (Unair) Fakultas Kedokteran Gigi bernama Pamela Handy Cecilia berhasil menjadi mahasiswa berprestasi (Mawapres) di Unair tahun 2021. Ia ditetapkan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) Unair pada Senin (10/5/2021) kemarin.

Untuk mendapatkan gelar tersebut, gadis kelahiran tahun 2000 ini berupaya keras. Bahkan, ia telah merencanakan secara matang sejak menjadi mahasiswa baru (maba) di Unair dengan aktif mengikuti berbagai kompetisi, hingga menulis berbagai artikel ilmiah.

"Sejak maba, saya aktif mengikuti kompetisi, organisasi, dan menulis berbagai artikel ilmiah. Tujuannya, agar ketika seleksi mawapres sudah dibuka, ma saya siap untuk itu," kata dia dikutip detikEdu dari laman resmi Unair, Senin (31/5/2021).

Tak hanya itu, kata Pamela, persiapan sejak dini merupakan hal utama yang harus dilakukan saat ingin menjadi mawapres. Sehingga, ia mengingatkan kepada para generasi muda lainnya untuk mempersiapkan diri sedini mungkin.

"Langkah kaki temen-temen yang lebih dahulu (walaupun hanya satu langkah), mungkin akan sangat menentukan keberhasilan," imbuh Pamela.

Walaupun telah berhasil menjadi Mawapres, ternyata perjalanan Pamela tak semudah yang diharapkan. Ia pernah mengalami kegagalan, namun hal itu tak menjadikannya patah semangat.

Justru, Pamela melihat kegagalan sebagai hal yang positif. Sebab, setiap kegagalan bisa menjadi pengalaman hidup untuk mencapai keberhasilan di masa mendatang.

"Satu hal yang pasti, kegagalan merupakan batu loncatan untuk membuat kita menjadi individu yang lebih baik dan mengantarkan pada keberhasilan," tutur Pamela

Untuk itu, gadis kelahiran tahun 2000 ini memberikan tips kepada generasi muda untuk tidak patah semangat ketika berusaha menggapai impian. Sebab, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

"Jika kita jatuh, maka terus lakukan hal terbaik yang kita bisa untuk bangkit dan untuk hasil akhirnya biarlah Tuhan yang menentukan," sambungnya.

Sementara itu, Pamela saat ini sedang disibukkan dengan bisnis peralatan kedokteran gigi bernama Aether Dental Store dengan temannya. Ia juga tengah mempersiapkan diri mengikuti seleksi mawapres nasional di bulan Mei-Agustus 2021.

Nah, semoga kisah Pamela menjadi Mawapres di Unair bisa menjadi inspirasi untuk detikers ya!

Simak Video "Dirut TransJ Didemo Mahasiswa untuk Mundur dari Jabatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia