Viral di TikTok, Dosen Terkena Stroke Masih Semangat Ngajar

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 28 Mei 2021 10:00 WIB
TikTok dan lebih dari 50 aplikasi buatan China dilarang secara permanen di India
Foto: BBC Magazine
Jakarta - Viral sebuah video di aplikasi TikTok yang memperlihat seorang dosen yang terkena stroke namun masih semangat mengajar daring mahasiswanya. Video TikTok yang diunggah di akun @balqueens.id pada 26 April 2021 tersebut telah diputar lebih dari 400 ribu, disukai lebih dari 63 ribu, dan dikomen lebih dari 2 ribu pengguna TikTok.

Dalam video TikTok itu terlihat dosen tersebut mengenakan kaos berwarna putih dan juga mengenakan headset untuk memberikan kuliah online. Dosen tersebut kemudian dibantu oleh beberapa orang untuk membenarkan headset agar tidak miring. Lalu dosen tersebut juga terlihat mengajar sambil tidur di kasur.

"Biasanya tiap minggunya bapak selalu masuk kelas. Tapi baru Minggu kemarin gak masuk dan ada kabar bapak dosen kami terserang penyakit stroke. Dan alhamdullilah minggu ini kita masih bertatap maya dengan bapak walaupun gak sampai selesai," tulis akun @balqueens.id.

"Biasanya bapak cekatan banget tapi kali ini untuk pasang earphone aja harus dibantu, yuk temen-temen mahasiswa semangat yuk kuliahnya," tulis akun @balqueens.id.

Dihubungi oleh detikEdu pada Kamis (27/5/2021), pemilik akun TikTok @balqueens.id ini menceritakan bagaimana sosok dosen yang viral di video TikTok yang dibuatnya.

"Kondisi Pak Aceng sebelum stroke, Alhamdulillah masih ngajar seperti biasa tiap Minggu nya selalu masuk walaupun daring kuliah via zoom dan selalu memberi tugas ataupun materi via web kampus," ujar Balqis Maharani El-Fadhil yang pemilik akun TikTok @balqueens.id.

Sosok dosen yang tetap mengajar meski terkena strokeSosok dosen yang tetap mengajar meski terkena stroke Foto: Screenshot @balqueens.id

Balqis merupakan mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Menurut Balqis, Aceng Muhtaram Mirfani saat itu sedang mengajar mata kuliah Penelitian Administrasi Pendidikan.

Di mata mahasiswanya, Aceng merupakan sosok dosen yang sangat cekatan apalagi jika memberikan materi atau memberi tugas kepada mahasiswanya.

"Pak Aceng Alhamdulillah dekat dengan mahasiswanya walaupun belum pernah ketemu, kebetulan saya adalah penanggung jawab dari mata kuliah tersebut, jadi tiap Minggunya saya chat bapak via WhatsApp walaupun agak slow respon bapaknya tapi selalu balas chat saya," cerita Balqis.

Balqis juga sangat terharu ketika menyaksikan Aceng mengajar sambil tidur, dirinya dan teman-temannya pun inisiatif langsung menyalakan kamera video.

"Lalu gak lama dari itu ada keluarganya ngebantuin pasang headphone tambah sedih dan prihatin lagi dan terus gak lama dari itu bapak izin untuk meneruskan pembelajaran oleh mahasiswanya sendiri karena bapak bilang kurang konsentrasi karena masih ngajar ditempat tidur," ujar Balqis pembuat video TikTok viral tersebut.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia