Cerita Alumni IPB Sukses Rintis Usaha, Sempat Rugi Rp 60 Juta

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 20:21 WIB
Alumni IPB
Foto: situs IPB/Cerita Alumni IPB Sukses Rintis Usaha, Sempat Rugi Rp 60 Juta.
Jakarta - Salah satu alumni IPB sukses merintis Gumilang Farm dengan ikon Akademi Bioflok. Dia adalah Teguh Gumilang alumni jurusan Teknik Mesin dan Biosistem, yang mendirikan platform pembelajaran budidaya ikan dengan metode bioflok.

Dibalik kesuksesannya, Teguh mengaku pernah rugi hingga Rp 60 juta saat mendirikan Gumilang Farm. Namun Teguh tak menyerah saat harus melewati kerugian dan kegagalan. Teguh belajar mencari solusi dengan melihat akar permasalaannya.

"Saya berharap masyarakat mengetahui apa yang mereka makan dengan mengolah makanan mereka sendiri dan mengendalikan apa yang sebenarnya mereka konsumsi dengan memiliki unit bioflok dan instalasi hidroponik," cerita Teguh dikutip dari situs IPB.

Teguh bercerita telah memulai karir sebagai wirausahawan sejak tahun 2008 saat kuliah di IPB. Dia memulai usaha perikanan skala kecil di dekat kampus. Teguh juga mengatakan sempat meninggalkan usahanya dan melanjutkannya di 2014.

Bisnis pangan dan pertanian sebetulnya selalu dibutuhkan masyarakat. Artinya pasar di industri ini akan selalu eksis. Pertimbangan inilah yang menyebabkan Teguh terus semangat mengembangkan Gumilang Farm hingga sukses seperti sekarang.

Gumilang Farm mengusung bisnis halal dan toyyib, sehingga pangan yang dihasilkan tidak bertentangan dengan norma agama dan sosial. Teguh mengatakan, Gumilang Farm selanjutnya ingin fokus pada peran keluarga dalam mengelola pangan.

"Semua produk yang diluncurkan dan dikampanyekan bisnisnya halal dan toyyib, supaya tidak bertentangan dengan norma. Misalnya dalam budidaya ikan, kami secara ketat mengontrol pakan yang digunakan, pakan dari bangkai atau ekskresi," kata Teguh.

Kepada mahasiswa IPB atau yang ingin mengikuti jejaknya, Teguh berpesan agar selalu punya mental yang kuat dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Menurutnya, kehidupan dunia nyata dimulai sejak lulus dari bangku perkuliahan.

Simak Video "Tangis Haru Doni Monardo Saat Dianugerahi Doktor Kehormatan dari IPB"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia