3 Jenis Beasiswa LPDP dan Bedanya dengan Kemdikbud

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 24 Mei 2021 11:00 WIB
Ini yang Baru dari Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
Foto: dok./3 Jenis Beasiswa LPDP dan Bedanya dengan Kemdikbud
Jakarta -

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini membuka beasiswa yang berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Khusus program kolaborasi ini, para pendaftar tidak lagi mendaftar melalui situs beasiswa LPDP melainkan melalui situs beasiswa kemdikbud tersendiri.

"Beasiswa yang berkolaborasi dengan kemdikbud pintunya ada di kemdikbud maka rekan-rekan semua bisa langsung klik di situs beasiswa.kemendikbud.go.id," kata Direktur LPDP, Dwi Larso dalam siaran seri Beasiswa LPDP 2021 di kanal Youtube LPDP RI, beberapa waktu yang lalu.

Sementara untuk beasiswa yang melalui pintu LPDP sendiri, Dwi menambahkan ada jenis programnya tersendiri pada 2021 ini.

Hal itu Dwi jelaskan agar para peminat beasiswa LPDP tahun ini lebih memahami cara-cara untuk mendaftar dengan informasi yang lengkap. Di sisi lain dia juga memberi pemahaman kepada calon pendaftar bahwa LPDP memberikan dukungan dana yang dibutuhkan sepenuhnya.

"Dukungan dana penuh terdiri atas dana pendidikan, biaya pendukung (termasuk untuk doktoral akan ada tunjangan untuk keluarga), dana tambahan, dan dana pendukung bagi kawan-kawan difabel. Semuanya bertujuan guna mendukung teman-teman agar tidak terganggu selama kuliah dan bisa kembali ke Indonesia untuk mengabdi," terang Dwi.

Karena berbeda dengan beasiswa Kemdikbud, berikut ini informasi jenis beasiswa LPDP tahun 2021.

1. Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

"Baik yang sudah punya LoA (Letter of Acceptance) atau belum, semuanya bisa mendaftar. Namun di sana ada syarat IPK, kemampuan bahasa yang harus disesuaikan," papar Dwi.

Beasiswa LPDP jenis reguler tersebut tak hanya ada luar negeri, namun juga dalam negeri.

Sementara itu, adapula beasiswa yang juga termasuk Reguler antara lain:
- Beasiswa PTUD
Beasiswa ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

- Beasiswa Co-Founding
Beda dengan beasiswa LPDP kebanyakan, beasiswa ini ditujukan bagi pendaftar jenjang Magister Luar Negeri melalui skema Beasiswa Semi Mandiri di mana sumber dana bagi pendaftar berasal dari pribadi atau keluarga.

Nantinya pendaftar akan dipilihkan dengan skema pendanaan di mana hanya salah satu di antara dana pendidikan atau dana pendukung yang akan didukung oleh LPDP.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia