Kemdikbudristek Jamin Seleksi Beasiswa Guru dan Dosen Vokasi Mudah Ditembus

Rahma I Harbani - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 21:15 WIB
Beasiswa
Foto: Rahma I Harbani/Kemdikbudristek Jamin Seleksi Beasiswa Guru dan Dosen Vokasi Mudah Ditembus
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan program beasiswa vokasi untuk calon guru, calon dosen, dan dosen yang berada di bawah Kemendikbudristek.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Beny Bandanadjaja mengatakan, meskipun program beasiswa ini merupakan kolaborasi dengan pihak LPDP, namun proses seleksi para calon penerima beasiswa akan lebih mudah.

Sebab program beasiswa kali ini hanya melibatkan Kemendikbudristek saja. Sementara untuk beasiswa LPDP cakupannya lebih luas hingga se-Indonesia dan lintas kementerian.

"Kita fokus di Kemdikbudristek. Sehingga, kita sudah paham para pendaftar dan tahu kualitas mereka. Ini akan membuat penyaringan menjadi tidak terlalu ketat," ungkap Beny dalam diskusi media Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Tahun 2021 di Hotel Atlet Century Park, Jakarta (21/5/2021).

"Kita kerja sama dengan LPDP selaku penyandang dana, tapi persyaratan seleksi dilakukan oleh Kemendikbudristek. Ini yang membuat kesempatan bersaing tidak terlalu sulit," tambahnya.

Skema yang digunakan dalam program kerjasama dengan LPDP ini pun dianggap lebih mudah karena sudah disepakati untuk pendidikan vokasi saja.

Lebih lanjut, Beny Bandanadjaja mengatakan program beasiswa ini diharapkan dapat mendorong para guru dan dosen vokasi untuk mengenyam pendidikan lanjutan guna memajukan pendidikan vokasi di Indonesia.

"Agar para dosen dan guru dapat membuat pendidikan vokasi di Indonesia makin maju. Apalagi selama ini masih banyak pengajar vokasi yang tidak memiliki background pendidikan vokasi," ujar Beny.

Perlu diketahui, 9 program yang ditawarkan dalam program beasiswa pendidikan vokasi dari Kemendikbudristek dan LPDP, di antaranya:

-Program Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK;

-Beasiswa Pendidikan Bergelar Dosen dan Calon Dosen PTPPV;

-Bridging Course Vokasi;

-Kampus Merdeka Vokasi;

-Magang Dosen dan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV);

-Sertifikasi Dosen dan Tenaga Kependidikan PTPPV;

-Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri - Dosen PT Vokasi;

-Program Project Based Learning/ Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat Bagi Siswa SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri); dan

-Program Project Based Learning/ Magang Bersertifikat Guru SMK (Dalam Negeri dan Luar Negeri).

Apa detikers tertarik mencoba beasiswa vokasi ini?

bs



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia