Nadiem Makarim Bagikan Buku Gratis di Hari Buku Nasional, Mau?

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 18 Mei 2021 18:02 WIB
Nadiem Makarim bagi buku gratis di hari buku nasional
Foto: Instagram Nadiem Makarim/Nadiem Makarim Bagikan Buku Gratis di Hari Buku Nasional, Mau?
Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim tengah merayakan hari Buku Nasional yang jatuh pada Senin (17/5) kemarin. Ia pun membagikan buku secara gratis.

Dalam akun Instagram resminya, Nadiem mengaku keinginannya membagikan buku secara cuma-cuma hanya karena satu hal, yakni ingin masyarakat semakin semangat dalam membaca buku.

"Di Hari Buku Nasional ini, saya ingin membagikan buku yang semoga bisa menambah semangat teman-teman dalam membaca," tulis Nadiem, dikutip detikEdu, Selasa (18/5/2021).

Adapun, kata Nadiem, syarat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan buku gratis adalah menceritakan pengalaman menarik soal buku yang mengubah pandangan serta kebiasaan. Cerita tersebut harus ditulis dalam kolom komentar di unggahannya tersebut.

"Saya akan bagikan bagi yang punya cerita menarik soal buku yang mengubah pandangan dan kebiasaan teman-teman. Ceritakan juga di kolom komentar kenapa buku itu bisa mengubah pandangan dan kebiasaan kalian," sambungnya.

Sementara itu, Nadiem akan memilih 5 orang pemenang dengan cerita yang menarik. Pengumuman akan dilakukan satu minggu dari hari Buku Nasional atau bertepatan dengan tanggal 24 Mei 2021.

Sebagai informasi, hari Buku Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 2002 dan merupakan buah pemikiran Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar.

Penetapan hari Buku Nasional sendiri merupakan upaya pemerintah untuk memacu minat baca masyarakat Indonesia. Sekaligus untuk menaikkan penjualan buku karena rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang terjual setiap tahunnya.

Nah detikers, jangan lupa ikutan biar dapat buku gratis dari Nadiem Makarim!

Simak Video "Menteri Nadiem Bertekad Hapus Intoleransi di Dunia Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia