Lebaran di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Ceko: Tetap Bisa Makan Opor dan Rendang

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 10:00 WIB
Lebaran mahasiswa Ri di Ceko
Foto: Dok. Surya Gentha Akmal/Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Ceko: Tetap Bisa Makan Opor dan Rendang
Jakarta -

Surya Gentha Akmal mahasiswa PhD di Departemen Zoology and Fisheries, Faculty of Agrobiology, Food and Natural Resources, Czech University of Life Sciences Prague menceritakan pengalaman lebaran di Ceko.

Menurut Gentha, suasana lebaran di Ceko saat pandemi sangat berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Tahun ini tidak ada ibadah sholat Idul Fitri di KBRI Praha.

Sholat Idul Fitri di Praha hanya diadakan di dua Masjid, yaitu Masjid Cerny Most dan Islamic center (Narodni Trida) pada hari Kamis, 13 Mei 2021, Jam: 07.00 CEST dan 08.00 CEST.

"Karena kondisi pandemi, hanya lelaki dewasa yang diizinkan untuk sholat di masjid. Info ini didapat langsung dari Imam masjid Islamic center," cerita Gentha pada detikEdu (15/5/2021) dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Gentha sendiri sudah tinggal di Praha selama delapan bulan. Dia tiba di Praha dalam situasi pandemi dengan penerapan aturan yang ketat oleh Pemerintah Republik Ceko.

"Namun kehangatan suasana lebaran di Ceko tetap terasa, para pelajar Indonesia merayakan Idul Fitri di rumah salah satu diaspora Indonesia yang bekerja di KBRI Praha. Kami memanggil beliau dengan sebutan Pakde dan Bude Tasmuri," cerita Gentha.

Lebaran mahasiswa Ri di CekoLebaran mahasiswa Ri di Ceko Foto: Dok. Surya Gentha Akmal



Gentha dan teman-temannya sudah menganggap Pakde dan Bude Tasmuri sebagai orang tua angkat para pelajar dan diaspora Indonesia di Republik Ceko. Gentha juga menceritakan bahwa dirinya dan teman-temannya tetap makan makanan khas Indonesia saat lebaran (Opor Ayam, Lontong, Rendang, Telur Balado, dan lain-lain).

"Suasana lebaran yang hangat, penuh tawa, dan kegembiraan mewarnai Idul Fitri kali ini, serta menjadi pengobat rindu kepada keluarga di Tanah Air dan suasana di Indonesia," tutur ketua PPI Republik Ceko tersebut.

Para pelajar dan Diaspora di Ceko memiliki kebiasaan yaitu silaturahmi dan saling mengunjungi satu sama lain, atau berkumpul di Wisma KBRI Praha, atau juga berkumpul di rumah diaspora Indonesia.

"Namun karena kondisi pandemi hal itu menjadi terbatas dan pada tahun ini tidak ada kegiatan silaturahmi seperti dan seramai tahun sebelumnya. Makanan adat/khas Indonesia tetap mewarnai lebaran di Ceko adalah Opor Ayam, Lontong, Rendang, Telur Balado, arem-arem, kue-kue khas Idul Fitri, dan lain-lain," cerita Gentha.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia