Panduan Cari Kos-Kosan di Malang: Lokasi, Harga, dan Fasilitas

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 25 Apr 2021 13:02 WIB
Mock up frame in teenager bedroom interior
Foto: Getty Images/onurdongel/Panduan Cari Kos-Kosan di Malang: Lokasi, Harga, dan Fasilitas
Jakarta - Apakah detikers ingin berkuliah di Malang? Sebelum memutuskan berkuliah di Kota Apel ini ada baiknya kalian melakukan survei kos-kosan terlebih dahulu. Pastikan kalian melakukan survei yang lengkap dengan melihat biaya, fasilitas, dan lokasinya.

Kota Malang sendiri memiliki beberapa universitas ternama, baik negeri maupun swasta seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Ma Chung, dan lain sebagainya. Beberapa universitas pun letaknya berdekatan seperti UMM, Universitas Islam Malang, UB, UM, dan Politeknik Negeri Malang (Polinema). Oleh karena itu, daerah kos-kosan di Malang biasanya berdekatan satu sama lain.

Traditional colorful bedroom with bed, pillows and towelsIlustrasi kos-kosan di malang Foto: Getty Images/iStockphoto/ewg3D

Berikut adalah beberapa panduan untuk mencari kos-kosan di Malang:

  • Lokasi Kos-kosan di Malang

Di Malang terdapat beberapa daerah yang merupakan pusat kos-kosan, misalnya di wilayah jalan Janti Bar, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang. Daerah ini dekat dengan beberapa universitas seperti UB, Universitas Merdeka Malang, UMM, UM, dan sebagainya.

Jika kalian berkuliah di UMM, ada baiknya mencari kos-kosan di daerah Jalan Tirto Utomo karena daerah ini dekat dengan fasilitas umum seperti angkutan umum, rumah sakit, mal, dan taman bermain.

Untuk berkuliah di UB, kalian bisa mencari kos-kosan, seperti di Jalan Ikan Kakap. Selain menjadi lokasi permukiman, daerah ini juga memiliki banyak kafe bagi kalian yang gemar nongkrong. Sedangkan, jika kalian berkuliah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik (UIN), kalian bisa menyewa kos-kosan di Jalan Bungasrigading Dalam maupun di Jalan Gajayana.

Lokasi lainnya yang juga merupakan pusat kos-kosan, adalah daerah watu-watuan seperti Watu Gong, Watu Mujur, Watu Aji, dan lain sebagainya. Ada juga daerah sumber-sumberan, seperti Jalan Sumbersari juga merupakan tempat kos-kosan untuk mahasiswa UB, UM, dan UIN. Daerah populer lain yang menjadi tempat kos-kosan di Malang adalah berada di Jalan Soekarno Hatta (Suhat).

  • Harga dan Fasilitas Kos-kosan di Malang

Harga kos-kosan di Malang beragam. Ada yang dipatok dari Rp 500 ribu hingga Rp 900 ribu per bulannya. Biasanya, kos-kosan tersebut berada dekat dengan kampus sehingga mahasiswa bisa berjalan kaki.

Dengan harga tersebut, mahasiswa juga akan mendapatkan fasilitas, seperti wifi, TV, dan furnitur layaknya lemari, meja, dan tempat tidur. Kos-kosan dengan harga tersebut dapat ditemukan di daerah Merjosari, Sumbersari, Watu-watu, Gajayana, dan sebagainya.

Kemudian, untuk harga Rp 800 hingga Rp 1,5 juta per bulan memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap. Kos-kosan ini menawarkan fasilitas, seperti satpam, kamar mandi dalam, kulkas, laundry, AC, dan lain sebagainya. Kos-kosan dengan harga tersebut dapat ditemukan di daerah Suhat.

Nah, hal yang perlu diperhatikan dalam mencari kos-kosan di Malang adalah jam malam karena masih banyak kos-kosan yang masih menerapkan jam malam. Kos-kosan di Malang sendiri juga dipisah berdasarkan jenis kelamin, jadi tidak tercampur.

Kunci untuk mendapatkan kosan-kosan di Malang dengan harga yang sesuai adalah dengan melakukan survei lokasi. Survei bisa dilakukan melalui review di aplikasi pencari kos-kosan ataupun langsung turun langsung ke lapang, utamakan di daerah yang dekat kampus terlebih dahulu ya!

Simak Video "Viral Rombongan Gowes Walkot Malang ke Pantai Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia