7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Asyik Buat Mahasiswa di Jatinangor

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Minggu, 18 Apr 2021 17:30 WIB
Backspace Coffee Jatinangor
Rekomendasi tempat nongkrong mahasiswa di Jatinangor. Salah satu menu di Backspace Coffee, Jatinangor (Foto: Farrel Fauzan Arvian)
Jakarta - Jatinangor merupakan hunian bagi mahasiswa dari empat kampus besar yang menyediakan beragam tempat menarik dan asyik buat hangout. Baik untuk mengerjakan tugas, rapat, acara, foto-foto, atau sekedar ngobrol santai.

Bagi sebagian besar mahasiswa, pergi ke kafe untuk tujuan tertentu sudah menjadi rutinitas, termasuk yang tinggal di Jatinangor. Biasanya, tempat nongkrong favorit adalah yang suasananya apik dan memiliki fasilitas wifi.

Meski daerahnya tidak begitu luas, detikers bisa menemukan banyak kafe yang sering menjadi tempat nongkrong mahasiswa Jatinangor. Rata-rata, kafe ini dipadati pengunjung dari sore hingga malam hari.

Dari hasil survei pendapat beberapa mahasiswa di Jatinangor, berikut sejumlah tempat nongkrong favorit yang dapat menjadi pilihan. Ada apa saja?

1. Checo Eat & Chill

Berlokasi di Jalan GKPN No.16, tempat ini menjadi salah satu kafe paling hits di Jatinangor. Checo tak pernah sepi dikunjungi mahasiswa Unpad, ITB, IPDN, pelajar sekolah, maupun warga lokal.

Di sini, detikers bisa memesan beragam makanan mulai dari western, asian, sampai khas Indonesia yang lezat dan cukup terjangkau untuk ukuran kafe. Dengan membayar 20 sampai 40 ribuan, pasti kenyang menikmati hidangan makanan dan minumannya.

Tak hanya itu, Checo diminati karena tempatnya yang nyaman dan ada fasilitas wifi. Alhasil, tempat ini membuat betah banyak mahasiswa untuk nongkrong.

2. Backspace Coffee

Selanjutnya, tempat nongkrong yang baru ada tahun 2019, namun sangat ramai karena nyaman dan instagramable. Backspace berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam yang mudah diakses dari daerah kosan mahasiswa.

Sesuai namanya, Backspace Coffee menjual lebih banyak menu kopi dengan kisaran harga Rp20.000-Rp25.000, begitupun untuk makanan ringannya. Dijamin, pas banget deh buat ngopi atau nugas apalagi ada live music setiap akhir pekan.

3. Sumur Moo Nyoo

Sumur Moo Nyoo adalah tempat nongkrong yang baru berdiri di pertengahan 2019. Sumur, yang merupakan singkatan Susu Murni adalah menu minuman andalan di sini.

Selain lokasi strategis di pinggir Jalan Raya Jatinangor, Sumur Moo Nyoo memiliki variasi makanan dan minuman lezat yang relatif murah.

Terdiri dari 3 lantai, pengunjung juga dapat memilih tempat indoor atau outdoor dengan pemandangan indah yang tiap mejanya diisi aneka board games.

4. Plumeria Cafe

Meski jauh dari keramaian dan berada di Cikuda atas, Plumeria tetap ramai oleh pengunjung. Konsep tempat nongkrong yang kekinian dan pemandangan dari atas kafe outdoor membuatnya jadi favorit.

Plumeria Cafe JatinangorPlumeria Cafe Jatinangor Foto: Farrel Fauzan Arvian

Harga makanan dan minumannya memang relatif mahal untuk dompet mahasiswa, sekitar Rp50.000 lebih untuk satu orang. Namun, tetap worth it karena suasana kafe yang sangat instagramable. Tempatnya yang luas juga biasa dipakai untuk berbagai acara.

5. Dunkin Donuts Jatinangor

Dunkin Donuts Jatinangor terkenal sebagai tempat nugas 24 jam yang menyediakan wifi dan tempat nyaman. Selain itu, lokasinya strategis dan memiliki parkiran yang luas.

Dengan memesan donat dan minuman, detikers bisa mengerjakan tugas sampai subuh di sini. Tenang, gak perlu malu atau khawatir karena banyak banget mahasiswa Jatinangor yang melakukannya.

6. Wasabi

Buat detikers yang mau menikmati sushi atau aneka kuliner bervariasi, bisa datang ke tempat ini. Sayangnya Wasabi berada di dalam area tempat tinggal mahasiswa dan jauh dari keramaian.

Namun, menu lezat dan tempat yang luas membuat Wasabi menjadi langganan mahasiswa. Tersedia berbagai jenis sushi, nasi goreng, ayam, rice bowl, dessert, dan masih banyak lagi dengan kisaran harga 20 sampai 30 ribuan saja.

Bangunan 2 lantai berbentuk huruf "U" yang di tengahnya ada taman ini adalah pilihan tepat untuk nugas maupun rapat kapasitas besar.

7. Warunk Upnormal

Warunk Upnormal memang identik dengan indomie dan kopi untuk tempat ngumpul. Di Jatinangor, tempat nongkrong ini juga diminati karena cocok untuk nugas atau rapat sampai malam.

Dengan kisaran harga Rp15.000-Rp45.000, detikers bisa puas menikmati hidangan ditemani wifi dan pilihan games. Tempatnya juga mudah dijangkau, tepat di samping pertokoan Jatos (Jatinangor Town Square).

Nah, itu tadi 7 tempat nongkrong favorit mahasiswa di Jatinangor. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya, detikers? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia