Kenyang dan Hemat, Ini 7 Tempat Makan Favorit Mahasiswa di Jatinangor

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Minggu, 18 Apr 2021 10:16 WIB
Menara peninggalan Belanda di Jatinangor
Tempat Makan Favorit Mahasiswa di Jatinangor Foto: Rohmatulloh/d'Traveler
Jakarta - Jatinangor yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat, terkenal sebagai tempat beberapa perguruan tinggi. Tentu saja, ada berbagai jenis makanan yang enak dan sesuai dengan kantong mahasiswa di sini.

Meski bukan pusat kota, Jatinangor memiliki aneka tempat kuliner yang selalu ramai didatangi para mahasiswa. Dengan harga Rp10.000-25.000, mahasiswa sudah bisa kenyang setelah menyantap makanan lengkap dengan minumannya.

Penasaran apa saja tempat makan favorit mahasiswa di Jatinangor? Berikut 7 rekomendasinya:

1. Warung Bubur Ayam Berkah Pak Amir

Pertama, tempat ini pasti dikenal hampir semua mahasiswa di Jatinangor. Berlokasi di gang Ciseke Besar tak jauh dari depan kampus Unpad. Warung ini buka pukul 8 pagi hingga malam, walaupun biasanya setelah siang mulai sepi karena menunya lebih pas untuk sarapan.

Meski bernama bubur ayam, warung ini juga menyediakan menu lontong kari ayam dan sapi yang rasanya sangat enak. Dari segi harga tentu cocok buat mahasiswa, hanya Rp8.000-Rp15.000 saja. Oya, kalau ke sini jangan kesiangan ya karena menu tertentu bisa cepat habis!

2. Warung Suroboyo

Selanjutnya ada Warung Suroboyo yang berada di Jalan Jatinangor Raya. Meski penjual ayam goreng dan pecel lele bertebaran di Jatinangor, tempat ini bisa dikatakan menjadi favorit.

Selain rasa yang lezat, tempat luas dan lokasi yang strategis menjadi alasan warung ini digandrungi mahasiswa. Menu yang dijual juga beragam mulai dari ayam goreng, pecel lele, bebek goreng, burung dara, hingga soto ayam.

Warung Suroboyo, JatinangorWarung Suroboyo, Jatinangor Foto: Wanda Cecilia Damanik

Semuanya dijamin enak dan terjangkau, sekitar 10 ribuan hingga di atas 20 ribuan.

3. Mie Bakso Pak Amin

Sebenarnya, ada beberapa tempat makan mie dan bakso yang disukai mahasiswa di Jatinangor. Namun salah satu yang paling terkenal adalah Mie Bakso Pak Amin di seberang Koramil Jatinangor.

Tempat makan ini menyediakan menu seputar mie yang sangat lengkap. Ada mie bakso, bihun, yamin manis dan asin, yahun, bakso, dan mie ayam dengan pelengkap pangsit atau topping lainnya.

Rasa dan harganya yang sesuai selera bisa bikin detikers ketagihan deh!

4. Ayam Serundeng SPG (Sambal Pedas Gurih)

Salah satu tempat makan legendaris bagi mahasiswa Jatinangor adalah Ayam Serundeng SPG. Sesuai namanya, warung ini menyediakan ayam goreng serundeng dengan sambal hijau dan lauk lain seperti ikan goreng, tahu, tempe, atau sayur.

Salah satu yang bikin mahasiswa betah adalah karena bisa menambah nasi sepuasnya jika makan di tempat.

Ayam SPG JatinangorAyam SPG Jatinangor Foto: Farrel Fauzan Arvian

Ada dua cabang yang bisa didatangi yaitu di seberang travel Arnes dan di seberang Toserba Griya Jatinangor. Dengan kisaran harga Rp15.000, siap-siap menikmati ayam dan sambal yang luar biasa enak!

5. Kantin Jatinangor

Mahasiswa yang mengincar makanan enak dan sehat namun tetap murah, biasanya akan datang ke sini. Berlokasi di tepi Jalan Raya Jatinangor, kantin ini menjadi warteg yang hits karena kelengkapannya.

Kantin JatinangorKantin Jatinangor Foto: Wanda Cecilia Damanik

Menu kantin yang banyak dikenal nama Kanjat ini sangat bervariasi mulai dari lauk, sayur, hingga buah juga tersedia. Dengan kisaran Rp7.000-Rp15.000, detikers bisa memilih beberapa menu makanan berbeda yang sesuai selera.

6. Mie Aceh Putra Aceh

Bagi penyuka menu khas Aceh harus mampir ke Mie Aceh Putra Aceh yang berlokasi di seberang Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk. Warung ini menjadi langganan mahasiswa karena cukup luas dan buka sampai larut malam.

Menunya lezat dan beragam mulai dari mie Aceh, nasi goreng, martabak, roti canai, hingga teh tarik. Harganya hanya 10 hingga 15 ribuan saja.

7. Waroeng Spesial Sambal SS

Para pecinta pedas harus coba datang ke tempat ini. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kampus, Waroeng Spesial Sambal SS menyajikan beragam menu menarik dan tempat dua lantai yang nyaman.

Waroeng Spesial Sambal Waroeng Spesial Sambal "SS" Jatinangor Foto: Farrel Fauzan Arvian

Detikers bisa mencicipi 20 lebih jenis sambal seperti sambal bawang, sambal terong, sambal terasi, sambal matah, dan masih banyak lagi. Menu makanan dan minumannya juga lengkap, ada ayam, daging, makanan laut, hingga jus buah.

Tempatnya yang luas cocok buat makan bareng teman, saat acara, atau bersama keluarga jika datang berkunjung. Satu orang cukup membayar 20 - 30 ribuan untuk puas menikmati hidangannya.

Itulah rekomendasi 7 tempat makan favorit mahasiswa di Jatinangor yang enak dan murah. Bagi detikers penghuni Jatinangor, mana nih tempat yang paling disukai? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia