Bagaimana Kucing Bisa Temukan Jalan Pulang?

Bagaimana Kucing Bisa Temukan Jalan Pulang?

Devita Savitri - detikEdu
Senin, 30 Jan 2023 16:30 WIB
Kucing kaki pendek jenis Munchkin.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Seregraff
Jakarta -

Ketika kucing detikers menghilang, wajar bila perasaan takut dan khawatir datang menghampiri. Namun, tahukah detikers bila kucing bisa temukan jalan pulang?

Ya, kucing memang memiliki kemampuan khusus yang disebut dengan "homing instinct" atau insting pulang. Dengan begitu, ia akan bekerja keras untuk menemukan jalan pulang.

Sandra Mitchell dokter hewan-hewan eksotis dan kecil menjelaskan kucing dapat menggunakan medan geomagnetik Bumi yang dikombinasikan dengan aroma untuk menemukan rumah mereka dilansir dari laman Pet MD, Senin (30/1/2023).

Pendapat tersebut didukung dengan eksperimen yang dilakukan pada tahun 1954. Kala itu, seekor kucing ditempatkan di labirin yang sangat besar untuk melihat apakah mereka bisa keluar dan pulang.

Hasilnya, sebagian besar kucing diketahui bisa keluar dari labirin di area yang paling dekat dengan lokasi rumah mereka.

Namun, ketika para peneliti menempelkan magnet pada kucing hasilnya mereka tidak dapat melakukanya. Jawaban ini mendukung gagasan bahwa geolokasi magnetik terlibat dalam pencarian jalan pulang.

Pada dasarnya, semua kucing memiliki insting untuk mencari tempat tinggal. Entah itu di dalam ruangan ataupun liar.

Berbeda dengan manusia yang memiliki kemampuan untuk mencari arah, kucing lebih menggunakan naluri sehingga menemukan jalan pulang yang lebih efektif. Lalu bagaimana bila detikers pindah rumah?

Rumah Baru dan Jangka Waktu Kucing Hilang

Masih melansir dari sumber yang sama, kucing ternyata memerlukan beberapa waktu untuk mengenali daerah atau tempat baru yang mereka sebut sebagai "rumah".

Jika kucing sudah menganggap tempat baru tersebut menjadi rumah, alasan utamanya karena mereka sudah "menghafal" peta magnet di sekitar rumah detikers.

Namun terkadang anabul (anak bulu) ini dikabarkan akan sulit "move on" dengan rumah sebelumnya bila mereka tinggal di sana untuk waktu yang sangat lama.

Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah laporan yang menyebutkan 30% kucing akan mencoba kembali ke rumah mereka yang sebelumnya. Jadi, bila detikers pindah rumah dan kenal dengan penghuni selanjutnya, pastikan untuk memberikan informasi ini ya.

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan kucing bila tersesat dan hilang? Ternyata mereka bisa membutuhkan waktu sehari, seminggu bahkan bertahun-tahun.

Sebuah projek yang dilakukan oleh Lost Pet Research melaporkan kucing yang berpergian 50-80 mil atau 80-128 km perlu waktu 2,5 tahun, 38 mil dalam 6 bulan dan 20 mil dalam 21 hari.

Untuk itu bila kucing detikers hilang, terus periksa secara teratur karena kemungkinan kucing detikers akan kembali setelah beberapa lama karena mencari jalan pulang.

Alasan Kucing Kabur dari Rumah

Pada dasarnya kucing jarang "kabur" dari rumah. Namun mereka bisa melakukan hal tersebut karena beberapa alasan seperti:

  • Mencari pasangan untuk berkembang biak
  • Mempertahankan wilayah dari kucing tetangga
  • Berburu
  • Sakit atau cedera
  • Mencari makanan (biasanya karena terlalu sering mendapat makanan lebih dari tetangga dan mencari sumber makanan "gratis" lainnya)
  • Gangguan di dalam rumah (kucing merasa tak nyaman dan mencari wilayah yang lebih tenang)

Mitos Kucing Kabur

Satu mitos alasan mengapa kucing kabur dari rumah karena tak ingin pemiliknya tahu bila mereka akan mati. Namun, kenyataanya mereka tidak pergi untuk hal itu.

Ketika sakit, kucing mungkin akan mencari tempat yang tenang dan aman. Biasanya kucing yang sakit tidak pergi jauh dari rumah.

Sebaliknya, mereka mencari tempat terdekat yang paling tenang dan aman yang dapat mereka temukan. Namun, mereka terlalu lemah mereka mungkin tak sanggup berjalan pulang dan meninggal dunia.

Untuk itu, jika kucing detikers hilang dalam keadaan sakit cobalah untuk mencarinya di ruangan yang tak terpikirkan seperti teras, gudang atau di mana pun di sekitar rumah tetangga. Mungkin detikers akan menemukannya.

Cara Mencegah Kucing Kabur

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kucing kabur dari rumah seperti:

1. Amankan kucing sebelum detikers bepergian.
2. Jangan lupa untuk dimandikan/dikebiri dan dipasang chip mikro agar mudah dilacak.
3. Jika sudah pindah, perkenalkan kucing dengan lingkungan barunya secara perlahan. Setidaknya beri waktu sebulan untuk mengenal rumah baru sebelum mengizinkan keluar rumah.
4. Menggunakan tali ketika keluar rumah di kawasan baru setidaknya 30-60 hari.

Nah itulah alasan kucing bisa temukan jalan pulang hingga tips mencegah kucing kabur dari rumah. Semoga bermanfaat ya detikers!



Simak Video "Problem Kucing Tetangga BAB Sembarangan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia