Papirus 'Kitab Orang Mati' Ditemukan di Mesir, Umurnya Lebih dari 2.000 Tahun

Papirus 'Kitab Orang Mati' Ditemukan di Mesir, Umurnya Lebih dari 2.000 Tahun

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 27 Jan 2023 19:30 WIB
Papirus Kitab Orang Mati yang Ditemukan di Mesir
Foto: duncan1890 via Getty Images-Screenshot Live Science
Jakarta -

Pertama kalinya dalam 100 tahun, sebuah papirus lengkap fragmen Kitab Orang Mati ditemukan di Saqqara, Mesir. Papirus ini memiliki panjang 52 kaki atau 16 meter.

Dokumen berusia lebih dari 2.000 tahun itu ditemukan dalam peti mati di sebuah makam sebelah selatan Step Pyramid of Djoser di Saqqara. Sebetulnya terdapat banyak fragmen teks dalam Kitab Orang Mati. Penemuan yang terbaru diperkirakan mampu menjelaskan tradisi penguburan Mesir Kuno.

Proses konservasi papirus Mesir kuno ini sudah selesai. Kini papirus tersebut tengah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Menurut sebuah pernyataan dari Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mostafa Waziry, ini adalah papirus lengkap pertama yang ditemukan di Saqqara dalam lebih dari 100 tahun terakhir.

Step Pyramid of Djoser dibangun pada masa pemerintahan Firaun Djoser. Dia memerintah sekitar tahun 2.630 SM sampai 2.611 SM.

Piramida tersebut adalah piramida pertama yang dibangun untuk orang Mesir. Daerah di sekitarnya digunakan untuk penguburan selama ribuan tahun.

Mantan Menteri Kepurbakalaan Mesir Zahi Hawass mengatakan kepada Live Science bahwa peti mati yang menampung papirus Kitab Orang Mati itu berasal dari sekitar 712 SM sampai 332 SM. Dia menyebut pemilik papirus dan tanggal persisnya akan segera diumumkan.

Navigasi Orang Mati di Dunia Bawah

Kitab Orang Mati sebetulnya adalah nama modern yang diberikan untuk serangkaian teks yang diyakini orang Mesir sebagai navigasi orang mati di alam baka dan berbagai tujuan lainnya. Buku ini banyak digunakan selama periode Kerajaan Baru, sekitar 1.550 SM sampai 1.070 SM.

Meski demikian, ada banyak papirus Kitab Orang Mati lainnya yang sama panjang atau bahkan lebih panjang. "Ada banyak manuskrip yang memiliki panjang yang sama, tetapi manuskrip papirus dari teks-teks keagamaan Mesir kuno dapat sangat panjang," ujar Foy Scalf, Kepala Arsip Penelitian University of Chicago kepada Live Science.

Scalf mengatakan ada Kitab Orang Mati yang panjangnya mencapai 30 meter.

Papirus yang ditemukan ini menjadi papirus kedua yang berisi teks dari Kitab Orang Mati setelah sebelumnya ditemukan di Saqqara pada tahun lalu.

Pada 2022, sebuah fragmen papirus sepanjang 4 meter yang berisi teks-teks dari Kitab Orang Mati ditemukan di Saqqara dalam sebuah lubang pemakaman dekat piramida Firaun Teti (memerintah sekitar 2.323 SM hingga 2.291 SM).

Pemiliknya adalah pria bernama Pwkhaef. Namanya tertulis di atas papirus tersebut.

Meski dimakamkan di dekat piramida Firaun Teti, Pwkhaef hidup berabad-abad setelah penguasa Mesir kuno itu. Lubang makam tempat papirus ini ditemukan berasal dari dinasti ke-18 dan 19 Mesir, atau 1.550 SM sampai 1.186 SM. Praktik memakamkan orang di samping piramida mantan penguasa merupakan hal populer di Mesir saat itu.



Simak Video "Tim Arkeolog Temukan Mumi Berusia 4300 Tahun di Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia