Negara Mana yang Mengalami Matahari Terbit Pertama Kali?

Negara Mana yang Mengalami Matahari Terbit Pertama Kali?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 08 Des 2022 06:00 WIB
Danau Constance di Jerman menawarkan keindahan yang memukau. Salah satunya momen saat matahari terbit.
Foto: Ap Photo
Jakarta -

Detikers pernah dengar tentang negara Kiribati? Berdasarkan garis penanggalan internasional, Kiribati menjadi tempat matahari terbit pertama kali.

Jadi, setiap akhir tahun Kiribati dapat menyaksikan matahari terbit di hari tersebut. Meski begitu, Cameron Hummels, sarjana astrofisika teoretis di Caltech mengatakan bahwa Bumi berputar dan bulat, sedangkan matahari merayap tanpa henti di atas cakrawala. Artinya, peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari terus terjadi.

Zona Waktu dan Garis Penanggalan Internasional

Menurut Hummels, tidak ada yang benar-benar mengalami terbit pertama kali dan tenggelam terakhir kali. Namun, manusia membuat sistem pengatur waktu yang disepakati secara global. Ini berkaitan dengan zona waktu dan garis penanggalan internasional.

Keduanya digunakan untuk menandai garis di Bumi, di mana satu hari berakhir dan hari berikutnya dimulai. Perlu diingat, negara yang menjadi tempat terbitnya matahari pertama kali didasarkan dari garis penanggalan internasional.

"Jadi, matahari terbit 'pertama' yang disepakati terjadi pada garis penanggalan internasional," kata Hummels, dikutip dari Science Live pada Rabu (7/12/2022).

Kiribati Memiliki Zona Waktu yang Paling Awal

Garis penanggalan internasional melewati bagian tengah Samudra Pasifik, sebagian besar sepanjang garis bujur ke-180. Meskipun sebagian besar merupakan garis lurus, ada beberapa titik yang menyimpang untuk menghindari pemisahan suatu negara menjadi dua zona waktu, atau karena alasan politik dan ekonomi.

Misalnya, garis penanggalan internasional menjorok hampir 3.200 kilometer ke timur di sekitar Kiribati. Kiribati memiliki zona waktu yang paling awal di Bumi, yaitu UTC+14.

Pulau Milenium yang terdapat di paling timur Kiribati sering menjadi tempat pertama di Bumi yang menyambut matahari.

Sekilas Mengenai Negara Kiribati

Kiribati merupakan negara republik di bagian tengah Samudra Pasifik. Merangkum dari Britannica, negara ini memiliki 33 pulau.

Dari jumlah itu, hanya sekitar 20 pulau yang berpenghuni. Sebagian besar penduduknya tinggal di Pulau Gilbert. Di sana, perekonomian masyarakat berfokus pada bidang pertanian dan perikanan. Sebagai negara republik, kepala negara Kiribati ialah presiden.



Simak Video "Siap-siap! Bakal Ada Gerhana Matahari Langka di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia