Nama Ibu Kota Singapura dan Profil Negaranya

Nama Ibu Kota Singapura dan Profil Negaranya

Putri Tiah - detikEdu
Rabu, 07 Des 2022 10:30 WIB
Singapuran menjadi salah satu negara terkaya di ASEAN dan dunia
Foto: Getty Images/Chris McGrath/Negara Singapura
Jakarta -

Singapura adalah satu-satunya negara maju yang ada di Asia Tenggara. Meski memiliki wilayah dan jumlah penduduk yang sangat kecil, namun perekonomian di Singapura menjadi yang terdepan di wilayah ASEAN.

Dikutip dari IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) oleh Nana Supriatna, nama Singapura berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Singa dan Pura yang berarti Kota Singa. Dalam istilah bahasa Inggris, Singapura dinamakan sebagai Lion City.

Selayaknya sebagai suatu negara, Singapura tentunya juga mempunyai ibu kota sebagai kota tempatnya menjalankan suatu pemerintahan maupun perekonomian.

Lantas, apa nama dari ibu kota negara Singapura? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.

Letak Astronomis Negara Singapura

Dalam buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Dwi Sumpani Wati, dijelaskan bahwa Singapura adalah negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya. Singapura adalah negara kecil yang seluruh wilayah negaranya berupa perkotaan.

Secara astronomis Singapura terletak antara 1 derajat 15' LU - 1 derajat 30' LU dan 103 derajat 38 BT - 104 derajat 25 BT.

Batas negara di sebelah utara dan barat berbatasan dengan Malaysia dan Selat Johor serta di sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Laut Cina.

Singapura memiliki wilayah kurang lebih 699 km2, terdiri dari Pulau Singapura (pulau utama) dan 50 pulau kecil lainnya. dengan panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km. Pulau terbesar adalah Pulau Tekong, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, dan Pulau Anyer Chawan.

Meskipun, terletak di Semenanjung Malaya nyatanya Kepulauan Singapura terpisah oleh Selat Johor sehingga perlu dibangun jalan raya, jalan kereta api, dan saluran pipa sepanjang 1,5 km agar bisa terhubung dengan tanah semenanjung itu.

Di samping itu, karena luas wilayahnya terbatas, daratannya terus diperluas dengan dengan menimbun tepi pantai, seperti dikutip di buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Mila Saraswati.

Nama Ibu Kota Singapura dan Profil Negaranya

Sebagaimana dikutip dari Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/Mts Kelas 8 oleh Nurhayati, M. Pd., nyatanya nama ibu kota Singapura sama dengan nama negaranya itu sendiri, yaitu Singapura. Disimpulkan, Singapura adalah negara kota dengan sekaligus sebagai ibukotanya.

Berikut adalah fakta menarik tentang negara Singapura, yaitu:

1. Ibu Kota: Singapura
2. Kepala negara: Presiden
3. Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
4. Bahasa Resmi: Melayu, Cina, Tamin, Inggris
5. Agama: Buddha, Tao, Kong Hu Chu, Hindu, Islam, Kristen
6. Lagu kebangsaaan: Majulah Singapura
7. Mata uang: Dollar Singapura

Di sisi lain, berdirinya negara Singapura ditengarai oleh perbedaan paham dan kepentingan antara etnis Melayu dengan etnis minoritas Cina di Singapura.

Tanggal 9 Agustus 1965, Singapura resmi memisahkan diri dari kerajaan Malaysia dan menjadi negara. Yusof bin Ishak disumpah sebagai presiden, dan Lee Kuan Yew menjadi perdana menteri pertama Singapura.



Simak Video "Momen Pertemuan Bilateral Presiden Jokowi dan PM Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia