5 Jaringan pada Hewan yang Harus Diketahui, Ini Penjelasannya

5 Jaringan pada Hewan yang Harus Diketahui, Ini Penjelasannya

Awalia Ramadhani - detikEdu
Senin, 05 Des 2022 06:20 WIB
Sapi peliharaan warga di Dusun Merak Situbondo dan destinasi wisata di sekitar dusun tersebut.
Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikJatim/5 Jaringan pada Hewan yang Harus Diketahui, Ini Penjelasannya
Jakarta -

Mengutip buku Praktis Belajar Biologi oleh Fiktor Ferdinand P. dan Moekti Ariwibowo, jaringan adalah sekumpulan sel yang berbentuk serta memiliki fungsi yang sama. Kelompok sel ini umumnya memiliki fungsi yang spesifik. Jaringan sendiri ada pada makhluk hidup, salah satunya hewan.
Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa jaringan pada hewan sendiri terdiri dari beberapa lapis, yaitu jaringan epitel, saraf, otot, dan ikat, dan darah.

Jaringan pada Hewan
Berdasarkan sumber lain dalam laman Sumber Belajar Kemdikbud dan Modul Biologi Kelas XI KD 3.4, berikut ini adalah penjelasan dari jaringan hewan:

1. Epitel
Jaringan ini merupakan jaringan yang dilapisi oleh sel-sel yang menutupi atau melapisi organ. Fungsinya adalah untuk melindungi organ sebagai penyerapan dan juga sekresi.
Jaringan epitel sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Sel-sel penyusun jaringan tersebut tersusun rapat sehingga tidak ada ruang antar sel
- Tidak mengandung pembuluh darah dan pembuluh limfa
- Sel-selnya memiliki daya regenerasi tinggi
- Bentuk selnya bermacam-macam

2. Otot
Otot merupakan sebuah jaringan yang berisis sel serta serat. Fungsinya adalah untuk membentuk otot serta membantu proses pergerakan hewan beserta organ di dalamnya.

3. Ikat
Ini merupakan sebuah jaringan yang mengikat antara jaringan tubuh yang ada. Perannya adalah menjaga tubuh serta menjaga mekanisme pertahanan regenerasi. Jaringan tersebut terdiri dari bahan interseluler antara sel-selnya, biasanya disebut dengan matrik. Matrik ini bentuknya semacam serat dan tidak teratur. Jaringan ini terdiri dari tiga macam, yaitu jaringan ikat sejati, jaringan ikat cair, dan jaringan ikat penyokong.

4. Saraf
Jaringan saraf adalah jaringan yang menerima serta meneruskan rangsangan. Fungsinya adalah mengatur bagaimana aktivitas otot. Saraf sendiri sangat peka terhadap keadaan sekitarnya, sehingga mengendalikan otot hewan untuk bergerak.

5. Darah

Dalam buku Praktis Belajar Biologi tadi, salah satu jenis dari jaringan hewan juga adalah darah. Darah terdiri dari sel-sel darah. Fungsinya juga berbeda, ada yang berfungsi mengedarkan oksigen, zat makanan, dan juga ada yang berfungsi sebagai antibodi dan sistem kekebalan tubuh.
Itulah pembahasan ringkas mengenai 5 jenis jaringan hewan yang bisa diketahui, semoga bermanfaat ya detikers!



Simak Video "China Mulai Bahas Pengembangan 5.5G"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia