Memahami Akar Tumbuhan: Pengertian, Jenis, Bentuk, dan Fungsinya

Memahami Akar Tumbuhan: Pengertian, Jenis, Bentuk, dan Fungsinya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 03 Des 2022 08:00 WIB
pohon beringin bondowoso
Foto: Chuk Shatu W
Jakarta -

Akar adalah salah satu bagian tumbuhan yang tertanam di dalam tanah. Letaknya berada di ujung tumbuhan itu sendiri.

Meski terletak jauh di dalam tanah, akar memiliki fungsi yang cukup penting bagi tumbuhan. Sebab, akar menjadi tempat masuknya mineral atau zat-zat hara dari tanah menuju ke seluruh bagian tumbuhan.

Akar merupakan kelanjutan sumbu tumbuhan dan terangkai atas dua bagian, yaitu rambut akar yang berguna untuk menyerap air dari dalam tanah dan tudung akar yang berfungsi untuk melindungi akar saat menembus tanah.

Jenis-jenis Akar

Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 Sekolah Dasar yang disusun oleh Tim Sains Quadra, jenis-jenis akar terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Akar Pelekat

Jenis akar yang pertama ialah akar pelekat. Akar jenis ini juga disebut sebagai akar panjat yang berguna untuk melekatkan tumbuhan pada tumbuhan lain atau tempat tertentu. Sebagai contoh, tumbuhan yang memiliki akar pelekat adalah sirih dan anggrek.

2. Akar Tunjang

Selanjutnya adalah akar tunjang. Akar tunjang tumbuh pada batang dan berguna untuk memperkuat tanaman supaya tidak roboh. Contohnya seperti pohon bakau dan tanaman pandan.

3. Akar Napas

Akar napas merupakan jenis akar yang membantu tumbuhan untuk bernapas, sesuai dengan namanya. Pada akar ini, ada celah-celah kecil untuk keluar masuknya udara. Contoh dari akar napas adalah pohon kayu api.

Bentuk Akar

Bentuk akar dibagi menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Berikut pemaparan mengenai kedua bentuk akar tersebut.

1. Akar Tunggang

Akar tunggang mempunyai akar utama yang tumbuh lurus ke bawah dan merupakan kelanjutan dari batang. Akar-akar yang lain merupakan cabang dari akar utama. Akar tunggang umumnya dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping dua atau dikotil, seperti wortel, mangga, jeruk, durian, duku, dan anggrek.

2. Akar Serabut

Bentuk akar selanjutnya adalah akar serabut yang ukurannya kecil dan tumbuh di pangkal batang. Ukuran akar yang satu dengan lainnya hampir sama besar dan panjang, biasanya tanaman yang memiliki akar jenis ini merupakan tumbuhan berkeping satu atau monokotil, seperti rumput, padi, jagung, tebu, dan kelapa.

Fungsi Akar

Akar memiliki sejumlah peran dan fungsi bagi keberlangsungan hidup tumbuhan. Mengutip dari buku Biologi Jilid 2 tulisan Saktiyono, berikut fungsi dari akar.

1. Untuk menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah
2. Untuk menunjang dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya
3. Pada beberapa jenis tumbuhan, akar berfungsi sebagai alat bernapas
4. Beberapa jenis tumbuhan, akar berfungsi sebagai tempat penyimpanan



Simak Video "Momen Evakuasi Sopir Tewas Terjepit Tertimpa Pohon Tumbang di Gowa"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia