Peredaran Darah Besar Manusia: Pengertian, Proses, & Penyakit yang Berkaitan

Peredaran Darah Besar Manusia: Pengertian, Proses, & Penyakit yang Berkaitan

Devita Savitri - detikEdu
Jumat, 02 Des 2022 14:20 WIB
golongan darah
Foto: shutterstock/Peredaran Darah Besar Manusia: Pengertian, Proses, & Penyakit yang Berkaitan
Jakarta -

Peredaran darah besar adalah salah satu jenis mekanisme sistem peredaran darah manusia. Namun sebelum membahas lebih lanjut, mari bahas tuntas terlebih dahulu apa itu sistem peredaran darah manusia.

Sistem peredaran darah manusia merupakan sebuah sistem yang dilakukan organ-organ tubuh untuk memindahkan nutrisi dan zat-zat tertentu melalui aliran darah bak transportasi dalam tubuh.

Melansir buku Tubuh Manusia yang ditulis oleh Dewi Safitri sistem peredaran darah ini sangat memegang peran penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Fungsi itu mencakup berbagai hal sebagai berikut:

1. Mengangkut sari-sari makanan yang berasal dari usus ke seluruh bagian tubuh.
2. Menyalurkan oksigen dari organ pernapasan dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh.
3. Mengangkut hormon dari tempat produksinya ke bagian tubuh yang membutuhkan.
4. Mengangkut berbagai zat sisa hasil metabolisme menuju organ ekskresi atau ginjal.
5. Menjaga kestabilan temperatur tubuh agar tetap di antara 36-37 derajat celcius.
6. Untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam prosesnya, sistem peredaran darah membutuhkan berbagai organ yang berperan seperti jantung dan pembuluh darah serta organ-organ yang dituju dalam prosesnya seperti paru-paru, ginjal, dan sebagainya.

Pada sistem peredaran darah terdapat dua lintasan peredaran darah yaitu peredaran darah besar dan kecil.

Peredaran darah besar merupakan peredaran darah yang mengalirkan darah kaya oksigen dari bilik kiri jantung lalu diedarkan ke semua tubuh.

Proses Terjadinya Peredaran Darah Besar

Pada dasarnya proses peredaran darah diatur oleh jantung yang memiliki fungsi sebagai pemompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Proses peredaran darah besar dimulai saat jantung berelaksasi. Keadaannya kala itu akan mengembang dengan volume besar namun tekanannya kecil.

Keadaan itu menyebabkan darah dari vena kava (darah kotor dari tubuh) masuk ke dalam serambi kanan dan katup AV akan terbuka sehingga darah terus masuk ke dalam bilik kanan.

Sedangkan bagian jantung sebelah kiri yang berisi darah dari vena pulmonalis (darah bersih dari paru-paru) akan masuk pada bilik kiri.

Saat jantung berkontraksi, jantung akan mengerut dan darah yang sudah ada di bilik kanan dipompa hingga masuk ke arteri pulmonalis.

Ketika katup AV menutup, katup ke arteri pulmonalis akan membuka. Sedangkan di jantung di dalam bilik kiri akan dipompa dan masuk ke aorta ketika katup AV menutup dan katup ke aorta membuka.

Darah dari bilik kiri jantung yang penuh dengan oksigen akan dialirkan oleh peredaran darah besar ke seluruh tubuh. Usai diedarkan, oksigen akan bertukar dengan karbon dioksida di jaringan tubuh.

Usai mendapat darah yang mengandung karbon dioksida ini, sistem peredaran darah besar kembali berjalan melalui vena dan membawanya ke serambi kanan jantung dan proses kembali dimulai.

Penyakit yang Berkaitan dengan Peredaran Darah Manusia

Salah satu penyakit yang mengincar peredaran darah manusia menurut buku Atas Tubuh Manusia yang ditulis oleh Widodo adalah penyakit penyempitan dan penebalan pembuluh darah terutama arteri.

Penyempitan arteri disebut arteriosklerosis yang diakibatkan oleh tekanan darah dan kadar kolesterol darah yang tinggi.

Jika permukaan bagian dalam dinding pembuluh darah terdapat endapan makan penyempitan pembuluh darah terjadi. Dengan demikian, peredarah darah menjadi tidak lancar.

Bahayanya, penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan jantung. Bila berlanjut hingga penyakit jantung koroner, kematian mendadak bisa menghantui. Sedangkan bila arteriosklerosis ini terjadi di otak akan memicu terjadinya stroke.

Vonis ini bisa terjadi bagi setiap orang terutama pada pecandu rokok. Untuk itu, untuk menghindarinya adalah dengan olahraga teratur, mengontrol berat badan, dan menghilangkan kebiasaan merokok.

Nah itulah, penjelasan tentang peredaran darah besar. Jadi makin tahu kan detikers? Selamat belajar!



Simak Video "RS PON Ajak Masyarakat Jalan Sehat dalam Memperingati World Stroke Day"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia