5 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar

5 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar

Awalia Ramadhani - detikEdu
Jumat, 02 Des 2022 13:00 WIB
Wildlife Photographer of The Year
Ikan badut dan anemon laut punya hubungan simbiosis mutualisme. Foto: Wildlife Photographer of The Year
Jakarta -

Contoh simbiosis mutualisme dapat dijumpai di alam sekitar. Sebelum mengetahui lebih jauh contoh-contohnya, perlu diketahui dulu, apa itu simbiosis dan apa maksud dari simbiosis mutualisme.

Simbiosis adalah sebuah interaksi yang terjadi antara dua organisme yang berbeda, dalam satu hubungan yang erat, seperti dijelaskan dalam buku IPA Terpadu: Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 SMP Kelas VII oleh Rinawati.

Simbiosis sendiri secara umum dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Simbiosis mutualisme adalah cara hidup bersama antara dua jenis organisme berbeda yang saling menguntungkan antara satu sama lain.

Contoh-contoh Simbiosis Mutualisme

Mengutip buku IPA Biologi Jilid 1 oleh Saktiyono, berikut beberapa contoh simbiosis mutualisme:

1. Lebah dengan Bunga

Lebah makan dengan mengisap nektar yang ada dalam bunga. Saat mengisap, kaki lebah akan mengenai serbuk sari yang kemudian melekat di tungkainya tersebut.

Ketika lebah nantinya hinggap di bunga lain, serbuk sari yang melekat di kakinya dapat jatuh ke kepala putik bunga lain. Akibatnya, penyerbukan dapat terjadi. Peristiwa ini saling menguntungkan karena lebah mendapatkan makanannya, sementara bunga jadi terbantu proses perkembangbiakannya.

2. Lumut Kerak (Lichenes)

Lumut kerak merupakan tumbuhan simbiosis dari cyanobacteria dengan jamur Ascomycotina atau Basiodiomycotina. Lumut kerak biasanya menempel pada pepohonan dan terlibat dalam pembentukan tanah.

Dalam simbiosis mutualisme lichenes, jamur mendapat nutrisi dari cyanobacteria yang dapat berfotosistesis. Sementara itu, cyanobacteria mendapat mineral dari jamur.

3. Ikan Badut dengan Anemon Laut

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya adalah pada ikan badut dengan anemon laut. Hubungan keduanya saling menguntungkan karena ikan badut yang hidup di antara tentakel anemon laut dapat melindunginya dari ikan pemakan anemon. Sementara itu, sengat dari tentakel anemon laut dapat melindungi ikan badut dari predator yang mengintainya.

4. Kerbau dengan Burung Jalak

Timbal balik yang menguntungkan antara burung jalak dan kerbau yaitu saat burung jalak yang hinggap di badan kerbau akan akan memakan kutu kerbau sehingga kerbau terbebas dari rasa gatal. Sementara itu, dengan hingga di badan kerbau, burung jalak mendapatkan makanan, seperti dikutip dari RPAL untuk SD/MI Kelas 4, 5, dan 6 oleh Deden Rohendi, SPd.

5. Bakteri Rhizobium dan Kacang-kacangan

Dijelaskan dalam Modul Makhluk Hidup oleh Dr Maman Rumanta, bakteri rhizobium mendapatkan habitatnya pada akar tanaman. Sementara itu, akar kacang-kacangan nantinya mendapat keuntungan berupa nitrogen yang diperoleh dari bakteri tersebut. Tanpa bakteri tersebut, akar kacang-kacangan tidak dapat mengambil nitrogen dari udara bebas.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh simbiosis mutualisme. Selamat belajar, detikers!



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia