Memahami Jaringan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Memahami Jaringan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 01 Des 2022 12:40 WIB
Ilustrasi ilmu fisiologi.
Foto: camilo jimenez/Unsplash/ Ilustrasi Memahami Jaringan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya
Jakarta -

Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama. Sementara, sebetulnya sel-sel yang menyusun tubuh makhluk hidup tidaklah selalu sama atau serupa. Setiap sel mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda dengan yang lain.

Selanjutnya, pada tubuh manusia dan vertebrata (binatang yang bertulang belakang), jaringan-jaringannya terbagi menjadi beberapa jenis. Seperti apa klasifikasinya?

Jenis-Jenis Jaringan pada Tubuh Manusia dan Vertebrata

1. Jaringan Epitel

Jaringan epitel adalah jaringan penutup atau pelapis tubuh, baik itu di permukaan luar yang membentuk kulit ataupun di permukaan dalam tubuh yang melapisi berbagai rongga.

Dikutip dari IPA Biologi 1 SMP dan MTs untuk Kelas VII karya Saktiyono, fungsi utama jaringan epitel adalah adalah sebagai pelindung untuk jaringan di bawahnya. Selain itu, jaringan epitel juga berfungsi sebagai kelenjar, penyerap, dan penerima rangsangan dari luar tubuh.

Bentuk jaringan epitel di antaranya:

  • Jaringan epitel pipih: contohnya epitel rongga mulut dan pembuluh darah
  • Jaringan epitel kubus: contohnya pada ginjal
  • Jaringan epitel silindris: contohnya pada usus

2. Jaringan Otot

Jaringan otot tersusun dari sel-sel otot. Fungsi utamanya adalah sebagai penggerak tubuh.

Jaringan otot juga memiliki beberapa macam tipe, yaitu:

  • Otot lurik: disebut sebagai otot rangka. Sifat gerakannya adalah sesuai dengan kehendak kita dan tidak tahan kelelahan.
  • Otot polos: letaknya di organ-organ bagian dalam tubuh, misalnya dinding saluran pencernaan makanan, dinding pembuluh darah, dan dinding saluran pernapasan. Gerakan otot polos sifatnya tidak menurut kehendak kita dan tahan kelelahan.
  • Otot jantung: merupakan otot yang membentuk jantung dan sifat gerakannya tidak menurut kehendak kita serta tahan terhadap kelelahan.

3. Jaringan Saraf

Jaringan saraf berfungsi sebagai penerima dan penerus rangsangan. Jaringan ini terdiri dari sel-sel saraf yang disebut neuron.

4. Jaringan Pengikat

Jaringan pengikat fungsinya adalah mengikat jaringan dan alat tubuh, serta menopang berdirinya tubuh. Macam-macam jaringan pengikat adalah:

  • Jaringan tulang
  • Jaringan tulang rawan
  • Jaringan pengikat longgar
  • Jaringan darah
  • Jaringan lemak

Jenis-Jenis Jaringan pada Tumbuhan

Pada tumbuhan, jaringannya terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

1. Jaringan Meristem

Jaringan meristem terdiri atas sekelompok sel yang selalu membelah diri. Jaringan ini terdapat di lembaga, ujung batang, ujung akar, kambium, dan kuncup.

2. Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis disebut juga jaringan pelindung. Jaringan ini membungkus permukaan akar, batang, dan daun dan berfungsi melindungi jaringan lainnya.

3. Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim atau jaringan dasar terletak menyebar di seluruh tubuh tumbuhan. Pada daun, ada dua jenis jaringan parenkim, yakni jaringan tiang atau palisade dan jaringan karang atau spons.

4. Jaringan Penyokong

Jaringan penyokong memiliki fungsi sebagai penunjang berdirinya tumbuhan. Jaringan ini terdiri atas dua macam, yaitu jaringan kolenkim yang umumnya di tangkai daun dan jaringan sklerenkim yang umumnya ada di batang dan tulang daun.

5. Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut terdiri atas jaringan xilem atau pembuluh kayu dan jaringan floem atau pembuluh tapis. Fungsi jaringan xilem adalah mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun. Sementara, jaringan floem mengangkut makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Itulah beberapa jenis dan fungsi jaringan pada manusia, vertebrata, dan tumbuhan.

Dikatakan dalam Biologi Interaktif untuk SMA/MA oleh Tetty Setiowati dan Deswaty Furqonita, untuk melaksanakan fungsinya, sejumlah jaringan bekerja sama membentuk organ. Semakin tinggi tingkatan makhluk hidup, maka semakin sempurna dan kompleks juga organ yang ada.

Manusia dan hewan mempunyai banyak organ, sedangkan tumbuhan hanya punya beberapa seperti batang, akar, dan daun.



Simak Video "China Mulai Bahas Pengembangan 5.5G"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia