Jenis-jenis Teks Ulasan, Beserta Pengertian, Struktur dan Contohnya

Jenis-jenis Teks Ulasan, Beserta Pengertian, Struktur dan Contohnya

Putri Tiah - detikEdu
Kamis, 01 Des 2022 12:16 WIB
Ilustrasi Novel Online
Teks ulasan dapat ditemui pada review novel, film dan karya atau objek (Ilustrator: Edi Wahyono)
Jakarta -

detikers, siapa nih diantara kalian yang suka membaca ataupun menonton sebuah tinjauan atau review dari suatu objek atau karya seperti film, buku, musik, dll? Jika kamu salah satunya, secara tidak langsung detikers sudah membaca atau mendengar teks ulasan.

Lalu, apa itu teks ulasan? Nah simak penjelasan lengkap tentang teks ulasan, mulai dari pengertian, jenis, dan strukturnya

Pengertian Teks Ulasan

Mengutip dari buku Teks Ulasan oleh Nur Apriana, teks ulasan adalah tulisan kritis yang disusun berdasarkan hasil penilaian, pengamatan, pertimbangan dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya baik fiksi maupun non fiksi seperti buku, film, musik, novel, dsb.

Dalam istilah lain, teks ulasan dikenal juga dengan resensi, yaitu tulisan yang berbentuk opini yang berisi tinjauan atau ulasan mengenai suatu hasil karya cipta atau seni yang akan atau telah dipublikasikan seperti dikutip dari buku Pembelajaran Menulis Teks Suatu Pendekatan Kognitif oleh Dr Dina Ramadhanti.

Walaupun teks ulasan bersifat opini, ketika ingin membuat teks ulasan terhadap objek tertentu harus ditulis berdasarkan fakta, menggunakan bahasa sopan dan santun, serta tidak menjatuhkan.

Hal tersebut dikarenakan, informasi yang dimuat dalam teks ulasan dapat mempengaruhi khalayak untuk mendiskusikan lebih lanjut dari sebuah karya. Apakah karya seni atau objek tertentu layak untuk dinikmati, dilansir dari situs Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud.

Jenis-jenis Teks Ulasan

3 jenis teks ulasan yaitu:

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan yang berisi informasi mengenai gambaran singkat, padat dan umum suatu karya. Resensi ini tidak menyampaikan keseluruhan isi karya tetapi hanya memaparkan bagian yang penting saja dan menonjolkan kelebihan dan kekurangan karya tersebut

2. Teks Ulasan Deskriptif

Berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Hal yang umumnya dilakukan pada karya fiksi untuk mendapatkan gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi dan kekuatan argumentatif yang dituangkan dalam sebuah karya

3. Teks Ulasan Kritis

Berisi informasi ulasan terperinci suatu karya sastra dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat secara objektif dan kritis bukan pandangan pembuat resensi tersebut.

Struktur Teks Ulasan dan Contohnya

Mengutip dari buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation, berikut penjelasan mengenai struktur teks, beserta contoh teks ulasan tentang novel Bumi Manusia dan ditunjukkan setiap bagian struktur teks ulasan, seperti dikutip dari Explore Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI oleh Imam Taufik, dkk.

Struktur teks ulasan adalah:

1. Orientasi

Bagian pembukaan yang menyatakan gambaran umum teks yang diulas, pada bagian ini khalayak akan membaca latar belakang dari hal yang diulas.

Teks ulasan novel Bumi Manusia bagian orientasi:

Bumi Manusia merupakan buku pertama dari buku tetralogi karya Pramoedya Ananta Toer. Buku Ini ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer ketika beliau diasingkan di Pulau Buru. Pramoedya mengambil masalah sosial yang terjadi di masa kolonial Belanda, yaitu kedudukan pribumi direndahkan oleh orang Belanda dan keturunannya. Permasalahan lainnya digambarkan dengan sangat baik.

2. Tafsiran

Istilah ini disebut juga interpretasi, yakni bagian yang menyatakan pandangan pribadi pengulas mengenai karya yang akan diulas, atau mengenai persetujuan, penolakan, maupun keberpihakan penulis ulasan.

Teks ulasan novel Bumi Manusia bagian tafsiran:

Cerita ini diawali dengan pengenalan tokoh utama, Minke. Minke adalah seorang pribumi yang belajar di sekolah para keturunan Eropa dan bangsawan pribumi. Pada masa itu, pribumi dianggap rendah di tanah air sendiri, lebih rendah daripada keturunan Eropa murni maupun keturunan Indo. Oleh sebab itu, banyak pribumi yang enggan mengakui kepribumian mereka. Akan tetapi, salah satu seorang tokoh dalam novel ini tidak seperti itu.

Buku ini sarat pesan dan menggambarkan peristiwa yang terjadi pada awal tahun 1900. Pengalaman seorang pribumi (Minke) tak punya kuasa untuk menentang perbudakan yang kabarnya sudah dihapuskan, tetapi masih terlihat jelas terjadi di sekitarnya. Ia menyuarakan tidak kepuasannya melalui tulisan dalam surat kabar berbahasa Belanda.

Melalui Minke, pengarang memberi pesan bahwa menghormati orang bukanlah jabatan atau keturunannya. Akan tetapi, seseorang mendapatkan penghormatan karena budi pekerti yang baik, kepintaran, dan kebijaksanaannya.

3. Evaluasi

Bagian yang menyatakan perbandingan antara karya yang diulas dengan karya lain yang memiliki kemiripan.

Teks ulasan novel Bumi Manusia bagian evaluasi:

Selain itu, buku ini menggambarkan seorang pemuda yang menyanjung pengetahuan yang berasal dari Eropa, tetapi menemukan "kepincangan" dalam perilaku bangsa Belanda murni maupun keturunannya yang merendahkan kaum pribumi. Di sisi lain, buku ini menggambarkan masyarakat adat, dan mindset pribumi masing mengekang adanya terobosan masa itu

4. Rangkuman

Bagian yang memuat ulasan akhir dari penulis yang berisi kesimpulan karya tersebut.

Teks ulasan novel Bumi Manusia bagian rangkuman:

Buku ini merupakan salah satu buku fisik yang layak dibaca. Selain merekam peristiwa yang terjadi pada masa kolonial Belanda, buku ini syarat dengan pesan moral. Pengarang juga menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti walaupun di awal-awal bab terdapat pengulangan cerita. Selain itu, sampul buku ini sesuai isi cerita yang mengambil suasana tahun 1900



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia