6 Tips Kerja di Kapal Pesiar Bagi Siswa SMK, Harus Jago Bahasa Inggris?

6 Tips Kerja di Kapal Pesiar Bagi Siswa SMK, Harus Jago Bahasa Inggris?

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 09:30 WIB
Kapal pesiar yang berlabuh di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Kamis (3/11/2022).
6 Tips Bekerja di Kapal Pesiar Bagi Lulusan SMK. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Bekerja di kapal pesiar kerap menjadi pekerjaan impian. Selain tawaran gaji yang besar, kamu juga bisa keliling dunia secara gratis sambil bekerja.

Tak jarang lowongan ini terbuka bagi siswa SMK. Meski demikian, lulusan SMK masih harus mengikuti sejumlah kursus terlebih dahulu sebelum bisa bekerja di kapal pesiar. Selain itu ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk memudahkan lolos tes.

Nah, Asril Nurdiansyah, alumni SMKN 1 Mundu dan LKP Grand Wisata, Jawa Barat membagikan tips bekerja di kapal pesiar. Asril sudah lama meniti karier di berbagai kapal pesiar.

Yuk intip tips yang dikutip dari laman Direktorat Jenderal Vokasi Kemdikbudristek.

6 Tips Bekerja di Kapal Pesiar Bagi Siswa SMK

1. Keterampilan Bahasa Inggris

Tips pertama adalah kuasai bahasa Inggris. Saat bekerja di kapal pesiar, kamu akan berinteraksi dengan kru maupun penumpang dari berbagai belahan dunia. Jadi pastikan kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik sebelum memutuskan untuk bekerja di kapal pesiar.

2. Punya Pengalaman dan Ikut Pelatihan

Selain kemampuan bahasa Inggris dan mental yang kuat karena harus bekerja jauh dari keluarga selama berbulan-bulan, untuk bisa bekerja di kapal pesiar kamu juga perlu pengalaman dan pelatihan khusus kapal pesiar. Kamu bisa menggali pengalaman dan keterampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) khusus untuk kapal pesiar.

3. Persiapkan Dokumen dan Sertifikat Penunjang

Ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan untuk bekerja di kapal pesiar, salah satunya adalah paspor. Selain itu, sertifikat-sertifikat penunjang juga diperlukan untuk sebagai bukti kompetensi untuk bergabung di kapal pesiar, misalnya seperti BST (Basic Safety Training).

4. Persiapkan Lamaran Sebaik Mungkin

Apabila dokumen sudah siap jangan lupa untuk menyiapkan CV atau surat lamaran. Buatlah CV atau surat lamaran yang unik dan menonjolkan kemampuan kamu.

5. Pahami Operasi Kapal Pesiar

Kemampuan beradaptasi sangat diperlukan saat bekerja di kapal pesiar. Pasalnya, walaupun sama seperti hotel, namun kenyataannya banyak sekali perbedaan antara kapal pesiar dengan hotel di daratan.

Di kapal pesiar, kamu akan dituntut melayani tamu yang sangat banyak dan kerap melakukan aktivitas yang sama, misalnya waktu check in dan check out yang bersamaan dalam jumlah yang banyak. Jadi, kamu perlu memahami dengan baik bagaimana kapal pesiar beroperasi.

6. Pantau Website Kapal Pesiar

Nah tips terakhir dan tak kalah penting adalah rajin memantau informasi rekrutmen kapal pesiar. Biasanya LKP akan bekerja sama dengan pihak kapal pesiar untuk memenuhi kebutuhan kru kapal pesiar mereka.

Jika tidak, maka ada baiknya untuk terus memantau website kapal pesiar impianmu. Akan banyak informasi yang didapat, utamanya jika mereka membuka lowongan kerja.



Simak Video "Terungkap! Siswi Tewas Dalam Sumur di Deli Serdang Sempat Diperkosa"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia