Apakah Ikan Bisa Berkedip?

Apakah Ikan Bisa Berkedip?

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 29 Nov 2022 07:30 WIB
Potret ikan komet.
Apakah ikan bisa berkedip? Foto: dok. Universitas Airlangga
Jakarta -

Ikan memiliki sepasang mata seperti makhluk hidup pada umumnya. Namun, pernahkah detikers melihat ikan mengedipkan matanya di dalam air?

Jika diperhatikan baik-baik, ikan tidak berkedip seperti manusia atau hewan lainnya. Mengapa demikian?

Ikan Tidak Memiliki Kelopak Mata

Dilansir Fish Camp Rehab pada Senin (28/11/2022), ikan tidak mempunyai kelopak mata sehingga ia tidak memiliki refleks untuk berkedip seperti makhluk hidup lainnya.

Meski begitu, beberapa jenis ikan memiliki selaput bening yang berfungsi sebagai kelopak mata. Bagian tersebut membantu ikan melihat, sedalam apapun ia berenang.

Menurut peneliti, spesies ikan dengan selaput bening di matanya lebih mahir untuk melihat hewan dan objek lainnya di bawah air ketimbang jenis lainnya. Perlu diingat, ikan tidak mengedipkan mata kepada sesamanya.

Hidup di Dalam Air Tidak Membuat Ikan Terkena Debu

Hidup di dalam air tidak menyebabkan ikan khawatir terkena debu, karena partikel debu mengambang dalam air. Tidak memiliki kelopak mata bukanlah masalah bagi hewan tersebut.

Lain halnya dengan manusia dan hewan-hewan di darat yang sangat bergantung dengan fungsi kelopak mata. Manusia menutup matanya secara refleks ketika ada benda asing yang mengenai mata, bahkan air sekalipun.

Sementara itu, ikan pada dasarnya hidup di air sehingga air tidak akan membuat matanya perih.

Bagaimana saat Ikan Tertidur?

Ketika tertidur, ikan tidak menutup matanya. Ikan tidur ketika melihat kondisi sekelilingnya lebih gelap. Ikan biasanya pergi ke dasar lautan untuk beristirahat, tetap dengan mata terbuka karena tidak punya kelopak mata.

Namun, ada juga beberapa jenis hewan air yang tidur dengan satu mata tertutup, seperti lumba-lumba. Kondisi tersebut memungkinkan mamalia air ini untuk tetap waspada dari predator. Tidur dengan satu mata terbuka membuat separuh otak lumba-lumba tetap terjaga.



Simak Video "Heboh Balon Mata-mata China di Langit AS, Ini Penampakannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia