15 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 untuk Belajar di Rumah

15 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 untuk Belajar di Rumah

Awalia Ramadan - detikEdu
Senin, 28 Nov 2022 16:00 WIB
Close-up image of man enjoying moment for himself and filling diary after difficult day
Foto: iStock/15 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 untuk Belajar di Rumah
Jakarta -

Seperti yang kita tahu, PAS atau Penilaian Akhir Semester 1 akan segera berlangsung. Salah satu persiapan yang bisa teman-teman lakukan yaitu dengan memperbanyak latihan soal dengan mandiri. Khususnya untuk soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1. Hal ini dilakukan agar ketika ujian, teman-teman bisa menjawab soal dengan lancar dan benar.

Berdasarkan Buku Siswa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X oleh Drs. Subadiyana, materi Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 yang harus dikuasai oleh siswa, antara lain adalah:

- Menyusun laporan hasil observasi tentang budaya
- Teks eksposisi
- Menyusun teks anekdot
- Menggubah cerita rakyat menjadi cerpen

Contoh Soal

Berikut ini adalah contoh soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 yang dikutip dari laman eModul Direktorat Sekolah Menengah Atas Kemdikbud:

Alunan nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran Jalan. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8). Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan "civitas academica" Unpad memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton. Acara yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik itu ikut terpukau.

1. Paragraf tersebut merupakan contoh laporan hasil observasi karena

A. tidak berdasarkan Imajinasi atau khayalan penulisnya.

B. menggambarkan suatu kejadian yang sangat berkesan.

C. mengungkapkan pendapat penulisnya untuk suatu benda.

D. menceritakan suatu kegiatan yang terjadi di lingkungannya.

E. mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan

Jawaban: E

2. Fakta-fakta yang diungkapkan dalam paragraf tersebut diperoleh melalui...

A. survei

B. pencatatan

C. wawancara

D. observasi lapangan

E. penyebaran angket

Jawaban: D

3. Upacara adat tradisional Grebeg yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi dalem Keraton Yogyakarta dengan rute dari dalam keraton (Pagelaran).

Paragraf tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali..

A. macam-macam kegiatan

B. nama kegiatan

C. manfaat kegiatan

D. pelaku kegiatan

E. proses pelaksanaan kegiatan

Jawaban:C

4. Fakta dalam paragraf tersebut diperoleh melalui......

A. perekaman

B. proses pencatatan

C. wawancara dengan narasumber

D. pengamatan lapangan

E. penyebaran angket

Jawaban: D

5. Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung

Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian.....

A. tesis

B. abstrak

C. definisi umum

D. deskripsi manfaat

E. deskripsi per bagian

Jawaban: E

6. Pada saat dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta, dikirabkan di alun-alun utara kraton tersebut, dan dibawa ke Pengulon atau salah satu gedung yang berada di sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan (sesaji berbentuk gunung) menjadi tontonan menarik ribuan penonton Sesampainya di Pengulon, sesaji berupa apel, jeruk, kacang panjang, telur rebus dan jadah (makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan) itu didoakan oleh para abdi dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya diperebutkan oleh para warga yang menonton.

6. Dalam struktur laporan observasi, paragraf tersebut termasuk ke dalam bagian

A. koda

B. abstrak

C. krisis

D. deskripsi umum

E. deskripsi per bagian

Jawaban: E

7. Pembangunan dan Bencana Lingkungan

Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.

Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan

Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

Argumen mendukung pendapat yang disampaikan penulis bahwa masalah lingkungan merupakan masalah yang serius terdapat pada kalimat....

A. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana.

B. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

C. Setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

D. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.

E. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi.

Jawaban: D

8. Bagian rekomendasi pada kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat pada paragraf...

A. Paragraf pertama kalimat kedua

B. Paragraf kedua kalimat pertama

C Paragraf kedua kalimat kedua

D. Paragraf kedua kalimat ketiga

E. Paragraf ketiga

Jawaban: E

9. Kalimat argumen yang berisikan fakta di dalam kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat dalam kalimat.....

A. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana.

B. Banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007.

C. Debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

D. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai

E. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi

Jawaban: B

10. Bacalah teks eksposisi berikut!

Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.

Kutipan di atas pada struktur teks eksposisi merupakan bagian...

A. tesis

B. orientasi

C. argumentasi

D. abstrak

E. penegasan ulang

Jawab: A

Klik halaman berikutnya



Simak Video "Momen Jackson Wang Minta Belajar Bahasa Indonesia di Panggung HITC 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia