40 Contoh Teks Eksplanasi, Yuk Pelajari!

40 Contoh Teks Eksplanasi, Yuk Pelajari!

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 28 Nov 2022 14:00 WIB
Jellyfish are seen underwater as an Israeli military ship sails near the coast of Haifa in the Mediterranean sea, Israel July 25, 2022. REUTERS/Ilan Rosenberg
Contoh teks eksplanasi tentang ubur-ubur, hewan, banjir, aurora, dan peristiwa lainnya. Foto: REUTERS/ILAN ROSENBERG
Jakarta -

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi, baik peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Ciri-ciri teks eksplanasi adalah adanya hubungan sebab akibat dalam teks, adanya penjelasan ilmiah yang sistematis, dan memaparkan urutan kejadian peristiwa, seperti dikutip dari Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Kelas X, XI, XII oleh Tomi Rianto.

Struktur Teks Eksplanasi

  • Penyataan umum, berisi definisi fenomena, karakteristik umum, atau awal penyebab sebuah fenonema terjadi.
  • Urutan proses terjadinya fenomena atau eksplanasi, berisi urutan terjadinya peristiwa dan syarat terjadinya pristiwa, disusun berurutan dengan hubungan sebab-akibat.
  • Interpretasi, berisi pandangan atau simpulan penulis yang sifatnya opsional dalam teks eksplanasi sehingga boleh ada atau tidak.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi 1: Tsunami

Terjadinya Tsunami

Tsunami adalah rangkaian gelombang sangat panjang yang disebabkan pergerakan laut yang besar dan tiba-tiba akibat gempa bumi di bawah atau dekat dasar laut. Tsunami juga bisa disebabkan longsor, aktivitas gunung api, serta asteroid dan komet yang menabrak atau meledak di atas laut.

Gaya ini menciptakan gelombang yang menyebar ke segala arah. Gerak ini melintas jauh ke seluruh cekungan samudra. Gelombang tsunami tidak digerakkan angin sehingga tidak hanya terjadi di lapisan paling atas laut. Alih-alih, tsunami bergerak melalui seluruh badan air, dari dasar samudra hingga ke permukaan.

Saat gelombang tsunami terbangun, kecepatannya berbeda-beda sesuai kedalaman laut. Di laut dalam, sebuah gelombang tsunami bisa bergerak secepat pesawat jet. Sementara itu, panjang gelombangnya bisa mencapai ratusan kilometer.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 2: Banjir

Penyebab dan Akibat Banjir

Banjir adalah jenis bencana alam terjadi ketika luapan air menggenangi tanah yang biasanya kering. Banjir sering terjadi dan umumnya disebabkan oleh hujan lebat, pencairan salju yang drastis, atau gelombang badai dari siklon tropis atau tsunami di wilayah pesisir.

Sekitar 80-90 persen bencana alam yang terdokumentasi selama 10 tahun terakhir diakibatkan oleh banjir, kekeringan, siklon tropis, gelombang panas, dan badai hebat. Banjir juga semakin meningkat frekuensi dan intensitasnya. Frekuensi dan intensitas curah hujan ekstrem diperkirakan akan terus meningkat akibat perubahan iklim.

Banjir dapat menyebabkan kerusakan yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada properti pribadi dan infrastruktur kesehatan masyarakat yang kritis. Orang-orang yang paling rentan bencana banjir yaitu penduduk di dataran rawan banjir, pemukim kawasan yang tidak tahan banjir, dan warga di wilayah yang tidak punya sistem peringatan banjir dan kesadaran akan bahaya banjir.

Sumber: WHO

Contoh Teks Eksplanasi 3: Kebersihan Diri

Kebersihan dan Kesehatan Diri

Kebersihan diri dan kebersihan rumah yang baik membantu mengurangi penyebaran penyakit menular seperti pilek, flu, dan pencernaan.

Sejumlah langkah kebersihan umum yang baik antara lain menggunakan air bersih, membuang sampah di tempatnya, dan memastikan pembuangan limbah rumah tangga. Penggunaan produk kebersihan yang berkualitas dan praktik kebersihan yang baik penting juga dilakukan.

Kebersihan yang baik dapat membantu diri merasa nyaman dengan diri sendiri dan menjadi percaya diri. Kebersihan diri juga membantu interaksi sosial dan membantu diri terlibat serta produktif di semua bidang kehidupan. Kebersihan yang baik juga membantu membuat rumah sendiri dan tempat umum yang dikunjungi jadi nyaman.

Sumber: Hygiene for Health

Contoh Teks Eksplanasi 4: Mumi

Pengawetan Menjadi Mumi

Praktik pengawetan jasad makhluk hidup sebagai mumi tersebar di berbagai peradaban, di antaranya yaitu Inca, Aborigin Australia, Aztec, Afrika, Eropa kuno, dan lain-lain. Di Mesir kuno, mumifikasi atau proses memumikan makhluk hidup pada dasarnya yaitu pengawetan jaringan kulit.

Proses mumifikasi bagi bangsawan dan orang kaya umumnya terdiri dari pembasuhan badan, memisahkan semua organ kecuali jantung dan menempatkannya di toples, dan mengemas tubuh dan organ dalam garam untuk menghilangkan kelembaban. Tubuh lalu dibalsem dengan resin dan minyak esensial seperti mur, cassia, minyak juniper, dan minyak cedar sebelum dilapis kain linen.

Mumifikasi dilakukan orang Mesir kuno dari semua kalangan, tetapi orang dari kalangan ekonomi rendah melakukannya dengan langkah lebih sederhana. Beberapa jasad diisi dengan minyak juniper saja sebelum dimakamkan.

Sementara itu, bangsawan seperti firaun Mesir ditempatkan di peti mati batu berornamen atau sarkofagus. Para firaun dimakamkan sebagai mumi dengan makam yang mirip kamar, lengkap dengan kendaraan, makanan, parfum, barang-barang kesukaan, barang-barang rumah tangga, hewan peliharaan, dan pelayan.

Sumber: History

Contoh Teks Eksplanasi 5: Perang Saudara

Prajurit Afrika-Amerika di Perang Saudara

Frederic Douglass terkenal sebagai orang Afrika-Amerika yang mendukung agar orang Afrika-Amerika ikut berperang di Perang Saudara. Menurutnya, sebagai prajurit, orang nonkaukausia bisa mendapat kehormatan, kecakapan bela diri, dan hak untuk menjadi warga negara Amerika Serikat.

Dengan pengaruhnya sebagai reformer sosial, orator, penulis, dan abolitionist, Douglass merekrut orang-orang dari rasnya untuk menjadi relawan prajurit Union. Ia mendorong sesama mantan budak Afrika-Amerika untuk "meraih martabat diri sebagai manusia dan menunjukkan bahwa kita layak merdeka."

Sejak awal Perang Saudara pada 1861, Douglass meminta pada Abraham Lincoln dan petinggi lainnya agar orang Afrika-Amerika diperbolehkan ikut perang. Karena usaha Douglass, Lincoln pada 1863 menandatangani Proklamasi Emansipasi, yang berisi pembebasan budak dan rekrutmen orang Afrika-Amerika sebagai prajurit Union bersenjata.

Sumber: History

Contoh Teks Eksplanasi 6: Panda

Kenapa Panda Makan Bambu?

Bambu menjadi makanan pokok panda. Hampir 98 persen makanan sehari-hari panda adalah bambu.

Rupanya, alasan panda memilih bambu sebagai makanan pokoknya adalah karena bambu tersebar luas di alam liar, mudah diperoleh, dan mengandung lebih banyak pati daripada tumbuhan berkayu lainnya. Panda memperoleh energi dari pati, hemiselulosa, dan pektin dalam bambu.

Dari evolusi selama 2 juta tahun, panda juga kehilangan gen T1R1. Karena itu, ia tidak berselera makan daging dan gemar makan bambu. Di samping itu, panda raksasa juga mengonsumsi sedikit energi setiap hari. Karena itu, bobotnya yang relatif berat tidak menurun kendati hanya makan bambu.

Sumber: News CGTN

Contoh Teks Eksplanasi 7: Bintang Laut

Bintang Laut Tidak Punya Otak, tetapi Tidak Bodoh

Bintang laut tidak punya otak. Kendati demikian, mereka tidak gampang dikelabui. Bintang laut punya sistem saraf kompleks yang memungkinkannya membuat keputusan.

Sistem saraf bintang laut terpusat pada cincin di sekitar mulutnya. Saraf bintang laut mengambil informasi terbatas di sekitar badannya, dibantu dengan penciuman dan mata.

Struktur mata bintang laut menyaring benda kecil yang bergerak, sambil mengoptimalkan kontras antara benda besar diam (batu karang) dan air di sekitarnya. Dengan begitu, bintang laut bisa bergerak, makan, dan menghindari bahaya.

Sumber: Biologi Sensorik Bintang Laut dengan Penekanan pada Penemuan Terbaru dalam Ekologi Visual Mereka oleh Anders Germ.

Contoh Teks Eksplanasi 8: Bayi

Kenapa Bayi Menangis saat Lahir?

Tidak semua bayi langsung menangis saat dilahirkan. Namun, semua bayi akan menangis jika tidak segera dipertemukan dengan ibunya.

Di beberapa menit pertama kehidupan dan menyusu pertama, bayi baru lahir bisa menangis karena memar dan sakit akibat trauma kelahiran. Namun, karena proses lahir sangat melelahkan bagi bayi, mereka akan tidur selama delapan jam atau lebih.

Sumber: Science Focus

Contoh Teks Eksplanasi 9: Gempa

Terjadinya Gempa Tektonik

Gempa Bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba sehingga timbul gelombang seismik. Gempa Bumi tektonik biasa disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik atau aktivitas tektonik.
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Karena itu, di gempa tektonik, aktivitas tektonik terjadi secara mendadak.

Makin kuat aktivitasnya, makin besar risiko kerusakan atau bencana alam di Bumi. Getaran gempa Bumi ini kuat mampu menjalar ke seluruh bagian Bumi.

Sumber: Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB

Contoh Teks Eksplanasi 10: Tubuh Manusia

Kenapa Tubuh Jadi Pucat setelah Meninggal?

Saat meninggal, tubuh mulai jadi pucat (pallor mortis). Sebab, darah berhenti bergerak lewat pembuluh darah kapiler. Suhu tubuh orang meninggal juga menurun sekitar 0,84 °C per jam.

Sel-sel darah yang tersisa di kapiler dan pembuluh darah kecil memicu perubahan warna pada permukaan kulit. Beberapa di antaranya terlihat seperti rona biru keunguan, ada juga yang bintik-bintik kemerahan.

Proses perubahan warna tubuh terjadi sekitar satu jam setelah manusia meninggal. Perubahan warna biasanya butuh waktu beberapa jam lebih lama untuk tampak di kulit, terutama para orang dengan kulit gelap.

Sumber: Britannica

Contoh Teks Eksplanasi 11: Kesehatan

Asal-usul Ingus dan Kegunaannya

Ingus adalah lendir atau cairan yang dihasilkan oleh kelenjar mukosa yang melapisi saluran pernapasan. Saluran ini mencakup hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Ingus semula berfungsi menjaga kelembaban lapisan dalam hidung agar tidak kering. Ingus juga menangkap debu dan partikel lain saat bernapas.

Ingus pun bertugas melawan infeksi dan melembabkan udara yang dihirup sehingga lebih nyaman saat bernapas. Lendir menghalangi terjadinya infeksi dengan membersihkan organ hidung dari partikel penyebab peradangan.

Namun, selaput lendir juga bisa meradang karena infeksi, alergi, iritan, atau rhinitis. Saat selaput lendir meradang, tekstur ingus jadi lebih pekat, kental, dan lengket.

Sumber: Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan

Contoh Teks Eksplanasi 12: Seni

Kenapa Lukisan Mona Lisa Terkenal?

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang dibuat tahun 1503-1519 masih dikenal masyarakat dunia hari ini. Karya ini diceritakan dari masa ke masa sebagai bentuk apresiasi penikmatnya pada teknik lukis Leornardo hingga pose yang diambil.

Leornardo menggunakan pose tiga perempat yang baru pada masanya. Cara seniman ini melukiskan alam dengan mirip juga dikagumi para penulis seni.

Lukisan potret Mona Lisa juga dinilai realistis. Leonardo menggunakan sfumato, teknik artistik yang mengunakan gradasi halus cahaya dan bayangan untuk merupa wajah Mona Lisa. Pelukisan rambut dan lipatan kain oleh Leonardo juga dipuji karena menampilkan kesabaran. Ekspresi Mona Lisa juga dinilai mencerminkan sosok kompleks yang mirip dengan manusia yang pada dasarnya tidak sederhana.

Di sisi lain, pemajangan Mona Lisa di tempat prestisius turut berpengaruh. Menjadi koleksi kerajaan hingga museum kenamaan Louvre membuat lukisan Leonardo ini naik status di dunia seni rupa.

Sumber: Britannica

Contoh Teks Eksplanasi 13: Bakau

Kenapa Hutan Bakau Penting?

Hutan bakau atau mangrove penting untuk manusia karena menyerap dampak gelombang badai selama peristiwa cuaca ekstrem seperti badai topan. Bakau juga bantu mencegah erosi di sekitar garis pantai, termasuk di daerah berpenduduk.

Akarnya yang lebat bantu mengikat dan membangun tanah. Sementara itu, akar di atas tanah bantu memperlambat aliran air dan mendorong endapan sedimen yang mengurangi erosi pantai.

Sistem akar bakau juga menyaring nitrat, fosfat, dan polutan lain dari air. Akibatnya, kualitas air yang mengalir dari sungai ke muara dan lingkungan laut jadi membaik.

Hutan bakau juga menangkap sejumlah besar emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca lain dari atmosfer. Bakau lalu menjebak emisi dan menyimpannya di tanah banjir yang kaya karbon selama ribuan tahun. Karbon yang terkubur ini dikenal sebagai "karbon biru" karena disimpan di bawah air di ekosistem pesisir seperti hutan bakau, padang lamun, dan rawa asin.

Sumber: Nature

Contoh Teks Eksplanasi 14: Jamur

Jamur Beracun Amanita

Salah satu jamur beracun yaitu jamur dari genera Amanita. Jamur Amanita phalloides dikenal dengan sebutan jamur topi kematian karena bagian atasnya lebar seperti topi dan mematikan.

Kandungan amatoksin di Amanita phalloides dapat merusak sel di seluruh tubuh kendati sudah dimasak karena tahan panas. Dalam waktu 6-12 jam setelah dikonsumsi, akan muncul sakit perut berat, muntah, dan diare berdarah. Akibatnya, cairan cepat hilang dari jaringan dan timbuh kehausan berat.

Lebih lanjut, amatoksin jamur Amanita phalloides merusak hati, ginjal, dan sistem saraf pusat. Gula darah dan urine jadi menurun sehingga menyebabkan koma dan kematian lebih dari 50 persen kasus keracunan.

Paus Klemens VII merupakan salah satu korban keracunan jamur topi kematian pada 1534. Jamur ini berbentuk sangat mirip dengan jamur jerai dan jamur caesar sehingga orang bisa salah konsumsi.

Sumber: Britannica

Contoh Teks Eksplanasi 15: Beruang

Beruang Berburu

Beruang dapat bergerak sangat cepat meskipun terkesan bergerak lambat. Kecepatannya membantu beruang di perburuan. Beruang akan memanjat atau berenang cepat untuk menangkap mangsanya.

Kecepatan beruang juga membantu kelemahannya dalam penglihatan dan pendengaran. Ketangkasan beruang berburu dibantu dengan indera penciumannya. Sebagian besar perburuan oleh beruang dilakukan dengan memanfaatkan penciuman.

Penciuman beruang dimanfaatkan untuk mencari mangsa berupa hewan pengerat, ikan, rusa, babi, dan anjing laut. Beruang grizzly menggunakan penciuman dan kecepatannya untuk menangkap ikan salmon di Amerika Utara.

Contoh Teks Eksplanasi 16: Laut

Kenapa Laut Berwarna Biru?

Laut berwarna biru karena air menyerap warna di bagian merah spektrum cahaya. Seperti filter, air laut meninggalkan warna di bagian biru spektrum cahaya untuk kita lihat.

Lautan juga dapat berubah warna menjadi hijau, merah, atau warna lainnya saat cahaya memantul dari sedimen dan partikel yang mengambang di dalam air.

Namun, sebagian besar lautan benar-benar gelap. Hanya sedikit cahaya yang menembus lebih dalam dari 199 meter, dan tidak ada cahaya lagi yang menembus lebih dalam dari 999,7 meter.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 17: Paus

Paus Kepala Busur, Mamalia Laut Berumur Paling Panjang

Paus adalah hewan terbesar di Bumi. Jenis paus kepala busur ini hidup paling lama dari semua mamalia lain di masa kini. Makhluk hidup penghuni Kutub Utara ini bisa hidup lebih dari 200 tahun, masa hidup yang hanya dapat dikalahkan oleh kerang Atlantik Utara (500 tahun).

Paus kepala busur diperkirakan bisa hidup selama itu karena memiliki proses perbaikan DNA yang kuat dan regulasi siklus sel yang baik. Akibatnya, proses ini memperlambat akumulasi kerusakan pada genomnya.

Di samping itu, paus dapat memiliki metabolisme konstan tanpa banyak mengalami penuaan dan tidak ada pertumbuhan kondisi peradangan sistemik kronis. Gen paus juga memiliki penekan tumor.

Sumber: Deciphering the Whale's Secrets to Have a Long Life oleh Francisco Alejandro Lagunas-Rangel

Contoh Teks Eksplanasi 18: Aurora

Aurora

Aurora adalah fenomena cahaya di langit dekat Kutub Utara (aurora borealis) dan Kutub Selatan (aurora australis). Cahayanya unik dan indah karena berwarna kehijauan, terkadang merah muda, kontras dengan latar langit malam yang biru keunguan gelap.

Meskipun terlihat paling bagus saat malam hari, aurora terjadi karena Matahari. Saat terjadi badai Matahari lontaran massa koronal, Matahari menyemburkan gelembung gas listrik sangat besar. Gas ini dapat bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan tinggi.

Ketika badai Matahari terjadi, sebagian energi dan partikel kecil Matahari dapat bergerak menyusuri garis medan magnet di Kutub Utara dan Selatan ke atmosfer Bumi.

Partikel-partikel Matahari tersebut berinteraksi dengan gas-gas di atmosfer Bumi sehingga menghasilkan tampilan cahaya aurora indah di langit. Oksigen bercahaya hijau dan merah, sementara nitrogen bersinar biru dan ungu.

Sumber: NASA Space Place

Contoh Teks Eksplanasi 19: Terumbu Karang

Stres pada Terumbu Karang

Terumbu karang dapat stres dan mengalami pemutihan. Stres pada terumbu karang, peristiwa pemutihan massal, peningkatan kerentanan terhadap penyakit, pertumbuhan dan tingkat reproduksi yang lebih lambat, dan struktur terumbu yang terdegradasi diakibatkan oleh perubahan iklim dan pengasaman laut.

Dampak tersebut dikurangi lewat perbaikan cara menghadapi perubahan iklim. Di antaranya yaitu pengurangan gas rumah kaca, polusi berbasis lahan, dan penangkapan ikan berlebihan.

Terumbu karang yang sehat melindungi pantai, menjadi sumber obat- obatan, atraksi rekreasi, dan menjadi bagian keanekaragaman hayati yang disebut hutan hujan laut.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 20: Mikroplastik

Apa Itu Mikroplastik?

Mikroplastik adalah serpihan kecil plastik berukuran lebih kecil dari 5 mm. Mikroplastik berasal dari berbagai sumber, termasuk dari potongan sampah plastik yang lebih besar dan terurai menjadi potongan-potongan yang semakin kecil.

Jenis mikroplastik lainnya yaitu microbeads, potongan sangat kecil dari plastik polietilen buatan pabrik yang ditambahkan sebagai pengelupas pada produk kesehatan dan kecantikan. Microbeads salah satunya ada di produk pembersih dan pasta gigi.

Partikel kecil ini mudah melewati sistem penyaringan air dan berakhir di laut dan perairan besar. Akibatnya, kehidupan akuatik dan konsumen sumber pangan laut seperti manusia juga terancam.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 21: Pasir

Terbentuknya Pasir

Pasir terbentuk ketika bebatuan terurai akibat pelapukan dan pengikisan selama ribuan sampai jutaan tahun. Batuan membutuhkan waktu untuk terurai, terutama batu kuarsa.

Bebatuan semula terbawa dari aliran air ke sungai, terus-menerus retak dan terurai. Sesampainya di laut, batu semakin terkikis karena gelombang dan pasang surut yang terus menerus. Warna pasir dapat terbentuk dari oksida besi sehingga menjadi cokelat muda.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 22: Midnight Sun

Midnight Sun

Midnight Sun adalah periode panjang siang hari yang berlangsung selama 24 jam atau lebih. Fenomena Matahari tengah malam ini terjadi di sekitar Kutub Utara dan Antartika selama musim panas sehingga disebut juga Hari Kutub.

Biasanya, periode siang dan malam terjadi masing-masing 12 jam. Namun, Midnight sSun dapat terjadi karena kemiringan Bumi. Bumi berputar sekali sehari pada sumbu rotasinya. Sumbu rotasi adalah garis imajiner yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Alhasil, Matahari tampak terbit dan terbenam setiap hari.

Bersamaan dengan rotasi, Bumi mengorbit Matahari setahun sekali. Saat mengorbit Matahari, Bumi menelusuri bidang imajiner, yaitu permukaan datar seperti cakram di sekitar Matahari yang disebut dikenal sebagai bidang ekliptika .

Ekuator Bumi tidak sejajar dengan bidang ekliptika, tetapi miring 23,4 derajat. Kondisi ini disebut kemiringan ekliptika , atau kemiringan sumbu bumi.

Akibat kemiringan sumbu ini, salah satu kutub Bumi biasanya miring ke arah Matahari, sedangkan kutub lainnya miring menjauh. Pada titik balik matahari bulan Juni, Kutub Utara mengarah ke Matahari. Tidak peduli seberapa banyak Bumi berputar, Matahari tampaknya tidak pernah terbenam sehingga menghasilkan fenomena Midnight Sun.

Sebaliknya, Kutub Selatan berada dalam kegelapan 24 jam atau Malam Kutub. Dengan kata lain, Matahari terbit dan terbenam di Kutub bukan disebabkan rotasi Bumi, tetapi karena orbitnya mengelilingi Matahari.

Sumber: Time and Date

Contoh Teks Eksplanasi 23: Black Holes

Melihat Black Holes

Black holes atau lubang hitam adalah tempat di ruang angkasa dengan gravitasi menarik kuat sehingga cahaya pun tidak bisa keluar. Gravitasi di black holes sangat kuat karena materi ruang angkasa dimampatkan ke dalam ruang yang sangat kecil.

Lubang hitam tidak dapat dilihat karena gravitasi yang kuat menarik semua cahaya ke tengah lubang hitam. Teleskop luar angkasa dengan alat khusus dapat membantu menemukan lubang hitam. Alat khusus tersebut dapat membantu ilmuwan melihat bagaimana gravitasi yang kuat mempengaruhi bintang dan gas di sekitar lubang hitam sehingga berperilaku berbeda.

Ilmuwan dapat mempelajari bintang untuk mengetahui apakah mereka terbang mengelilingi, atau mengorbit, sebuah lubang hitam. Ketika lubang hitam dan bintang saling berdekatan, cahaya berenergi tinggi terbentuk, tetapi jenis cahaya ini tidak bisa dilihat dengan mata manusia. Para ilmuwan menggunakan satelit dan teleskop di luar angkasa untuk melihat cahaya berenergi tinggi.

Sumber: NASA

Contoh Teks Eksplanasi 24: Pasir Isap

Fakta Pasir Isap, Tidak Mematikan

Pasir isap kerap digunakan sebagai jebakan dalam film horor dan petualangan. Tetapi, sains membuktikan bahwa pasir isap tidak mematikan.

Pasir isap alami adalah campuran pasir halus, partikel tanah liat berukuran mikron yang sangat halus, dan air. Campuran khusus inilah menghasilkan beberapa sifat menarik. Jika didiamkan, pasir isap perlahan akan menjadi lebih kental atau lebih kencang. Namun, dengan perubahan tekanan yang tiba-tiba, pasir tersebut dengan cepat mencair.

Tekanan inilah yang terjadi saat orang menginjak pasir isap. Sebab, pasir isap lebih padat dari tubuh manusia. Kaki manusia cukup padat sehingga bisa tenggelam di pasir isap. Namun, batang tubuh berisi paru-paru sehingga memungkinkan tubuh mengapung. Dengan demikian, manusia dapat tersangkut di pasir isap, lalu mengapung di permukaannya, tidak bisa tersedot sampai ke dasar.

Pasir isap baru membahayakan ketika terbentuk di daerah pasang surut. Seseorang yang tersangkut jadi tidak bisa bergerak di dalam pasir sehingga tenggelam oleh air pasang. Namun, kecelakaan ini pun sangat jarang terjadi.

Sumber: Encyclopaedia Britannica

Contoh Teks Eksplanasi 25: Putri Duyung

Apakah Putri Duyung Nyata?

Putri duyung adalah makhluk legenda maritim berupa dewi laut setengah manusia, setengah ikan. Apakah makhluk tersebut betul-betul ada di lautan?

Di masa kini, putri duyung dinyatakan sebagai makhluk mitologi. Sebab, hingga saat ini, tidak ada bukti humanoid air yang pernah ditemukan tentang keberadaan putri duyung.

Sementara itu, kepercayaan atas keberadaan putri duyung salah satunya sebabkan muncul dari lukisan gua berusia sekitar 30.000 tahun yang berbentuk seperti makhluk tersebut. Di samping itu, cerita turun-temurun turut mendukung keyakinan akan keberadaannya.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 26: Seni Cadas

Lukisan Batu

Seni cadas adalah karya seni yang dilakukan pada permukaan batu alam. Ini berarti dapat ditemukan di sisi atau dinding gua, tebing, bebatuan terjal, dan juga bongkahan batu. Seni cadas juga dapat disebut sebagai "ukiran batu", "ukiran batu", "gambar batu", dan "lukisan batu".

Salah satu jenis seni cadas yang dikenal adalah piktograf, yaitu karya seni lukis di permukaan batu. Contohnya seperti cap tangan dengan pigmen warna merah di sekitar tangan, bukan di bagian tangannya.

Pigmen yang digunakan untuk membuat cat piktograf adalah oker, arang, mineral tanah, kapur alami, lempung kaolinit, hingga tanah diatom. Biasanya, zat ini dicampur dengan cairan seperti air, telur, dan darah untuk membuat cat berwarna merah, hitam, dan putih. Kuas, stempel, tangan dan jari digunakan untuk mengaplikasikan cat ini ke permukaan batu.

Sumber: Human Relation Area Files, Yale University

Contoh Teks Eksplanasi 27: Gletser

Mencairnya Gletser

Gletser adalah akumulasi es dan salju yang perlahan bergerak ke daratan. Tumpukan es ini berfungsi sebagai pelindung di atas Bumi dan lautan karena memantulkan panas kembali ke ruang angkasa dan menjaga Bumi lebih dingin.

Sejak 1900-an, gletser di seluruh dunia mencair dengan cepat karena aktivitas manusia. Revolusi industri khususnya menghasilkan karbon dioksida dan emisi gas rumah kaca lainnya sehingga suku Bumi naik, bahkan lebih tinggi di Kutub.

Akibatnya, gletser cepat mencair, bermuara ke laut, sehingga menaikkan permukaan tingkat permukaan laut dari daratan. Kondisi ini menaikkan tingkat erosi pantai dan gelombang badai. Sebab, pemanasan udara dan suhu laut menciptakan bada pantai yang lebih sering, seperti angin topan.

Sumber: WWF

Contoh Teks Eksplanasi 28: Geiser

Pasokan Air Panas di Geiser

Geiser adalah mata air panas yang menyemburkan uap dan air panas secara berkala. Geiser dihasilkan dari pemanasan air tanah oleh magma dangkal.

Geiser umumnya berhubungan dengan daerah yang punya sejarah aktivitas gunung api. Semburan geiser disebabkan oleh pelepasan tekanan secara tiba-tiba yang membatasi air panas di saluran sempit di bawah geiser.

Saat uap atau gelembung gas mulai terbentuk di saluran geiser, air panas tumpah dari lubang geiser. Tekanan jadi menurun di kolom air di bawahnya.

Air di kedalaman kemudian melebihi titik didihnya sehingga menguap. Akibatnya, lebih banyak air muncul dari saluran dan secara berkesinambungan menurunkan tekanan. Reaksi berantai ini berlanjut hingga geiser menghabiskan pasokan air mendidihnya.

Sumber: Britannica

Contoh Teks Eksplanasi 29: Ubur-ubur

Sengatan Ubur-ubur Paling Berbahaya

Sengatan ubur-ubur otak bisa menimbulkan korban jiwa. Karena itu, ia dijuluki makhluk laut paling berbisa. Namun, kasus kematian pada manusia disebabkan oleh sejumlah kecil saja dari total sekitar 50 spesies ubur-ubur kotak. Ubur-ubur kotak mematikan umumnya hidup di wilayah Indo-Pasifik dan utara Australia, seperti ubur-ubur kotak Australia (Chironex fleckeri).

Ubur-ubur kotak memiliki tentakel yang dilapisi jebakan biologis bernama nematocyst. Bagian ini berupa anak panah kecil berisi racun.

Orang dan hewan yang terkena sengatan ubur-ubur kotak dapat mengalami kelumpuhan, serangan jantung, hingga kematian dalam beberapa menit setelah disengat.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 30: Keringat

Keringat Manusia

Keringat adalah hasil produksi kelenjar di lapisan kulit dermis yang menguap untuk membuat tubuh tetap dingin. Kelenjar keringat ada di seluruh bagian tubuh.

Kelenjar ekrin menghasilkan sebagian besar keringat, terutama yang berair. Keringat yang dihasilkan berisi sedikit garam, protein, urea, dan amonia. Kelenjar ini terutama terletak di telapak tangan dan kaki, dahi, dan ketiak.

Sementara itu, kelenjar apokrin sebagian besar terletak di ketiak, selangkangan, dan payudara. Sekresi kelenjar ini lebih pekat setelah pubertas. Keringat ini muncul di area dekat folikel rambut sehingga baunya lebih tidak enak.

Sumber: Healthline, Better Health

Contoh Teks Eksplanasi 31: Api

Kenapa Kompor Mengeluarkan Api Biru?

Api tampak biru di kompor. Nyala api berwarna biru di kompor, meskipun api bisa berwarna merah dan kekuningan dari sumber api lainnya.

Warna nyala api rupanya berbeda-beda sesuai suhunya. Nyala api yang lebih panas dari kompor gas berwarna biru. Sebab, terjadi pembakaran molekul gas hidrokarbon. Gas terionisasi dan suhu api jauh lebih tinggi ketimbang pembakaran kayu.

Dalam pembakaran gas, api biru menandakan pembakaran sempurna dan tidak ada karbon monoksida yang dihasilkan.

Sumber: True Natural Gas

Contoh Teks Eksplanasi 32: Api

Api Kuning dan Hijau pada Kompor Gas

Api di kompor gas terkadang mengeluarkan nyala api berwarna kekuningan dan bahkan hijau. Namun, kondisi ini tidak baik pada pembakaran.

Api kompor gas berwarna biru menandakan pembakaran tidak sempurna gas hidrokarbon. Ketika ujung api berwarna kuning, atau api berwarna hijau, maka artinya gas tidak terbakar sempurna, pembakaran menghasilkan karbon monoksida, dan suhu tidak setinggi api biru.

Sumber: True Natural Gas

Contoh Teks Eksplanasi 33: Ikan

Apakah Ikan Tidur?

Mata ikan terlihat terus terbuka sehingga kerap disebut tidak tidur. Ikan sendiri tidak tidur dengan cara seperti mamalia darat, tetapi sebagian ikan tetap punya cara sendiri dalam beristirahat.

Saat beristirahat, ikan mengurangi aktivitas dan metabolismenya sambil tetapi waspada terhadap bahaya. Beberapa ikan mengapung diam di tempat saat istirahat. Beberapa ikan lain bisa juga istirahat di tempat yang aman, seperti di antara lumpur atau karang, atau semacam sarang pribadi.

Kendati tidak tidur sama seperti mamalia dan manusia dalam artian menutup mata, istirahatnya ikan juga memiliki fungsi pemulihan yang sama seperti tidurnya manusia.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 34: Salju

Terbentuknya Salju

Salju adalah kristal es kecil yang jatuh ke bumi. Bentuknya padat, memiliki permukaan datar, dan bersudut tajam.

Salju terbentuk dari uap air di awan. Uap air merupakan gas. Jika awan dingin, uap air akan membeku sehingga membentuk kristal es. Di suhu −40 °C hingga 0 °C, uap air mengkristal di sekitar serpihan debu di awan. Pada suhu yang lebih rendah lagi, uap air langsung membeku menjadi kristal es.

Kristal es bisa bertahan di awan. Namun, jika cukup berat, kristal es ini bisa jatuh ke tanah. Saat jatuh, kristal es dapat menggumpal bersama kristal es lainnya untuk membentuk kepingan salju. Satu kepingan salju dapat berisi sebanyak 100 kristal es. Namun, beberapa kristal es saja yang jatuh juga disebut sebagai salju.

Sumber: Britannica Kids

Contoh Teks Eksplanasi 35: Hutan Hujan

Pentingnya Hutan Hujan untuk Ketersediaan Air Bumi.

Hutan hujan membantu menjaga siklus air dunia. Hutan ini menambahkan air ke atmosfer melalui proses transpirasi yang menciptakan awan. Air yang dihasilkan di hutan hujan mengalir ke seluruh dunia. Uap air yang dihasilkan di hutan Afrika dapat jatuh sebagai hujan di Amerika.

Hutan hujan menyimpan air seperti spons besar. Contoh, hutan Amazon sendiri menyimpan lebih dari separuh air hujan di Bumi. Pohon hutan hujan mengambil air dari lantai hutan dan melepaskannya kembali ke atmosfer dalam bentuk kabut dan awan yang berputar-putar.

Tanpa hutan hujan yang terus-menerus mendaur ulang air dalam jumlah besar, memberi makan sungai, danau, dan sistem irigasi, maka kekeringan akan menjadi lebih sering terjadi. Akibatnya, muncul risiko kesulitan pertanian, kelaparan, dan meluasnya penyakit.

Sumber: Rainforest Concern

Contoh Teks Eksplanasi 36: Bintang Jatuh

Fenomena Bintang Jatuh dan Hujan Meteor

Bintang jatuh atau shooting stars adalah meteor, yaitu batu di ruang angkasa (meteoroid) yang memasuki atmosfer planet dengan kecepatan tinggi dan terbakar. Ujungnya yang terang terlihat seperti ekor yang membuat efek melesat jatuh sehingga meteor disebut sebagai bintang jatuh oleh orang pada umumnya.

Beberapa bintang jatuh per jam pada malam-malam tertentu. Jumlahnya kadang meningkat secara drastis sehingga disebut sebagai hujan meteor. Hujan meteor terjadi setiap tahun atau secara berkala saat Bumi melewati jejak puing-puing berdebu yang ditinggalkan oleh komet.

Meteor paling terkenal adalah Perseids. Fenomena hujan meteor ini mencapai puncaknya pada bulan Agustus setiap tahun. Setiap meteor Perseid adalah bagian kecil dari komet Swift-Tuttle, yang berayun melewati Matahari setiap 135 tahun.

Sumber: Solar System NASA

Contoh Teks Eksplanasi 37: Cincin Saturnus

Cincin Saturnus

Saturnus dikitari objek ruang angkasa yang disebut cincin Saturnus. Cincin Saturnus terdiri dari miliaran bongkahan kecil es dan batu yang dilapisi bahan lain seperti debu. Partikel cincin Saturnus sebagian besar berkisar dari butiran es kecil seukuran debu hingga bongkahan sebesar rumah. Beberapa partikel bahkan sebesar gunung.

Partikel cincin Saturnus bergerak dalam kecepatan berbeda-beda. Sebab, mereka memiliki orbit berbeda-beda sesuai kedekatannya dengan Saturnus. Makin dekat dengan Saturnus, makin cepat pergerakannya.

Sumber: Solar System NASA

Contoh Teks Eksplanasi 38: Menyelam

Bagaimanan Tubuh Manusia Menyelam di Kedalaman?

Penyelaman dalam adalah penyelaman yang melebihi 18,28 meter. Penyelam andal bisa menyelam hingga 12 meter untuk menjelajahi terumbu bawah air, sementara sebagian perenang dapat menyelam bebas di kedalaman 5 meter.

Saat menyelam bebas, tubuh mengalami beberapa perubahan untuk membantu masuk ke lingkungan baru (aklimatisasi). Detak jantung melambat hingga 25 persen. Penyelam berpengalaman dapat mengurangi detak jantung mereka hingga lebih dari 50 persen.

Mengatasi tekanan di dalam air, tubuh memungkinkan organ vital tetap berfungsi dengan baik dengan mengalirkan darah ke bagian terpenting. Kondisi ini disebut sebagai vasokonstriksi perifer. Paru-paru mengkompensasi tekanan berlebih dengan mengembang seperlunya untuk memungkinkan perubahan dalam tubuh.

Sumber: Koox Diving

Contoh Teks Eksplanasi 39: Penguin

Apakah Penguin Bisa Terbang?

Sebagai burung, penguin punya sepasang sayap dan sepasang kaki. Namun, sayap penguin tidak membuatnya bisa terbang.

Struktur sayap penguin berevolusi untuk berenang, bukan terbang. Saking mahirnya, penguin bisa berenang dengan kecepatan 24-40 km per jam.

Karena kemahiran berenang dengan sayapnya, penguin nyaman menghabiskan 75 persen hidupnya di air. Sementara itu, penguin sebagai burung tetap bertelur dan membesarkan anak-anaknya di daratan Belahan Bumi Selatan.

Sumber: Ocean Service NOAA

Contoh Teks Eksplanasi 40: Estuari

Estuari, Tempat Pertemuan Air Tawar dan Air Asin

Ketika air sungai bermuara ke laut, maka muaranya disebut estuari. Estuari dan lahan basah di sekitarnya adalah kumpulan air yang biasanya ditemukan di tempat pertemuan sungai dengan laut.

Estuari menjadi rumah bagi tumbuhan dan hewan unik yang telah beradaptasi dengan air payau, yakni campuran air tawar yang mengalir dari daratan dan air laut yang asin.

Estuari menjadi andalan hewan liar untuk mendapatkan makanan, berkembang biak, dan singgah saat migrasi. Karena itu, estuari juga menjadi tempat pembibitan bagi banyak spesies burung, ikan, dan hewan-hewan air payau lainnya.

Sumber: Ocean Service NOAA



Simak Video "Momen Jackson Wang Minta Belajar Bahasa Indonesia di Panggung HITC 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia