Apakah Air di Bumi Bisa Habis? Ini Jawabannya

Apakah Air di Bumi Bisa Habis? Ini Jawabannya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 26 Nov 2022 08:00 WIB
Warga menikmati keindahan sungai Sembra Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Selasa (1/11/2022). Sungai Sembra menjadi salah satu tujuan wisata air di Kabupaten Sorong Selatan dengan nuansa keindahan air tawar berwana biru kehijauan, dan tempt yang Sejuk. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/hp.
Foto: ANTARA FOTO/OLHA MULALINDA
Jakarta -

Keberadaan air membawa pengaruh besar bagi kehidupan makhluk di Bumi, baik itu hewan, manusia, maupun tumbuhan. Air digunakan secara terus-menerus dan tanpa henti.

Bahkan, manusia menggunakan air untuk banyak aktivitas, seperti makan, minum, mandi, memasak, dan lain-lainnya. Terlebih jumlah manusia kian meningkat seiring berjalannya waktu.

Walau begitu, air di Bumi tidak pernah abis. Padahal, air telah digunakan sejak ribuan tahun oleh seluruh makhluk di Bumi.

Apakah Air di Bumi Bisa Habis?

Faktanya, air di Bumi tidak akan pernah habis. Sebab, Bumi mengandung banyak senyawa H2O di lautan, danau, sungai, atmosfer, bahkan di area bebatuan bagian dalam Bumi, seperti dikutip dari Aqua Bliss pada Jumat (25/11/2022).

Tiga perempat dunia terdiri dari lautan. Belum lagi ada gunung gletser, es di kutub, dan lain sebagainya. Jadi, sebetulnya air atau H2O berlimpah banyak di Bumi dan tidak akan habis.

Tidak Semua Air Dapat Digunakan

Meski demikian, manusia bisa kehabisan air yang layak digunakan hingga mengalami penurunan cadangan air.

Hal ini disebabkan tidak semua air dapat digunakan dan masing-masing negara mengatur ketersediaan air dengan cara yang berbeda.

Menurut Cosmos Magazine, perubahan iklim juga memiliki dampak pada jumlah air yang bisa digunakan serta proses pembersihannya.

Sebagai contoh, di Australia pasokan airnya bergantung pada hujan. Tetapi, perubahan iklim dan cuaca ekstrem mengubah segalanya. Itu berarti, mereka akan lebih sulit mengandalkan sumber air yang diperoleh dari hujan.

Namun, mereka bisa saja menggunakan berbagai metode lain untuk mendapat pasokan air. Sebagai contoh, daur ulang air dan pabrik desalinasi.

Banyak Wilayah yang Masih Kekurangan Air

Walaupun jumlah air di Bumi tidak akan habis, masih banyak wilayah yang kekurangan air. Lebih tepatnya, jutaan manusia kekurangan air bersih, biasanya ini disebabkan beberapa daerah tidak memiliki infrastruktur untuk mendapatkan pasokan air yang berkelanjutan.

Kekurangan air dapat mempengaruhi kelangsungan hidup sekaligus mengkhawatirkan bagi manusia di dunia yang kian bertambah.



Simak Video "Warga Dompu Berebut Air Bersih, Sudah 2 Pekan Langka!"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia