Seni Grafis: Pengertian, Teknik, Unsur, dan Senimannya

Devita Savitri - detikEdu
Kamis, 24 Nov 2022 06:00 WIB
Pameran Grafis Bonaventura Gunawan dan 5 Juta Cukilan Kayunya
Foto: Bagus Kurniawan/ detikHOT/Seni Grafis: Pengertian, Teknik, Unsur, dan Senimannya
Jakarta -

Seni grafis adalah karya seni rupa yang mempunya bentuk dua dimensi dan dibuat dengan teknik cetak baik manual atau digital. Hal ini disebutkan dari Sumber Belajar Kemendikbudristek.

Grafis berasal dari bahasa Yunani "Graphein" yang berarti menulis atau menggambar. Sedangkan dalam istilah bahasa Inggris "Graph" atau "Graphic" berarti dapat membuat lukisan dengan cara ditoreh atau digores.

Pengertian Seni Grafis

Dalam buku Mengenal Seni Rupa Murni oleh Sapto Madijono seni grafis digolongkan dalam kegiatan seni rupa yang perwujudannya dalam bentuk dua dimensi (dwimatra). Proses penciptaan karya seni grafis dilakukan dengan bermacam-macam medium, proses, dan teknik cetak.

Sedangkan dalam buku Peradaban Batik oleh Ariesa Pandanwangi, dkk disebutkan seni grafis ternyata kurang diminati dibandingkan seni lukis. Alasannya, karena seni grafis tidak tercipta secara langsung melainkan perlu media atau bantuan alat.

Dengan berjalannya waktu, seni grafis mengalami berbagai inovasi dan kebaruan sehingga bisa tetap eksis sampai saat ini.

Teknik Seni Grafis

Sapto Madijono dalam bukunya menyebutkan dalam membuat karya seni grafis ada proses mencetak yang berlandaskan empat prinsip teknik cetak yaitu:

1. Teknik cetak tinggi yang memanfaatkan tinggian sebuah medium untuk mencetak.
2. Teknik cetak dalam membutuhkan medium plat alumunium yang akan dibentuk dengan benda tajam sehingga menghasilkan goresan yang dalam.
3. Teknik cetak datar menggunakan klise datar dengan prinsip saling menolak antara tinta dan air.
4. Teknik cetak saring menggunakan layar kain yang dilapisi bahan yang peka terhadap cahaya.

Unsur Seni Grafis

Seperti seni rupa lainnya, seni grafis memiliki dasar dan unsur-unsur penunjang seperti:

- Garis
- Bidang
- Tekstur
- Warna
- Bentuk
- Ruang

Seniman Seni Grafis

Dalam buku Peradaban Batik, menyebutkan tiga seniman grafis yang dalam elemennya terdapat motif batik, yaitu sebagai berikut:

1. B Gunawan
B Gunawan merupakan seniman grafis berasal dari Yogyakarta yang memiliki spesialisasi teknik cetak tinggi. Ia termasuk dalam seniman yang masih eksis hingga saat ini.

2. Muhammad Yusuf
Tak beda jauh dari B Gunawan, Muhammad Yusuf merupakan seniman grafis lulusan ISI Yogyakarta. Karya-karyanya kebanyakan juga menggunakan teknik cetak tinggi.

3. G. Sidharta Soegijo
Ia merupakan seniman patung yang termasyur sekaligus seni grafis yang mahir dalam cetak sablon.

Seni grafis diciptakan dengan penuh keistimewaan. Salah satu fungsinya adalah sosial dengan demikian banyak dijadikan lahan usaha oleh para senimannya. Jadi sudah semakin tahu kan detikers?



Simak Video "Pemasangan Badan Patung Wisnu Murti di Tabanan Hampir Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia