Jenis Pameran Seni Rupa Lengkap dengan Fungsi dan Tujuannya

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 14:30 WIB
Sejumlah pengunjung menikmati pameran seni Indonesian Women Artist di Galeri Nasional, Jakarta, Sabtu (9/4/2022). Berkunjung ke museum menjadi salah satu kegiatan menjelang buka puasa atau biasa yang disebut ngabuburit.
Ilustrasi pameran seni. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pameran merupakan satu kegiatan penyajian karya seni yang dapat dilakukan oleh siapa saja untuk memperlihatkan hasil karya mereka. Dalam praktiknya, pameran dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok.

Biasanya pameran dimulai dengan adanya acara pembukaan dan diakhiri dengan acara penutupan. Pada proses pelaksanaannya, sebuah pameran dipimpin oleh seorang kurator yang berperan dalam menentukan arah serta tujuan pameran, menjelaskan tentang karya yang ada di pameran serta mengoleksi karya yang akan dipamerkan.

Mengutip dari buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX yang disusun oleh Sri Sudaryati dan Boiman, beberapa karya seni rupa yang kerap dipamerkan yaitu pameran lukisan, pameran patung, pameran kriya, dan pameran tekstil.

Pameran dibagi ke dalam beberapa jenis. Secara umum, jenis pameran digolongkan berdasarkan karya yang dipamerkan, jumlah pesertanya, waktu dan tempat pelaksanaan pameran.

Jenis Pameran Berdasarkan Jenis Karyanya

Jika digolongkan berdasarkan jenis karyanya, jenis pameran dibagi menjadi dua kelompok, di antaranya adalah:

1. Pameran Homogen

Jenis pameran ini memamerkan satu jenis karya saja, sesuai dengan namanya yakni homogen. Contoh dari jenis pameran ini yaitu pameran lukisan, pameran patung, pameran seni grafis dan lain sebagainya.

2. Pameran Heterogen

Pameran heterogen memamerkan banyak jenis karya seni, tidak hanya satu. Misalnya seperti pameran seni rupa yang menampilkan berbagai macam karya, baik itu patung, batik, lukisan dan lain lain.

Jenis Pameran Berdasarkan Jumlah Peserta

Berdasarkan jumlah pesertanya, jenis pameran dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

1 Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran yang dilakukan secara perorangan. Jadi, karya yang dipamerkan hanya karya satu orang.

2. Pameran Kelompok

Pameran kelompok berarti pameran yang dilaksanakan oleh lebih dari satu orang. Bahkan, cenderung dengan anggota kelompok.

Jenis Pameran Berdasarkan Ruang Tempat Pelaksanaan

Jenis pameran jika digolongkan berdasarkan tempat pelaksanaannya terbagi menjadi dua, di antaranya adalah:

1. Pameran Indoor

Pameran indoor berarti dilaksanakan di dalam ruangan tertutup. Pameran indoor biasa bertempat di gedung atau museum sekalipun.

2. Pameran Outdoor

Pameran outdoor dilaksanakan di luar ruangan. Biasanya karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini cenderung tahan akan suhu ruangan terbuka, seperti patung batu.

Fungsi dan Tujuan Pameran

Setelah mengetahui jenis pameran, pelaksanaan pameran juga memiliki fungsi dan tujuannya masing masing. Dikutip dari sumber yang sama, berikut merupakan fungsi dan tujuan pelaksanaan pameran.

1. Fungsi Apresiasi

Fungsi apresiasi berarti memberikan kesadaran terhadap nilai nilai seni dan budaya. Dengan adanya apresiasi, karya seseorang akan dinilai, dihargai, dipahami, dan dinikmati sehingga menimbulkan rangsangan positif.

2. Fungsi Edukatif

Fungsi edukatif pada pameran yaitu dapat mendidik manusia tentang nilai estetika dan seni budaya. Tak sampai disitu, adanya pameran juga melatih kepekaan terhadap rasa, cipta, dan karsa.

3. Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi dari pameran seni rupa yaitu sebagai sarana hiburan.

4. Fungsi Prestasi

Fungsi prestasi maksudnya sebagai ajang untuk memperlihatkan prestasi yang dicapai oleh seseorang dalam bidang seni.

Adapun, tujuan dari pameran sendiri yaitu lebih kepada tujuan sosial dan kemanusiaan. Artinya, tujuan dari diadakannya pameran untuk menggalang dana kemanusiaan atau membantu masyarakat lain.

Selain itu, ada juga tujuan komersial. Tujuan ini dimaksudkan untuk menjual karya seni yang dipamerkan.

Lalu, ada yang namanya tujuan pendidikan. Pada tujuan yang satu ini, pameran biasa diselenggarakan di sekolah dengan cara memamerkan karya siswa.



Simak Video "Sensasi Berkunjung ke Pameran Pop Art NFT di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia