7 Peradaban Tertua di Dunia dan Peninggalannya

7 Peradaban Tertua di Dunia dan Peninggalannya

Putri Tiah Hadi Kusuma - detikEdu
Senin, 21 Nov 2022 18:30 WIB
IZMIR, TURKIYE - MAY 13: A view of the Ephesus Ancient City in Izmir, Turkiye on May 13, 2022. The number of visitors in the Ancient City of Ephesus, which is on the UNESCO World Cultural Heritage List, approached 10,000 daily with the decrease of the effects of the Covid-19 and the revival of cruise tourism. (Photo by Mahmut Serdar Alakus/Anadolu Agency via Getty Images)
Peninggalan peradaban Yunani kuno di Ephesus, kini jadi bagian wilayah Turki. Foto: Mahmut Serdar Alakus/Getty Images
Jakarta -

Catatan sejarah membuktikan beberapa suku, dinasti, dan kelompok masyarakat sudah terlebih dulu membangun peradaban tinggi yang kemudian jadi peradaban tertua di dunia.

Peradaban tinggi yang berada di suatu tempat memiliki keunikan yang berbeda-beda. Peninggalannya masih ada hingga kini dan masih bisa kita lihat. Apa saja?

Peradaban Tertua di Dunia

1. Peradaban Lembah Sungai Kuning

Peradaban bangsa Cina kuno berada di lembah sungai kuning (Hwang-Ho atau Huang-He). Sungai Hwang-Ho disebut sungai Kuning karena membawa material lumpur kuning di sepanjang alirannya.

Sungai Kuning bersumber dari daerah pegunungan Kwen-Len di Tibet. Airnya mengalir melalui daerah di pegunungan Cina Utara dan bermuara di teluk Tsii-Li, Laut Kuning, seperti dikutip dari buku modul Master Kisi-Kisi SBMPTN Soshum 2019 oleh Tim King Eduka.

Peradaban sungai Kuning sangat penting karena di tempat inilah dimulainya dinasti awal Cina oleh Kaisar Kuning pada sekitar 2700 SM.

Peradaban sungai Kuning juga meninggalkan hasil-hasil karya pikiran manusia, dikutip dari Geografi Sejarah Peradaban Dunia Kuno oleh Yulian Widya Saputra. Beberapa di antaranya yaitu Tembok Besar, bahasa dan aksara berupa tulisan gambar, patung terakota dari Dinasti Qin, ajaran Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse.

2. Peradaban Mesopotamia

Mesopotamia terletak di antara dua aliran sungai Tigris dan Eufrat. Kata mesopotamia sendiri berasal dari kata Yunani kuno mezo yang artinya tengah dan potamus yang artinya sungai.

Peradaban superior pertama di Mesopotamia dimulai dari bangsa Sumeria pada zaman neolitikum. Orang-orang Sumeria ini diperkirakan datang dari kawasan perbukitan sebelah timur laut Mesopotamia sebelum tahun 4000 SM, dikutip dari jurnal Mesopotamia dan Mesir Kuno: Awal Peradaban Dunia oleh Mustofa Umar.

Selain bangsa Sumeria, bangsa-bangsa lain yang pernah mengembangkan peradabannya di Mesopotamia adalah Akkadia, Babilonia, Assyria, dan Babilonia Baru.

Peninggalan dari peradaban Mesopotamia antara lain tulisan paku dan sistem penanggalan 1 tahun = 365 hari, 1 hari = 24 jam, 1 jam = 60 menit, 1 menit = 60 detik, seperti dikutip dari buku modul Ringkasan SBMPTN TKD Soshum oleh Tim King Eduka.

3. Peradaban Lembah Sungai Nil, Mesir

Mesir memiliki peradaban tinggi pada tahun sekitar 4000 SM.

Ketika mengunjungi Mesir sekitar tahun 350 SM, ahli sejarah dari Yunani Herodotus mengatakan, Mesir tidak akan maju tanpa adanya sungai Nil. Pernyataan Herodotus tersebut mendukung bahwa peradaban Mesir Kuno terbentuk di kawasan Sungai Nil.

Selain itu, Nil juga merupakan sungai terpanjang di dunia. Panjangnya yang sejauh 6.400 km, mengalirkan air dari arah selatan ke utara, bermuara ke Laut Tengah. Ketersediaan ekosistem sungai memungkinkan peradaban Lembah Sungai Nil bertahan hidup, seperti dikutip dari Sungai sebagai Wadah Awal Munculnya Peradaban Umat Manusia oleh Nurlidiawati.

Tetua masyarakat di Lembah Sungai Nil diberi gelar Pharaoh (Firaun). Sebutan tersebut melahirkan bentuk kekuasaan tuan tanah dan menjadi cikal bakal lahirnya raja-raja Mesir.

Bentuk-bentuk peninggalan peradaban Mesir kuno ini antara lain piramida, sphinx, mumifikasi, tembikar glasir bening, pembuatan kapal, ilmu matematika, dan lain-lain.

4. Peradaban Sungai Indus

Peradaban India kuno dimulai dari Lembah Sungai Indus sekitar tahun 3000 SM. Kebudayaan lembah sungai Indus merupakan zaman prasejarah karena belum mengenal tulisan. Sekitar 1500 SM, setelah masuknya bangsa Arya sebagai pendatang baru dari Asia Tengah, baru ditemukan bukti-bukti berupa tulisan.

Mohenjo-Daro dan Harappa merupakan pusat peradaban bangsa India pada masa lampau. Mohenjo-Daro merupakan ibu kota lembah sungai bagian selatan, sedangkan Harappa ibu kota bagian Utara.

Mohenjo-Daro dan Harappa mempunyai bentuk peninggalan berupa perencanaan kota yang tertata baik. Termasuk di dalamnya yaitu jalanan lurus dan lebarnya mencapai 10 meter, di kanan dan kiri terdapat trotoar, dan wilayah kota dibagi atas beberapa bagian atau blok.

Peninggalan perencanaan kota dari peradaban ini juga mencakup lorong-lorong serta jalan, dilengkapi saluran air dari rumah tangga ke sungai. Saluran air juga dijaga kebersihannya, seperti dikutip dari Green History.

5. Yunani Kuno

Sejarah peradaban Yunani kuno dimulai dari kehidupan masyarakat di Pulau Kreta pada tahun sekitar 2600 SM-1500 SM. Pusat pemerintahannya terletak di Knossus. Selain Knossus, ada juga kota-kota besar yang lain yaitu Phaestos, Tylissos, dan Hanos. Peradaban Yunani kuno juga tumbuh di Mycenae, Hellenik, Sparta, dan Athena.

Peradaban Yunani kuno mengundang banyak perhatian karena pengaruhnya di dunia. Contohnya seperti lahirnya filsafat dan ilmu pengetahuan, karya sastra seperti Illiad dan Odyssea oleh Homerus.

Peninggalan Yunani kuno lainnya yaitu seni bangunan dan seni pahat patung dari marmer dan tembaga, serta pembangunan kuil-kuil untuk tiap dewa-dewi Yunani.

6. Peradaban Maya

Peradaban Maya dimulai pada sekitar masa praklasik, sekitar tahun 1500 SM-300 M, berkembang pada masa klasik, dan bertahan sampai masa pascaklasik ketika penjajahan bangsa Spanyol sampai ke Yucatan.

Kebudayaan suku Maya mencapai masa keemasan pada periode klasik, sekitar 300 M - 900 M. Suku Maya sudah mengenal sistem pertanian atau bercocok tanam dan seni membuat bangunan.

Arsitektur peradaban Maya berkembang dengan adanya peningkatan mutu bangunan. Salah satu cirinya adalah pengembangan bangunan batu yang sebagian besar merupakan bangunan suci seperti kuil, seperti dikutip dari jurnal Tumbuh dan Runtuhnya Peradaban Suku Maya di Guatemala sejak 1500 SM-900 M oleh K. Amelia.

7. Peradaban Inca

Inca merupakan peradaban tertua di dunia dan peradaban tua terbesar di daerah Amerika Selatan sebelum era Columbus. Cakupan wilayahnya meliputi daerah yang sekarang ini berada di daerah Ekuador, Peru, dan Chile.

Pusat militer dan politik Inca berada di daerah Cusco (sekarang dalam wilayah Peru). Kaisar pertama Inca Paccuhitu membangun desa menjadi kota besar yang tertata. Piramida dan bangunan peninggalan suku Inca masih bisa dilihat di kawasan peradabannya, kendati kini terletak jauh di dalam kawasan hutan dan ketinggian.



Simak Video "Peneliti Temukan Sisa Peradaban Besar Suku Maya di Guatemala"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia