10 Negara Tertua di Dunia, Mayoritas Ada di Asia

10 Negara Tertua di Dunia, Mayoritas Ada di Asia

Kristina - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 10:00 WIB
Sepuluh hal tentang orang Mesir kuno yang bisa kita pelajari dari piramida
Mesir, negara tertua di dunia. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Ada lebih dari 190 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dari negara tersebut, negara tertua di dunia diketahui sudah ada sejak 6000 SM jika dilihat dari sejarah peradabannya.

Melansir Oldest, masyarakat peradaban awal, sekitar 6500 SM, mulai berhenti mempraktikkan kehidupan nomaden. Mereka mulai menetap di sebuah daerah dan mengembangkan wilayahnya. Kondisi ini menjadi cikal bakal pemikiran untuk mendirikan sebuah negara.

Negara Tertua di Dunia

Berikut 10 negara tertua di dunia berdasarkan sejarah peradabannya. Dari 10 negara, 5 di antaranya berada di wilayah Asia.

1. Mesir (6000 SM)

Negara tertua di dunia berdasarkan sejarah peradabannya adalah Mesir kuno. Para pemburu-pengumpul kala itu diketahui tinggal di Lembah Sungai Nil pada 6000 SM. Baru pada tahun 3100 SM, dinasti pertama Mesir mulai berdiri.

Dinasti Mesir pada saat itu dipimpin oleh raja Narmer. Di bawah kepemimpinannya, Namer mampu membangun kendali atas seluruh lalu lintas di Sungai Nil. Dia mendirikan ibu kota di Memphis, sebuah kota dekat Kairo modern.

Peradaban Mesir modern kemudian berdiri pada 1953 setelah Revolusi Mesir pada 1952.

2. India (3300 SM)

Negara tertua berdasarkan sejarah peradaban selanjutnya adalah India. Peradaban pertama dimulai di Lembah Indus sekitar 3300 SM.

Meskipun peradaban telah terbentuk pada waktu itu, namun bangsa India sepenuhnya terbentuk saat periode Veda, sekitar 1500-600 SM.

Peradaban Veda meletakkan dasar Hindu dengan teks Veda kuno serta beberapa aspek budaya dari anak benua India yang masih ada sampai sekarang. Kerajaan pertama diketahui berdiri pada tahun 1200 SM dan berlangsung hingga akhir periode Veda.

3. Afghanistan (3000 SM)

Peradaban Lembah Indus diketahui telah memiliki koloni di Afghanistan pada awal 3000 SM. Mereka mendirikan suatu kota yang terletak di dekat Kandahar modern bernama Mundigak.

Peradaban di Afghanistan mulai berkembang seiring datangnya orang-orang semi-nomaden dari Asia Tengah yang menetap di sana dan membawa budayanya.

4. China (2070 SM)

Dinasti China pertama, Xia, ditemukan pada 2070 SM. Dinasti tersebut berlangsung sejak 2070 SM hingga 1600 SM. Para sejarawan tidak menemukan catatan dari Dinasti Xia. Sejarah tertulis baru dimulai pada Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM).

Informasi mengenai keberadaan Dinasti Xia diperoleh dari buku-buku catatan sejarah seperti Bamboo Annals, the Classic of History, dan the Records of the Grand Historian. Dinasti China sendiri berlangsung hingga Dinasti Qing tahun 1912 sebelum akhirnya memulai peradaban modern, Republik Rakyat China.

5. Georgia (1500 SM)

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah Georgia. Peradaban di negara tersebut dimulai pada 1500 SM saat periode Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia. Kedua kerajaan tersebut memegang peranan penting selama zaman Perunggu Eurasia.

Keberadaan Kerajaan Colchis sering disebut-sebut dalam mitologi Yunani, tepatnya dalam kisah Bulu Domba Emas.

6. Ethiopia (980 SM)

Australopithecus afarensis diketahui menjadi penghuni paling awal di Ethiopia. Fosil manusia purba yang mirip kera yang kemungkinan merupakan nenek moyang manusia modern ini ditemukan di daerah tersebut selama jutaan tahun lalu.

Ketika peradaban mulai berkembang, masyarakat kemudian mendirikan kerajaan pertama yang bernama Dʿmt. Kerajaan ini berdiri sejak 980 SM - 400 SM. Orang

Orang-orang kerajaan ini mengembangkan skema irigasi, menggunakan bajak, menanam millet, dan membuat peralatan dan senjata dari besi. Kerajaan Dʿmt kemudian digantikan dengan Kerajaan Aksumite sekitar tahun 100 M dan berakhir sekitar tahun 940 M.

7. Yunani (800 SM)

Peradaban Yunani termasuk yang paling berkembang dalam sejarah. Peradaban paling awal mulai berkembang sekitar tahun 800 SM setelah bangkit dari Abad Kegelapan.

Orang-orang Yunani dikenal maju dalam bidang seni, puisi, dan teknologi, tetapi hal terpenting yang ditemukan selama periode ini adalah polis, atau negara kota. Kota Athena, ibu kota Yunani menjadi kota penting sejak sekitar 1000 SM.

Peradaban Yunani inilah yang kelak melahirkan kekuasaan Roma, Byzantine, dan Ottoman. Peradaban Yunani modern dimulai sekitar tahun 1821 setelah Revolusi Yunani.

8. Jepang (660 SM)

Orang-orang Jepang percaya bahwa berdirinya negara Jepang dimulai setelah Kaisar Jimmu naik takhta pada 660 SM. Namun, sejarawan tidak bisa memastikan kebenaran berita tentang kaisar awal tersebut. Mereka mencatat, orang-orang mulai tiba di Jepang dari daratan Asia sekitar 13000 SM.

Meskipun kisah Kaisar Jimmu kemungkinan besar adalah mitos, tetapi Jepang merayakan Hari Yayasan Nasional pada 11 Februari 660 SM sebagai penghargaan atas kenaikan Kaisar Jimmu pada tahun 660 SM.

9. Iran (550 SM)

Iran kuno yang dikenal sebagai Persia didirikan sekitar 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Cyrus II (Cyrus the Great) lah yang saat itu mendirikan Kekaisaran Persia setelah ia menaklukkan kerajaan Median, Lidia, dan Babilonia dan menguasai Iran.

Sebelum kemunculan kekaisaran tersebut, beberapa kelompok orang telah tinggal di daerah yang kemudian menjadi Iran.

10. San Marino (301 M)

Negara tertua di dunia berdasarkan peradaban selanjutnya adalah San Marino. San Marino juga sering disebut sebagai kota tertua di dunia karena telah menjadi negara berdaulat yang tidak pernah terputus sejak 301 M.

Negara ini resmi didirikan pada 3 September 301 M ketika Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano. Negara ini sangat makmur dengan sektor perekonomian utamanya didukung oleh keuangan, pariwisata, jasa, dan industri.



Simak Video "Pakar Nilai RKUHP Bila Disahkan Dapat Menghukum Para Pengkritik"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia