Ngeri! Ternyata Begini Cara Ular Piton Mencerna Aligator dalam Perutnya

Ngeri! Ternyata Begini Cara Ular Piton Mencerna Aligator dalam Perutnya

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 21 Nov 2022 10:00 WIB
Ular piton vs buaya
Foto: Marvin Mullar via Sina Mobile/Ilustrasi Ular Piton Memangsa Buaya
Jakarta -

Sebuah penemuan mengejutkan diungkap oleh ahli geosains, Rosie Moore. Dalam video yang ia bagikan melalui Instagramnya, seekor ular piton Burma berhasil menelan aligator dengan ukuran panjang sekitar 5 kaki.

Video yang berisi nekropsi ular piton tersebut telah ditonton lebih dari 400.000 kali. Kala itu, Moore dan rekan-rekannya di lab mengeluarkan alligator mati yang tubuhnya masih utuh di dalam perut ular piton.

Mengutip dari situs People, Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida (Florida Fish and Wildlife Conservation Commission) menjelaskan piton Burma adalah spesies yang legal ditangkap dan dibunuh. Ini dilakukan untuk menekan dampak negatif yang bisa disebabkan oleh predator tersebut.

Nekropsi mengenai ular piton Burma itu dilakukan oleh Moore setelah ada yang mengatakan sesuatu yang besar di dalam perut hewan tersebut.

Lantas, bagaimana cara ular piton memangsa aligator berukuran besar?

Teliti Pencernaan Ular Piton Melalui Sinar X Ray

Hal serupa juga pernah terjadi beberapa tahun lalu, seorang ahli biologi di University of Alabama mengambil gambar sinar-X mulai hari pertama hingga ketujuh untuk melihat proses pencernaan ular piton yang memakan aligator, seperti dilansir dari Daily Mail.

Hasilnya, gambar sinar-X itu menunjukkan bagaimana pencernaan ular piton bekerja keras untuk menghancurkan tubuh aligator dengan cepat.

Pada hari pertama, ilmuwan mengambil gambar x-ray dari ular piton saat mencerna aligator yang telah dimakannya. Ditampilkan pada gambar x-ray bahwa aligator menyebabkan tubuh ular piton membengkak saat mencernanya.

Tubuh ular piton yang diteliti sepanjang 1,4 meter. Ia mengalami perubahan yang cukup besar untuk mencerna aligator.

Profesor Stephen Secor bersama rekan-rekannya mengungkap fakta tentang organ-organ dalam ular piton yang mengalami peningkatan fungsi dan ukuran. Bahkan, usus kecilnya dibanjiri dengan enzim dan asam yang kuat.

Sementara itu, laju metabolisme ular piton meningkat hingga 40 kali lipat, ini tergantung pada makanan yang ia konsumsi.

Tubuh Aligator Mulai Rusak pada Hari Ketiga

Pada hari ketiga, peneliti mengungkap tubuh aligator sudah mulai rusak. Lalu, di hari keempat sebagian besar jaringan lunak dan tulang aligator telah dicerna oleh ular piton hingga menyisakan kulit dan kerangka yang keras untuk masuk ke usus besar dan dicerna lebih lanjut.

Di hari keenam, hampir seluruh tubuh aligator telah hancur dan dicerna secara sempurna pada hari ketujuh. Menurut Profesor Secor, piton Burma mampu melahap mangsa yang besarnya sama dengan ukuran tubuh mereka.

Setelah memangsa, jantung ular piton umumnya debaran jantung ular sanca meningkat hingga 40 persen, cara kerja pankreasnya meningkat 94 persen dan ukuran hatinya menjadi lebih besar dua kali lipat dari ukuran semula.

Umum Bagi Ular Piton Memangsa Sesama Reptil

Sangat umum bagi ular piton untuk memakan sesama reptil dengan berbagai ukuran. Namun, ketika ia melahap mangsa dengan ukuran yang lebih besar, justru piton jadi rentan terhadap serangan karena ia tidak bergerak ketika mencerna mangsa tersebut.

Setelah makan, pH lambung ular piton turun dari 7 menjadi 2 hanya dalam waktu 24 jam. Enzim termasuk pepsin mulai melarutkan jaringan lunak dan kerangka mangsanya dalam beberapa jam, sementara bakteri di usus hewan yang dimangsanya juga turut membantu proses pencernaan ular piton.

Setelah makan, ular piton bisa pergi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan tanpa perlu asupan lagi.



Simak Video "Petugas Damkar Evakuasi Ular Piton di Pelabuhan Cappa Ujung Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia