Ternyata Ini Alasan Bau Durian Menyengat

Ternyata Ini Alasan Bau Durian Menyengat

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 18 Nov 2022 11:00 WIB
7 Fakta Unik Durian Si Raja Buah, Ada yang Terjual Rp 719 Juta
Foto: Seasia/ilustrasi durian
Jakarta -

Durian adalah buah tropis yang banyak ditemukan di negara Thailand, Indonesia, Filipina, Brunei, dan Malaysia. Buah yang dijuluki sebagai 'Raja Buah' ini memiliki kulit berduri dan bau yang khas. Tahukah kamu kenapa bau durian begitu menyengat?

Durian disebut raja buah karena bentuknya yang besar dan berduri. Buah ini juga dikenal kaya rasa khas manis.

Meski begitu, banyak orang terutama di luar Asia Tenggara menghindari buah ini karena aroma yang sangat kuat. Bahkan, banyak dari mereka yang menghindar menyebut bau durian seperti bau busuk.

Karena itu, buah ini dilarang dibawa di banyak tempat, terutama hotel dan transportasi publik.

Kenapa Aroma Durian Sangat Menyengat?

Dilansir laman resmi IPB, bau yang dikeluarkan oleh durian ini pernah diteliti oleh sekelompok peneliti di Technical University of Munich di Jerman.

Menurut hasil penelitian tersebut, penyebab aroma durian yang sangat menyengat karena adanya kandungan asam amino langka yang disebut etionin.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa bau tersebut berasal dari senyawa kimia yang disebut ethanethiol. Tidak diketahui dengan jelas bagaimana senyawa itu diproduksi.

Sementara itu, studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa kandungan etionin pada durian akan meningkat saat buah matang dan kemudian buah melepaskan baunya yang menyengat.

Dampak Mengonsumsi Etionin dalam Durian

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa banyaknya kandungan etionin dalam buah durian bukan hanya penting untuk menelusuri asal bau saja.

Kandungan etionin juga perlu dipahami ketika dikonsumsi. Sebab, konsumsi etionin yang berlebihan bisa berdampak terhadap kesehatan.

Berdasarkan penelitian, memakan durian dalam jumlah besar dan berlebihan akan memperbesar risiko kerusakan hati.

Selain itu, konsumsi durian yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti obesitas, hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes.

Konsumsi durian yang berlebihan digambarkan peneliti dengan seseorang yang memiliki berat badan 70 kilogram dan memakan buah durian sebanyak 580 kilogram per sehari. Hal ini sangat jarang terjadi, karena rata-rata orang mengomsumsi durian 1-2 butir sehari.



Simak Video "Menikmati Cita Rasa Khas Durian di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia