8 Cara Menjawab Kekurangan saat Interview, Fresh Graduate Catat Ya!

8 Cara Menjawab Kekurangan saat Interview, Fresh Graduate Catat Ya!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 17 Nov 2022 19:00 WIB
Women offering new mortgage rates to the client
Foto: Getty Images/kate_sept2004/Ilustrasi 8 Cara Menjawab Kekurangan saat Interview
Jakarta -

Pada saat interview atau wawancara kerja, pertanyaan mengenai kekurangan diri biasanya tak luput dilontarkan oleh HRD. Pertanyaan ini bermaksud menguji apakah calon karyawan sudah mengenal dirinya sendiri atau belum.

Menjawab pertanyaan semacam itu juga tentunya memerlukan persiapan yang matang, terlebih untuk fresh graduate yang mungkin baru terjun ke dunia kerja.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips menjawab pertanyaan soal kekurangan diri pada waktu wawancara, dikutip dari InsertLive.

Cara Menjawab Kekurangan saat Interview Kerja

1. Lakukan Persiapan

Sebelum mengikuti wawancara, buatlah daftar kekurangan diri yang sekiranya dapat menjadi jawaban. Setelah itu, pilih jawaban yang paling bernilai positif dari sederet jawaban tersebut.

2. Menjawab dengan Disertai Penjelasan

Saat menjawab pertanyaan tentang kekurangan, beri penjelasan yang singkat tetapi jelas atas jawaban kalian.

3. Jangan Memberi Kesan bahwa Kekurangan Akan Menghambat

Sewaktu menjelaskan kekurangan diri, sebaiknya lontarkan jawaban dengan cara yang positif. Kalian juga harus bisa menerangkan bahwa kekurangan yang ada bisa diatasi dan tidak menghambat produktivitas saat bekerja.

4. Ubah Kekurangan Menjadi Kelebihan

Kalian bisa saja membuat HRD berpikir bahwa kekurangan yang dimiliki justru akan menguntungkan perusahaan. Sebagai contoh, jika kalian merupakan orang yang perfeksionis, maka kalian akan cenderung teliti dan memastikan seluruh proses dalam pekerjaan berjalan sesuai rencana.

5. Jawab dengan Jujur

Seperti disebutkan di atas, kalian bisa membuat daftar kekurangan diri sebelum melakukan interview dengan HRD. PIlihlah jawaban yang bisa dipertanggungjawabkan dan hindari berbohong kepada HRD.

6. Jangan Memilih Kekurangan Diri yang Berkaitan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Pada waktu memilih jawaban yang tepat soal kekurangan diri, sebaiknya jangan memilih jawaban yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya jika melamar sebagai humas, tentu sebaiknya tidak mengatakan bahwa kalian tidak mudah bersosialisasi. Pilihlah jawaban lain yang tidak berkorelasi dengan jabatan yang dituju.

7. Beri Contoh pada Waktu Menjawab

Menjawab pertanyaan mengenai kekurangan diri sebaiknya juga dilengkapi dengan contoh. Kaitkan contoh tersebut dengan posisi yang dituju dan sebutkan bagaimana kalian mengatasinya saat sedang bekerja.

8. Jangan Terlihat Meremehkan Diri Sendiri

Meski kalian tengah menjawab pertanyaan tentang kekurangan diri, sebaiknya tetap berikan jawaban dengan percaya diri. Hindari sikap seolah tidak yakin bisa mendapatkan pekerjaan yang dilamar.

Contoh Jawaban Interview tentang Kekurangan Diri

1. Saya adalah orang yang terlalu perfeksionis.

2. Saya sangat fokus pada detail.

3. Saya tidak bisa bekerja tanpa arahan yang jelas.

4. Terkadang saya sulit berkata "tidak".

5. Saya membutuhkan pengalaman lebih banyak tentang suatu pekerjaan.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang kekurangan diri pada waktu interview dengan HRD. Tips dan contoh kekurangan diri lainnya bisa dibaca di sini.



Simak Video "Fakta Kaleb J: Les Nyanyi dari Usia 3 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia