Sejarah Musik Pop: Asal Mula dan Perkembangannya di Indonesia

Sejarah Musik Pop: Asal Mula dan Perkembangannya di Indonesia

Cicin Yulianti - detikEdu
Selasa, 15 Nov 2022 10:30 WIB
Gelar Konser Tunggal, Ini 10 Momen Sheila On 7 Kompak Makan Bareng
Grup musik Sheila On 7 merupakan salah satu band musik pop Indonesia (Foto: Instagram/sheilaon7)
Jakarta -

Musik pop adalah nama lain dari musik populer. Musik pop memiliki unsur-unsur yang membuat para pendengarnya menjadi ketagihan untuk mendengarkan ulang.

Struktur dari musik pop biasanya lebih ringan dibanding genre musik lain misalnya rock. Selain itu, musik pop memiliki nada yang mudah untuk diingat dan tidak bosan untuk didengar. Lirik-lirik dari lagu yang diiringi musik pop menampilkan bahasa sehari-hari yang mudah dicerna telinga.

Musik pop menekankan pada kenikmatan bagi pendengarnya. Varian dari musik pop antara lain adalah jazz, blues, dan rap. Bagaimana sejarah musik pop sehingga bisa berkembang di Indonesia?

Asal Mula Musik Pop

Mengutip buku Seni Budaya untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas oleh Harry Sulastianto dkk, kata pop berasal dari singkatan popular. Musik pop pertama kali populer di Amerika Serikat pada tahun 1920. Saat itu muncul industri rekaman pertama kali yang merupakan penemuan dari Thomas Edison.

Musik ini dipakai sebagai pengiring dansa tango yang memiliki tangga nada minor dan nada yang melankolis.

Istilah musik pop sendiri dicetuskan pertama kali oleh seniman asal Inggris yakni Lawrence Alloway. Genre musik pop juga dipengaruhi oleh Afrika hingga Inggris.

Saat itu, musik-musik yang direkam dari berbagai genre yakni musik jazz, musik klasik, musik blues hingga musik tradisional. Setelah itu industri rekaman dan musik semakin banyak peminatnya, musik pop pun ikut berkembang.

Sejak tahun 1954, istilah musik pop menjadi sebuah hal yang banyak dinikmati kalangan anak muda. Adapun kalangan yang mempopulerkan musik pop adalah kalangan anak muda kulit hitam.

Musik pop yang populer tidak memiliki perkembangan sejarah yang berarti dalam hal perkembangan gramatika musiknya. Pada umumnya, komposisi dari musik pop bertolak dari sebuah gramatika yang sama.

Perkembangan Musik Pop di Indonesia

Perkembangan musik di Indonesia dipengaruhi oleh musik pop yang berasal dari kawasan Amerika atau musik pop Hollywood. Hal tersebut terbukti dengan popularitas sebuah lagu baru bisa diakui bila masuk ke dalam Top 100 Music Chart Billboard, dengan standar artis-artis pop Amerika.

Mengutip buku Pintar Bermain Biola dalam 1 Hari oleh Rhino Sanjaya (2016), selera musik pop selalu berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman. Pada tahun 1980-an, penyanyi Fariz RM memegang peranan penting dalam stagnasi pertama sejarah musik pop di Indonesia. Saat itu, terkenal dengan era musik cengeng.

Di era tahun 1990-an, band musik pop Indonesia yang hangat saat itu adalah Dewa. Kemudian pada tahun 2000-an, band musik pop Indonesia yang populer adalah Sheila On 7.

Menginjak tahun 2010-an, musik pop di Indonesia yang banyak digemari berasal dari band-band seperti ST12, Wali, Kangen Band, Nidji, Seventeen, dan lainnya. Dari sana bisa dikatakan bahwa inilah yang dinamakan musik pop yakni musik yang sebenarnya dan hanya digemari oleh masyarakat pada masa itu saja.

Hingga saat ini industri musik sudah banyak membesarkan penyanyi-penyanyi pop, karena lewat musik pop, penghasilan yang didapat sangat besar. Hal tersebut menjadi bagian dari usaha kaum kapitalis yang menjadikan kebutuhan manusia untuk memenuhi ruang khayalan mereka menjadi bisnis.

Perkembangan musik di Tanah Air pun semakin meluas terlebih saat hadirnya platform YouTube yang mampu melahirkan banyak penyanyi pop indie. Bagi mereka yang tidak dilirik oleh perusahaan musik komersial, maka YouTube menjadi solusi untuk unjuk bakat.

Kekuatan dari musik pop mampu membuat seseorang berhenti berpikir tentang realitas hidup mereka yang keras serta hambar, kemudian membawa mereka untuk menikmati musik-musik pop tersebut yang liriknya dapat menemani suasana hari pendengar.



Simak Video "We The Fest 2022 Kembali Digelar, Suguhkan Sensasi Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia