Mengenal Unsur-unsur Musik Beserta Penjelasan Teoritisnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 20 Jul 2022 09:30 WIB
Ilustrasi not lagu
Ilustrasi not lagu (Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas)
Jakarta -

Apakah kamu suka mendengarkan musik? Yap, musik adalah cabang dari seni yang menjelaskan mengenai suara dalam pola-pola yang mudah dipahami oleh manusia. Namun, apakah kamu tahu apa unsur-unsur musik?

Sebelum membahas mengenai unsur-unsur musik, kamu harus memahami terlebih dahulu pengertian musik.

Menurut buku Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik (1988) yang ditulis oleh Jamalus, musik adalah hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dari penciptanya.

Saat ini, kamu dapat dengan mudah menikmati berbagai karya seni musik di berbagai platform digital. Hal ini tentu menambah keterbukaan aksesibilitas bagi siapapun untuk mendengarkan karya seni musik dari berbagai penciptanya.

Setiap musik, memiliki pesan dan suatu visi-gagasan yang dikreasikan oleh penciptanya untuk disampaikan kepada para pendengar.

Hal ini dijelaskan dalam Kamus Musik (1992) oleh Soeharto bahwa seni musik adalah pengungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur.

Unsur-unsur Musik

Pada teori musik, untuk mengenali suatu karya seni musik maka harus ada beberapa unsur yang menghiasi di dalamnya. Berikut adalah unsur-unsur musik yang harus kamu tahu:

  • Melodi

Setiap musik pasti memiliki unsur melodi di dalamnya. Melodi adalah rangkaian atau urutan dari nada-nada di dalam irama. Nada-nada tersebut biasanya tersusun dalam satu kesatuan yang lebih besar. Jadi nada, irama dan bentuknya adalah unsur dasar dari melodi.

Melodi adalah serangkaian nada-nada dalam waktu tertentu yang dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu tertentu.

Secara psikologis, melodi memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu:

  • Kedekatan: Progresi tonal (nada-nada) dari not satu ke not yang lain dalam interval yang sempit.
  • Pengulangan: Pengulangan pada setiap elemen-elemen pada nada.
  • Finalitas: Berakhirnya atau kesan perasaan tiba, sampai, dan berlabuh pada satu titik.

  • Irama

Apa yang dimaksud dengan irama? Irama adalah pengaturan logis rangkaian bunyi berdasar lama dan singkatnya ia dibunyikan agar menghasilkan sebuah gagasan musikal.

Ada yang menyebut juga, ritme adalah nama lain dari irama.

Irama menjadi unsur dasar dalam musik yang terbentuk oleh bunyi dan diam dengan bermacam-macam cara yang membentuk suatu pola irama.

Pengaturan bunyi dari suatu waktu tertentu yang dapat dirasakan dan didengar dengan bermacam lama waktu yang membentuk pola irama.

Jadi bisa pula diartikan, pola irama adalah panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu. Pola irama disebut juga sebagai irama yang berulang. Karena hitungan pola irama beriringan dengan jumlah irama.

Cara menentukannya pola irama sebuah lagu seperti ini. Bila dalam sebuah lagu terdapat pengulangan irama sebanyak tiga kali, maka pola irama pada lagu tersebut adalah tiga.

Sedangkan bila pengulangan irama terjadi sebanyak lima kali, maka pola irama akan berjumlah lima juga. Irama ini juga bertalian dengan notasi irama, tanda diam, dan birama sebagai pola-pola dalam irama.

  • Harmoni

Harmoni adalah susunan pada dua atau tiga nada yang berbeda dari rendah dan tingginya yang dibunyikan secara serentak. Tahukah kamu bahwa harmoni merupakan pengetahuan tentang hubungan nada-nada dalam akord serta hubungan antara masing-masing akord.

  • Bentuk/Struktur

Bentuk atau struktur adalah susunan serta hubungan antara unsur-unsur musik dalam suatu lagu sehingga menghasilkan suatu komposisi atau lagu yang bermakna.

Bentuk atau struktur lagu tersebut ada yang dinamakan bentuk biner (dua bagian) yang diberi simbol AB. Bentuk biner ini dapat diperpanjang sehingga menjadi bentuk AAB, ABB, AABB.

  • Ekspresi

Pada saat melantunkan alat musik, maka penting sebuah ekspresi hadir sebagai perasaan dalam memainkan instrumen musik. Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa dari tempo, dinamik dan warna nada dari unsur-unsur pokok musik.

Dalam konteks ini, ada beberapa unsur dalam ekspresi. Berikut adalah penjelasannya:

  • Tempo: Tingkatan kecepatan sebuah komposisi dimainkan dalam beat atau ketukan per menit.
  • Dinamik: Tanda untuk menentukan keras lembutnya suatu bagian atau phrase kalimat musik.
  • Warna Nada: Bunyi yang terdengar bermacam-macam melalui sumber bunyi yang berbeda-beda.

Nah, itu adalah penjelasan secara teoritis dari unsur-unsur musik. Kira-kira alat musik apa yang dapat detikers mainkan?



Simak Video "16 Ribu Musisi Pecahkan Rekor untuk Konser Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia