Rendang Berasal dari Indonesia atau Malaysia? Ini Sejarahnya

Rendang Berasal dari Indonesia atau Malaysia? Ini Sejarahnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 14 Nov 2022 16:30 WIB
Apakah rendang tidak boleh dibuat dari bahan non halal?
Foto: iStock/ilustrasi rendang
Jakarta -

Beberapa orang Malaysia ternyata menganggap makanan rendang berasal dari negaranya. Pengakuan ini terlihat dari video yang beredar di media sosial milik konten kreator TikTok, Iben.

Dilihat dari akun TikTok @iben_ma (14/11/22), sang konten kreator terlihat mewawancarai beberapa orang Malaysia untuk menanyakan seputar rendang.

Semua orang menjawab tahu dan bahkan beberapa dari mereka menyebut rendang sebagai makanan favorit. Namun, saat ditanya darimana rendang berasal, mereka menjawab dari Malaysia dan bukan Indonesia.

Lantas dari mana rendang berasal? Berikut ini sejarahnya dikutip dari buku "Rendang nan Enak itu" karya S Metron Masdison.

Sejarah Asal Usul Rendang

Rendang adalah kuliner asli asal Minangkabau, Sumatra Barat. Orang Minang menyebut kuliner ini dengan nama "randang".

Asal katanya dari marandang, yang berarti memasak santan hingga kering secara perlahan. Rendang perlu dimasak lama hingga kuahnya kering.

Dalam catatan sejarah, tidak banyak bukti tertulis ditemukan. Namun jika merunut dari adat, makanan rendang telah ada di setiap upacara adat Minangkabau yang sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu.

Menurut sebuah catatan tertulis abad ke-19, disebutkan bahwa rendang muncul pada abad ke-16. Kala itu, orang Minang suka bepergian ke Selat Malaka dan Singapura.

Perjalanan lewat jalur air dan memakan waktu hingga sebulan atau lebih. Karena tidak ada tempat untuk kapal singgah, maka perantau menyiapkan makanan tahan lama yakni rendang.

Ada Sejak Masa Kerajaan hingga Era Belanda

Catatan lain juga menyebut bahwa rendang sudah ada sejak zaman Kerajaan Pagaruyung, tepatnya pada masa Raja Adityawarman (1347-1375 Masehi). Namun, daging yang digunakan saat itu adalah dari kerbau.

Adapun jika dilihat dari bentuknya, rendang juga diduga adalah perubahan dari kari, makanan khas India. Hal ini dikaitkan dengan kedatangan pedagang dari Gujarat, India yang ada sejak abad ke-14.

Pedagang Gujarat datang membawa rempah-rempah khas India. Oleh sebab itu, rendang dianggap bagian dari proses lanjutan dari kari yang lebih kering.

Kemudian keberadaan rendang juga tercatat dalam catatan tertulis orang Belanda bernama Kolonel Stuers pada tahun 1827.

Dalam catatannya, Stuers tak spesifik menyebutnya rendang, namun ia menyebut sebuah makanan yang dihitamkan dan dihanguskan. Ciri tersebut tentu cocok dengan ciri-ciri rendang yang memang dimasak hingga kering dan berwarna gelap.

Ditemukan di Negara Lain

Hingga saat ini, banyak rendang yang bisa ditemukan di negara lain termasuk negara Malaysia. Namun jika merunut catatan sejarah yang ada, asal usulnya tetap berasal dari Indonesia.

Rendang asli Minangkabau dan yang ditemukan di Malaysia pun memiliki perbedaan, demikian dilansir dari detikFood.

Perbedaan yang dimaksud antara lain tekstur rendang Indonesia yang cenderung lebih kering karena dimasak paling tidak selama 8 jam. Berbeda dengan rendang Malaysia yang lebih basah karena hanya dimasak selama 4 jam.

Jadi sudah jelas ya detikers bahwa rendang adalah makanan asli Minangkabau Indonesia.



Simak Video "Special Interview: Belajar dari Keteguhan Anwar Ibrahim"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia