Eksposisi Adalah: Ciri, Struktur dan Contohnya

Eksposisi Adalah: Ciri, Struktur dan Contohnya

Putri Tiah - detikEdu
Rabu, 09 Nov 2022 09:59 WIB
Ilustrasi contoh gaya gesek menulis atau anak belajar
Apa itu teks eksposisi? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Hakase_)
Jakarta -

Istilah eksposisi berasal dari kata 'ekspos' yang berarti memberikan dengan penjelasan atau analisis. Sebagai suatu teks, eksposisi adalah karangan bersifat informasi atau pengetahuan secara ringkas, jelas, padat, dan menarik untuk dibaca.

Eksposisi bersifat argumentatif sehingga untuk bisa menghadirkan satu sisi pembahasan yang kuat serta meyakinkan orang lain. Penulis membutuhkan bukti dari fakta, contoh, gagasan penulis, dan pendapat ahli.

Dalam perkembangannya teks eksposisi dapat dilengkapi dengan media visual seperti tabel, peta, grafik, dsb. Demikian dikutip dari Buku Ajar Bahasa Indonesia SMA/MA oleh Asyhari Dwi Rukmana dkk.

Ciri-Ciri Eksposisi

1. Gaya informasi yang mengajak atau membujuk

2. Menyampaikan teks secara lugas dan menggunakan bahasa baku

3. Bersifat objektif

4. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan

5. Penjelasan didasari data-data yang akurat

6. Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi dibangun oleh tiga struktur yang membangun teks menjadi sebuah teks eksposisi. Mengutip Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi oleh Dinda Husnul Khotimah

1. Tesis

Bagian pembuka untuk memaparkan pengenalan isu, masalah, gagasan utama, sudut pandang penulisan secara umum terkait topik yang dibahas. Sebab tesis digunakan sebagai pernyataan pendapat penulis alasan menulis teks eksposisi tentang topik tertentu.

2. Rangkaian Argumen

Berisikan informasi hasil temuan berdasarkan fakta yang terjadi, alasan pendapat logis, dan pendapat ahli.

3. Penegasan ulang

Penegasan ulang menjadi penutup untuk menarik kesimpulan dan memberikan penegasan terhadap pendapat awal.

Contoh Teks Eksposisi

Tesis

Bumi sedang mengalami berbagai masalah lingkungan serius. Ada enam masalah lingkungan yang utama ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemuskinan

Beberapa ahli menyimpulkan, bahwa masalah tersebut terjadi oleh praktik pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian alam. Padahal konsep adalah terpenuhi kebutuhan manusia hingga generasi mendatang

Rangkaian Argumen

Negara Indonesia menjadi negara yang pertama yang mengalami kesulitan penerapannya. Contohnya setiap tahun terjadi penebangan liar seluar 3.180.243 ha yang sama luasnya dengan 50 kali luas Kota Jakarta. Hal ini tentu menyebabkan flora dan fauna Indonesia menjadi punah. Kenyataan ini akan diikuti kehancuran alam dan bencana bagi manusia.

Penegasan Ulang

Masalah lingkungan perlu penanganan serius dan segera diatasi. Meskipun bencana alam lainnya tidak mungkin diatasi, paling tidak untuk mencari solusi agar kondisi bumi tidak semakin parah.

Bagaimana sudah mulai paham apa itu eksposisi? Selamat belajar!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia