Daftar Pulau dengan Bahasa Terbanyak di Indonesia, Papua Nomor Satu

Daftar Pulau dengan Bahasa Terbanyak di Indonesia, Papua Nomor Satu

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 06 Nov 2022 15:00 WIB
Focus on Indonesia on the Map. Source:
Foto: Getty Images/yorkfoto/pulau dengan bahasa terbanyak di Indonesia
Jakarta -

Indonesia terdiri dari berbagai pulau dengan bahasa daerah masing-masing yang beragam. Namun jika dilihat dari jumlah bahasanya, kira-kira pulau mana yang punya bahasa terbanyak?

Berdasarkan dari data Hasil Pemetaan Pusat Pengembangan dan Pelindungan (1991-2019), bahasa daerah di Indonesia yang telah diidentifikasi dan divalidasi sebanyak 718 bahasa dan 2.560 daerah.


Pulau Papua Terbanyak

Dari data tujuh pulau yang ada, pulau dengan wilayah terluas di Indonesia yakni Papua, menempati peringkat pertama. Papua memiliki 428 bahasa.

Sedangkan terbanyak kedua memiliki jumlah yang sangat jauh dengan Papua yakni pulau Maluku dengan 90 bahasa. Disusul ketiga ada Nusa Tenggara Timur dengan 72 bahasa.

Untuk melihat daftar lengkapnya, berikut urutan jumlah bahasa terbanyak di tiap pulau di Indonesia, dikutip dari Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra Kemdikbud RI.


7 Pulau dengan Bahasa Terbanyak di Indonesia:


1. Papua - 428 Bahasa

2. Maluku - 90 Bahasa

3. Nusa Tenggara Timur - 72 Bahasa

4. Sulawesi - 62 Bahasa

5. Kalimantan - 58 Bahasa

6. Sumatra - 26 Bahasa

7. Jawa - 10 Bahasa


Jumlah Bahasa Terbanyak di Dunia

Lembaga riset bahasa Ethnologue: Languages of the World telah merilis hasil riset tentang negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

Data tersebut hanya mengukur jumlah bahasa yang digunakan di setiap negara. Bukan untuk mengukur jumlah penduduk di suatu negara yang berbicara lebih dari satu bahasa.

Dalam peringkat tersebut, Papua Nugini menjadi negara dengan dengan bahasa terbanyak di dunia dengan 840 bahasa.

Jumlah ini bahkan lebih banyak dari seluruh wilayah kontinen di Eropa. Padahal per 2020 kemarin, penduduk di Papua Nugini tidak sampai menyentuh puluhan juta atau hanya berkisar 8,947 juta penduduk.

Kemudian di peringkat kedua ada Indonesia dengan 712 bahasa menurut riset Ethnologue. Jumlah tersebut belum termasuk data terbaru dari Peta Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang menyebut Indonesia punya 718 bahasa daerah dari 2.560 wilayah yang dipantau.

Nah, dengan jumlah bahasa yang terbanyak kedua di dunia, yuk selalu lestarikan bahasa detikers masing-masing!



Simak Video "Daftar Kenaikan UMP di Provinsi Jawa, Mana yang Paling Tinggi?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia