Ngeri! Radiasi Chernobyl Ubah Katak Hijau Jadi Hitam!

Ngeri! Radiasi Chernobyl Ubah Katak Hijau Jadi Hitam!

Anisa Rizki - detikEdu
Minggu, 06 Nov 2022 12:00 WIB
Katak hitam
Foto: Livescience
Jakarta -

Pada April 1986, terjadi bencana nuklir terparah sepanjang sejarah. Reaktor nomor 4 pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang ada di kota Pripyat, Ukraina meledak.

Partikel radioaktif berjumlah besar dilepaskan dalam ledakan tersebut hingga menyebar ke sepanjang perbatasan Ukraina, Rusia, Belarusia dan beberapa negara Eropa Timur lainnya.

Tragedi Chernobyl Merupakan Salah Satu Bencana Besar

Bencana Chernobyl termasuk ke dalam Level 7 berdasarkan International Nuclear and Radiological Event Scale (INES) yang berarti 'major accident' atau bencana besar.

Menurut laporan BBC, total ada sekitar 31 orang yang meninggal langsung dalam kejadian tersebut. Tragedi Chernobyl meninggalkan dampak jangka panjang, mulai dari anak-anak dan remaja yang menderita kanker tiroid, pohon-pohon di sekitar sana yang berubah menjadi coklat kemerahan serta peningkatan katarak dan albinisme di antara beberapa spesies satwa.

Kemunculan Katak Hitam

Berkaitan dengan itu, muncul juga mutasi aneh dari hewan, yaitu katak pohon berwarna hitam. Katak yang semula memiliki warna hijau berubah menjadi hitam gelap.

Dikutip dari SciTech Daily, katak hitam pertama kali ditemukan pada tahun 2016. Lalu, dilakukan penelitian untuk memeriksa secara rinci terkait perubahan warna pada katak hitam antara tahun 2017 dan 2019.

Selama 3 tahun, para peneliti menganalisis warna kulit punggung lebih dari 200 katak jantan yang ditangkap di 12 lokasi berbeda di Chernobyl. Lokasi-lokasi tersebut dipilih berdasarkan tingkatan radiasi.

Katak Hitam Mendominasi Area PLTN Chernobyl

Hasilnya, katak-katak yang ditemukan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl memiliki warna yang jauh lebih gelap ketimbang katak yang ditangkap di area lainnya. Bahkan, beberapa di antaranya berwarna gelap gulita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa katak Chernobyl mengalami proses evolusi yang cepat sebagai respons terhadap radiasi. Mereka dapat bertahan hidup lebih baik dari paparan radiasi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya populasi katak gelap di area Chernobyl.



Simak Video "Cegah Tragedi Chernobyl Terulang, Erdogan Pilih Bantu Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia