Hewan Bertelur: Ciri-ciri, Proses Pembuahan dan Contohnya

Hewan Bertelur: Ciri-ciri, Proses Pembuahan dan Contohnya

Cicin Yulianti - detikEdu
Selasa, 11 Okt 2022 16:00 WIB
5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya Selangit
Hewan bertelur atau Ovipar punya ciri-ciri apa saja? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanrawee Jinpanich)
Jakarta -

Salah satu cara berkembang biak yang dilakukan oleh hewan adalah bertelur atau sering disebut hewan ovipar. Hewan bertelur biasanya menaruh telur di dalam tubuh induk atau betina.

Mengutip dari buku Kelangsungan Hidup Organisme karya Keni Andewi, ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah:

  • Tidak memiliki kelenjar susu atau tidak menyusui anaknya
  • Dalam struktur wajah, hewan bertelur tidak memiliki daun telinga
  • Bentuk dari anak biasanya mirip dengan bentuk induknya
  • Janin tumbuh secara cepat
  • Janin mendapatkan makanan dari cadangan makanan yang terdapat di dalam telur tidak langsung dari induknya
  • Janin tidak tumbuh di dalam tubuh induk melainkan di luar tubuh atau dalam kata lain di dalam cangkang telur

Proses Pembuahan Hewan Bertelur

Pembuahan hewan bertelur atau hewan ovipar biasanya diawali dengan perkawinan antara jantan dan betina. Hewan jantan akan mengeluarkan sel sperma lalu bertemu dengan sel telur yang dikeluarkan betina.

Sel telur yang berhasil dibuahi akan menjadi telur yang terbungkus cangkang. Telur tersebut akan keluar dari tubuh betina. Proses berkembangnya janin dalam telur tersebut terjadi di luar tubuh sang induk.

Setelah janin sudah cukup dewasa, maka akan menetas lalu tumbuh menjadi hewan dewasa. Lama waktu telur menetas bisa tergantung pada jenis hewannya. Misalnya pada telur ayam membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari hingga akhirnya bisa menetas.

Contoh Hewan Bertelur

Hewan bertelur sering kita jumpai dalam keseharian. Contoh hewan bertelur atau hewan ovipar tersebut bisa dilihat dari beberapa kelompok berikut:

· Ikan

Hampir semua jenis ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam waktu sekali bertelur, biasanya ikan akan menghasilkan banyak telur.

Meskipun begitu, tidak semua ikan bertelur. Terdapat beberapa ikan yang melahirkan misalnya ikan molly, ikan swordtail, ikan platy, ikan guppy, dan ikan endler.

· Unggas

Hewan bertelur lainnya bisa dilihat dari jenis unggas. Hewan-hewan unggas yang bertelur contohnya adalah ayam, burung, itik dan angsa.

· Reptil

Kelompok hewan bertelur lainnya adalah reptil. Berbeda dengan salah satu dari kelompok unggas yakni ayam yang bisa bertelur tanpa jantan, hewan reptil melalui perkawinan terlebih dahulu hingga akhirnya bertelur.

Hewan bertelur dari spesies reptil ini misalnya adalah ular, buaya dan kadal.

· Amfibi

Hewan-hewan yang hidup di dua alam, darat dan air ini juga berkembang biak lewat cara bertelur. Contoh hewan bertelur dari jenis amfibi ini adalah katak.



Simak Video "Ratusan Hewan Liar di Kenya Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia