Tak Sekadar tentang Ekosistem, Begini Penjelasan Ekologi Selengkapnya

Tak Sekadar tentang Ekosistem, Begini Penjelasan Ekologi Selengkapnya

Devita Savitri - detikEdu
Jumat, 04 Nov 2022 12:02 WIB
Gua merupakan salah satu keajaiban alam yang penuh dengan formasi bebatuan dan ekosistem bawah tanah yang unik.
Gua merupakan salah satu keajaiban alam yang penuh dengan formasi bebatuan dan ekosistem bawah tanah yang unik. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Ekologi adalah ilmu yang mengkaji interaksi antar makhluk hidup ataupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekologi merupakan cabang dari ilmu biologi.

Yoga Priastomo dalam bukunya, Ekologi Lingkungan, menyebutkan bahwa istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel yang merupakan ilmuwan biologi asal Jerman pada tahun 1869.

Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani yakni oikos yang berarti rumah atau tempat untuk hidup dan logos yang berarti ilmu.

Dengan demikian, ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai keterkaitan antara organisme dengan lingkungannya, tak sekadar mempelajari ekosistemnya.

Ekosistem termasuk dalam ruang lingkup ekologi. Berikut cakupan ekologi lainnya.

Ruang Lingkup Ekologi

1. Spesies atau organisme

Individu merupakan satuan organisme yang teridentifikasi melalui susunan genetik, perilaku, karakter fisik, dan kemampuannya untuk berkembang biak dengan spesies lainnya. Ekologi mempelajari karakter tersebut.

2. Populasi

Populasi ditentukan berdasarkan jenis fisiografis area dan habitat terdekatnya. Ekologi mempelajari distribusi dan persebaran populasi melalui habitatnya. Contohnya, populasi rusa di pulau Jawa, populasi banteng di Ujung Kulor, dan sebagainya.

3. Komunitas

Perihal komunitas, ekologi memahami hubungan antara kompetitor, predator, mangsa, hingga suplai makanan. Tak hanya itu, ekologi akan menjelaskan pengaruh sebab akibat hubungan yang memengaruhi dan persebaran populasi komunitas.

4. Ekosistem

Ekosistem juga bisa disebut dengan sistem ekologi yang didefinisikan sebagai kelompok alam kompleks yang mengontrol komponen biotik dan abiotik lingkungan. Pada dasarnya, ekosistem dibagi menjadi dua tipe, yakni terestrial (daratan) dan ekosistem akuatik (perairan yang bukan hanya laut).

5. Biosfer

Biosfer merupakan tingkatan yang paling kompleks dalam ekologi karena membahas tentang seluruh ekosistem bumi dan hubungan timbal baliknya.

Prinsip dan Manfaat Ekologi

Ilmu ekologi memiliki prinsip memandang makhluk hidup sesuai dengan perannya masing-masing untuk menciptakan keharmonisan dan kesimbangan alam. Prinsip itulah yang membuat fungsi ekologi menjadi pedoman dasar dan utama dalam menanggulangi masalah lingkungan hidup.

Dalam kehidupan sehari-hari, mempelajari ilmu ekologi bermanfaat untuk upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan konservasi energi.

Terlebih, ekologi merupakan ilmu kompleks yang turut membahas tentang perilaku makhluk hidup dan peran manusia terhadap lingkungannya. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Serangan Zombie!"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia