Contoh Teks Moderator serta Struktur Lengkapnya

Contoh Teks Moderator serta Struktur Lengkapnya

Cicin Yulianti - detikEdu
Senin, 31 Okt 2022 12:30 WIB
Erina Sofia Gudono, calon istri Kaesang Pengarep, menjadi moderator Orasi Ilmiah di UGM, Selasa (4/10/2022).
Erina Gudino saat menjadi moderator orasi ilmiah di UGM. Berikut contoh teks moderator dan strukturnya. di Foto: Aditya Mardiastuti/detikJateng
Jakarta -

Sebuah acara diskusi atau seminar tak bisa berjalan dengan baik tanpa hadirnya seorang moderator. Untuk itu, contoh teks moderator dapat digunakan sebagai referensi memandu acara.

Berbeda dengan seorang MC yang mengatur keseluruhan acara, tugas seorang moderator adalah memegang kendali sesi tertentu pada acara tersebut.

Peran moderator sangat menentukan kesuksesan sebuah acara. Moderator biasanya muncul saat sesi materi yang merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah acara.

Tugas seorang moderator adalah memimpin, mengatur, dan memandu kegiatan diskusi, debat, atau talkshow. Ketika sesinya berlangsung, maka seorang moderator memiliki kuasa penuh atas sesi tersebut.

Moderator memiliki hak menentukan siapa yang boleh bertanya kepada pemateri, menentukan jumlah pertanyaan, dan menentukan waktu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta.

Untuk lebih memahami bagaimana moderator bertugas dan apa saja yang harus disampaikan oleh seorang moderator dalam sebuah acara, berikut contoh teks moderator dan strukturnya seperti dikutip dari Buku Ajar Publik Speaking oleh Nina Siti Salmaniah dan Ilma Saakinah Tamsil.

Contoh Teks Moderator dan Strukturnya

Pembukaan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi semuanya. Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat limpahan kasih sayang-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara webinar "Pekan Komunikasi" hari ini.

Ucapan selamat datang kepada narasumber dan peserta

Saya ucapkan selamat datang kepada narasumber hari ini dan juga adik-adik mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang berbahagia.

Uraian singkat latar belakang dan tujuan diskusi

Diskusi pada hari ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan kita terhadap masalah pandemi saat ini. Untuk itu, diskusi webinar kali ini akan membahas tuntas tentang pandemi dan bagaimana komunikasi dapat memenuhi kebutuhan dan hambatan yang terjadi saat ini.

Memperkenalkan narasumber/pembicara serta tema diskusi

Dalam acara webinar hari ini, kami mengundang Bapak Dr. Ali Nurdin yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi UIN Jombang dan juga seorang penulis buku berjudul Teori Komunikasi Interpersonal disertai Contoh Fenomena Praktis. Nantinya, beliau akan menyampaikan materi tentang komunikasi di era pandemi pada webinar hari ini. Tidak lupa juga, saya Ria Wuri Andary selaku moderator hari ini akan memandu acara hingga selesai.

Menentukan waktu dan mekanisme tanya jawab

Agar diskusi hari ini dapat berjalan lancar, untuk penyaji acara, kami persilahkan menyampaikan makalahnya selama 20 menit. Kepada peserta yang nanti ingin bertanya, kami beri waktu selama 10 menit setelah pemaparan materi selesai.

Mengundang narasumber untuk menyajikan materinya

Untuk mempersingkat waktu, saya persilahkan Bapak Dr. Ali Nurdin menyajikan materinya.

Membuat dan menyampaikan rangkuman inti presentasi

Pemaparan materi secara lengkap tadi sudah disampaikan oleh Bapak Dr. Ali. Pemaparan tersebut tentunya akan bisa merangsang kita untuk bisa menyadari pentingnya [.......] Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah [.......]

Mengundang peserta bertanya

Untuk memperjelas pemahaman materi hari ini, kami undang peserta yang hadir hari ini untuk bertanya. Kami buka untuk termin pertama dengan kesempatan tiga penanya.

Silahkan penanya nanti bisa menyebutkan nama dan asal instansi. Dimohon juga pertanyaan disampaikan secara singkat dan jelas. Untuk itu kami persilahkan untuk yang mau bertanya.

Ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta

Alhamdulillah, rangkaian acara webinar "Pekan Komunikasi" kali ini telah selesai. Semoga apa yang disampaikan oleh pemateri hari ini bisa bermanfaat sebagai pengetahuan dan kesadaran bagi kita semua dalam memaksimalkan komunikasi di tengah pandemi ini.

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Dr. Ali dan para hadirin mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang sudah hadir memeriahkan acara ini.

Menutup presentasi

Demikian acara webinar "Pekan Komunikasi" hari ini. Saya sebagai moderator memohon maaf jika ada kesalahan saat berlangsungnya diskusi. Selanjutnya, saya kembalikan kepada MC acara ini. Terima kasih banyak, wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia