Benarkah Beruang Suka Makan Madu? Ini Jawabannya

Benarkah Beruang Suka Makan Madu? Ini Jawabannya

Devi Setya - detikEdu
Senin, 31 Okt 2022 06:00 WIB
beruang
Ilustrasi beruang Foto: Getty Images/iStockphoto/sirichai_raksue
Jakarta -

Dalam serial kartun Winnie The Pooh digambarkan sosok beruang kuning yang suka makan madu. Bagaimana beruang dalam dunia nyata?

Beruang termasuk jenis hewan herbivora, ia pemakan segala. Makanan sehari-harinya meliputi tumbuhan, buah-buahan, serangga dan juga madu. Ya, madu termasuk salah satu makanan kesukaan beruang

Dilansir dari Science ABC (30/10/2022) beruang sangat suka makan madu. Bahkan bagi para peternak dan penangkar lebah madu, beruang menjadi salah satu hewan yang mengancam hasil panen madu.

Bukan hanya menyantap madu, beruang juga melahap seluruh bagian sarang dan bahkan lebah yang berusaha mempertahankan sarangnya. Jenis beruang Grizzly termasuk yang terkenal sering menyerang sarang lebah madu.

Beruang berburu madu saat akan 'hibernasi'

Beruang secara alami mengalami proses tidur nyenyak mirip hibernasi saat musim dingin tiba. Sebelum menjalani tidur panjang ini, beruang akan mengasup makanan dalam jumlah sangat banyak.

Menjelang musim dingin ini, beruang akan menyantap apapun, termasuk madu dan juga sarangnya. Proses tidur panjang bagi beruang ini menyebabkan mereka kehilangan sebagian besar cadangan energi.

Metabolisme tubuh beruang tetap aktif meskipun dalam keadaan tertidur. Selama periode ini beruang secara konsisten akan membakar empat ribu kalori dalam sehari. Oleh karenanya mereka akan makan dalam jumlah banyak sebagai cadangan energi.

Beruang akan mengkonsumsi sekitar 20.000 kalori sehari selama musim dingin. Dengan jumlah kalori ini, sistem metabolisme beruang dapat mengolah makanan menjadi cadangan lemak.

Madu bukan satu-satunya makanan yang dikonsumsi jelang tidur panjang. Selain madu, beruang juga makan bagian sarang, kepompong, larva, telur, dan juga lebah madu.

Setiap sendok makan madu mengandung kira-kira 65 kalori, jadi jika seekor beruang mempertahankan kebutuhan 5.000 kalori hariannya hanya dengan madu, mereka perlu mengonsumsi hampir 1,2 liter madu setiap hari.

Madu mengandung gula alami dalam jumlah besar, seperti fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa. Madu juga mengandung vitamin dan mineral. Kandungan protein pada madu tidak terlalu tinggi, namun zat gizi ini bisa didapatkan dari larva lebah dan juga lebah madu.

Beruang Tak Takut Sengatan Lebah

Tidak mudah mengambil madu dari sarangnya yang dikerumuni ratusan atau bahkan ribuan lebah. Tetapi bagi beruang, hal ini bukanlah perkara sulit.

Beruang memiliki bulu tebal di sekujur tubuhnya, bulu inilah yang akan melindunginya dari serangan lebah. Meskipun demikian, ada beberapa bagian beruang yang tetap akan merasakan sakit saat tersengat lebah. Bagian ini meliputi, wajah, hidung dan juga bagian mulutnya.

Meskipun demikian, beruang akan tetap berusaha mendapatkan madu-madu manis dari sarang lebah.

Selain berburu sarang lebah, beruang juga mengonsumsi berbagai makanan seperti buah, kacang-kacangan, ikan bahkan hewan seperti tikus.

Faktanya, tidak semua jenis beruang menyukai madu, semua tergantung habitat beruang itu sendiri. Sebut saja misalnya jenis beruang kutub, mereka tidak makan madu karena di kutub tidak ada sarang lebah.



Simak Video "Saat Petugas Taman Nasional Turki Selamatkan Anak Beruang Mabuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia