7 Arti Penting Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara

7 Arti Penting Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara

Cicin Yulianti - detikEdu
Jumat, 28 Okt 2022 13:30 WIB
Two entrepreneurs shaking hands after good deal in front of the indonesian and malaysian flags
Foto: Thinkstock/CreativaImages/ilustrasi hubungan internasional
Jakarta -

Hubungan internasional menjadi salah satu komunikasi yang penting bagi Indonesia di era globalisasi. Negara perlu menjalin hubungan dengan negara lainnya untuk berbagai kepentingan.

Dalam arti sempit, hubungan internasional adalah hubungan antar negara-negara. Hubungan ini harus dilandasi oleh sikap saling menghormati dan menghargai antara pihak-pihak yang terlibat.

Melalui hubungan internasional ini, setiap negara yang terlibat bisa saling melengkapi, sebagaimana dijelaskan dalam buku Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI oleh Drs. Tijan, M.Si. dan Drs. F.A. Sugimin, M.Kom.

Hubungan internasional juga bisa dimaknai sebagai fenomena sosial maupun bidang ilmu/studi. Sebagai fenomena sosial, hubungan internasional berbentuk konferensi internasional, perdagangan internasional atau diplomasi.

Sedangkan sebagai studi, hubungan internasional menjadi program studi di beberapa kampus.


Arti Penting Hubungan Internasional

Hubungan internasional terjadi dikarenakan ada kebutuhan satu sama lain. Oleh karena itu, setiap negara tidak bisa menutup kemungkinan dari berhubungan dengan negara lain.

Menurut Mochtar Kusumaatmadja, hubungan internasional muncul karena adanya kebutuhan yang disebabkan oleh pembagian kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata di dunia ini.

Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA/MA/SMK Kelas XI oleh Rima Yuliastuti dkk, berikut arti penting hubungan internasional bagi sebuah negara:


1. Menciptakan dan memelihara hubungan damai dan adil dengan negara lain

2. Mencegah atau menyelesaikan konflik, perselisihan, permusuhan, persengketaan yang mengancam perdamaian dunia

3. Mengembangkan cara menyelesaikan masalah melalui diplomasi atau perundingan yang berprinsipkan nilai-nilai etik

4. Membangun solidaritas antarnegara

5. Membantu negara lain yang sedang terancam hak kemerdekaannya

6. Berpartisipasi dalam menciptakan ketertiban dunia

7. Menjamin kelangsungan hidup suatu negara, kelangsungan keberadaan dan kehadirannya di tengah negara lain


Sarana-Sarana Hubungan Internasional

Adapun untuk melancarkan hubungan internasional, terdapat beberapa sarana. Menurut J. Frankel (1980) sarana-sarana tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Diplomasi

Diplomasi adalah segala bentuk kegiatan untuk menentukan tujuan dengan menggunakan kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut, menyesuaikan kepentingan nasional dengan negara lainnya, menyelaraskan tujuan nasional supaya berjalan dengan kepentingan negara lain dan menggunakan sarana dengan sebaik-baiknya.

Diplomasi sebuah negara dilakukan oleh Departemen Luar Negeri (Deplu) yang terdapat di ibukota negara penerima. Seseorang yang bertugas mewakili negara dalam hubungan diplomatik antar negara disebut diplomat.

2. Propaganda

Propaganda dilakukan untuk mempengaruhi emosi, pikiran, atau tindakan sebuah kelompok yang bertujuan untuk menjaga ketertiban dan perdamaian masyarakat umum. Propaganda bisa dilakukan melalui informasi apapun dan tidak terbatas oleh media.

3. Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Sarana ekonomi, sosial maupun budaya bisa disalurkan ketika ada momen damai, perang, maupun perdagangan internasional. Ketiga aspek tersebut bisa menjadi sarana memperkuat hubungan internasional.


4. Kekuatan Militer

Kekuatan militer mampu menjadi sarana yang kuat untuk memberikan kepercayaan terhadap sebuah negara. Pasalnya, kekuatan militer biasanya menjadi alternatif sarana ketika keadaan sedang genting misalnya ketika terjadi perang yang menandakan kondisi sebuah negara sedang kalut.

Nah, itulah arti penting hubungan internasional bagi suatu negara. Semoga menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Rusia dan China Makin Erat Jalin Poros Baru Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia