Daftar 13 Tokoh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Ada Kakek Dian Sastro

Daftar 13 Tokoh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Ada Kakek Dian Sastro

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 28 Okt 2022 11:00 WIB
Isi Sumpah Pemuda: Makna dan Sejarahnya 28 Oktober
Ilustrasi momen Kongres Pemuda II Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati Hari Sumpah Pemuda. Lahirnya Sumpah Pemuda berawal dari Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 yang digagas para pemuda Indonesia. Ada beberapa sosok yang paling berpengaruh, salah satunya adalah kakek dari aktris Dian Sastrowardoyo.

Melalui Kongres Pemuda II, sosok para pemuda ini terlibat dalam mencetuskan dan menyusun teks Sumpah Pemuda. Tak hanya ikrar atau janji para pemuda yang tertuang dalam Sumpah Pemuda, momen ini juga melahirkan lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan ini dinyanyikan untuk pertama kalinya.

Sejarah Sumpah Pemuda

Dikutip dari buku Sumpah Pemuda: Latar Sejarah dan Pengaruhnya bagi Pergerakan Nasional, bahwa sejarah sumpah pemuda melewati dua tahap yakni Kongres Pemuda Pertama dan Kongres Pemuda Kedua.

Sosok dari berbagai organisasi kepemudaan menggelar pertemuan yang kemudian dikenal sebagai Kongres Pemuda II. Kegiatan ini bertujuan untuk membicarakan rencana-rencana kolaborasi antar organisasi pemuda di berbagai daerah di Indonesia.

Kongres Pemuda Kedua ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antarpemuda pada saat itu. Soegondo Djojopoespito mengambil peran sebagai Ketua Kongres Pemuda II.

Pertemuan Kongres Pemuda Kedua terjadi pada tanggal 27-28 Oktober 1928 yang dihadiri sekitar 700 orang dari berbagai organisasi. Kongres ini dibagi dalam tiga rapat hingga dihasilkan rumusan dari beberapa poin tentang persatuan yang menjadi topik pembahasan.

Pada akhirnya poin-poin ini dirumuskan dalam teks Sumpah Pemuda.

Tokoh Sumpah Pemuda

Dikutip dari detikJatim, ada sejumlah tokoh yang ikut berperan sebagai panitia sekaligus merumuskan teks Sumpah Pemuda.

Berikut tokoh pada Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda:

1. Soenario Sastrowardoyo

Prof Mr Soenario Sastrowardoyo merupakan pemuda asal Madiun, Jawa Timur. Soenario berperan sebagai penasehat panitia dalam merumuskan Sumpah Pemuda dan pembicaranya.

Setelah Indonesia merdeka, Soenario menjadi anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Duta Besar Inggris. Soenario yang dikenal sebagai sosok sederhana ini juga merupakan kakek dari Dian Sastrowardoyo.

2. Amir Syarifuddin Harahap

Amir merupakan tokoh pemuda dari organisasi Jong Batak Bond dan aktivis yang sangat anti Jepang. Amir berperan sebagai Bendahara Kongres Pemuda II. Amir juga memberikan ide-ide brilian saat perumusan sumpah pemuda.

3. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin adalah pemuda asal tanah Minangkabau dan tokoh Jong Sumatranen Bond. Dia juga terkenal sebagai sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. M Yamin memberikan usulan agar Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar sumpah pemuda.

4. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid adalah tokoh pemuda dari Jong Java. Pada Kongres Pemuda II, Djoko Marsaid berperan sebagai wakil ketua Kongres Pemuda II.

5. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito berperan sebagai ketua yang memimpin jalannya kegiatan Kongres Pemuda II. Soegondo terpilih menjadi Ketua Kongres atas persetujuan Mohammad Hatta, karena ia adalah anggota Persatuan Pemuda Indonesia (PPI).

6. Johannes Leimena

Johannes Leimena adalah panitia Kongres pemuda I dan II. J Leimena merupakan pemuda dari Jong Ambon yang berprofesi sebagai dokter dan politisi.

Untuk melihat sosok pemuda lain yang juga berpengaruh pada momen Sumpah Pemuda, bisa lanjut membaca dengan klik DI SINI.



Simak Video "Kala Pelanggar Lalin di Bogor 'Dihukum' Baca Sumpah Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia