Kaunuhu Muridan, Sifat Ma'nawiyah bagi Allah SWT yang Wajib Dipahami

Kaunuhu Muridan, Sifat Ma'nawiyah bagi Allah SWT yang Wajib Dipahami

Rahma Harbani - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 06:00 WIB
muslim woman holding a golden paper  with Arabic calligraphy of Allah (Islamic God)
Ilustrasi. Kaunuhu Muridan adalah salah satu sifat yang ada bagi Allah SWT. (Getty Images/iStockphoto/ninitta)
Jakarta -

Tiap mukalaf wajib mengimani bahwa Allah SWT memiliki sifat wajib yang pasti dimilikiNya. Salah satunya adalah Kaunuhu Muridan yang termasuk dalam sifat Ma'nawiyah bagi Allah SWT.

Sifat Allah SWT menurut akidah Ahlussunah wal Jamaah meyakini, setidaknya ada 20 sifat wajib bagi Allah SWT. Kedua puluh sifat tersebut kemudian terbagi lagi ke dalam 4 bagian yakni sifat nafsiyah, sifat salbiyah, sifat ma'ani, dan sifat ma'nawiyah.

Menurut Mohamad Mahrusillah dalam buku Nusantara Bertauhid, sifat Ma'nawiyah adalah suatu kelaziman sifat ma'ani atau keaktifan dari sifat-sifat Ma'ani. Sifat Ma'nawitah menjadi satu kesatuan dengan Ma'ani karena tiap sifat Ma'ani tentu ada sifat Ma'nawiyah.

Sifat Ma'ani sendiri bermakna, sifat yang pasti ada pada Allah SWT dan dapat digambarkan oleh akal pikiran manusia hingga dapat meyakinkan orang lain karena dapat dibuktikan oleh panca indera. Sifat ini yang biasa dikenal dengan sifat wajib bagi Allah SWT seperti qudrat, iradah, ilmu, hayah, sama', bashar, dan lainnya.

"Sifat ilmu misalnya, pasti Dzat yang bersifat dengannya memiliki kondisi berupa kaunuhu 'aliman (keberadaannya sebagai Dzat yang berilmu)," tulis Mohamad Mahrusillah.

Mengenal Kaunuhu Muridan

Sifat Ma'nawiyah terdiri dari tujuh sifat di mana Kaunuhu Muridan menjadi salah satunya. Keterangan ini dilandasi dari penjelasan Kitab Kifayatul 'Awam karangan Syekh Muhammad Al Fudholi.

"Sifat ke-15 dari sifat-sifat Allah SWT yang wajib bagiNya Yang Maha Tinggi adalah Kaunuhu Muridan dan dia adalah sifat yang berdiri dengan Dzat Allah SWT dalam keadaan maujud dan tidak ma'dum. Dan ini dinamakan hal (ya'ni hal ma'nawiyyah)," tulis Syekh Muhammad Al Fudholi yang diterjemahkan Bahrudin Achmad.

Berdasarkan kitab tersebut, Kaunuhu Muridan disebut memiliki kemiripan dengan sifat iradah atau berkehendak bagi Allah SWT. Meski demikian, secara bahasa, Kaunuhu Muridan lebih bermakna keberadaan Allah Yang Maha Menentukan atau Berkehendak.

Bukti bahwa Allah SWT bersifat Kaunuhu Muridan termaktub dalam salah satu firmanNya yakni surah Hud ayat 107,

خٰلِدِيْنَ فِيْهَا مَا دَامَتِ السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُ اِلَّا مَا شَاۤءَ رَبُّكَۗ اِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُ

Artinya: Mereka kekal di dalamnya selama masih ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Melaksanakan apa yang Dia kehendaki.

Dalam ayat lain, Allah SWT menunjukkan sifat Kaunuhu Muridan dalam surah Yasin ayat 82. Untuk itu, mustahil bagi Allah SWT bersifat Kaunuhu Mukrahan yang artinya keberadaan Allah itu terpaksa atau dipaksa.

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Artinya: Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka, jadilah (sesuatu) itu.

Adapun ketujuh sifat Ma'nawiyah selengkapnya dapat disimak pada ulasan berikut:

1. Kaunuhu Qadiran artinya keberadaan Allah SWT Maha Kuasa

2. Kaunuhu Muridan artinya keberadaan Allah SWT Maha Menentukan

3. Kaunuhu 'Aliman artinya keberadaan Allah SWT Maha Mengetahui

4. Kaunuhu Hayyan artinya keberadaan Allah SWT Maha Hidup

5. Kaunuhu Sami'an artinya keberadaan Allah SWT Maha Mendengar

6. Kaunuhu Bashiran artinya keberadaan Allah SWT Maha Melihat

7. Kaunuhu Mutakalliman artinya keberadaan Allah SWT Maha Berkata-kata

Sifat Ma'nawiyah tersebut juga dapat disebut sebagai kelanjutan dari sifat Ma'ani bagi Allah SWT. Tugas muslim pada dasarnya mengimani bahwa Kaunuhu Muridan adalah sifat yang sudah pasti dimilikiNya.



Simak Video "Massa Aksi Bela Al-Qur'an Ancam Demo Tiap Jumat, Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia