Daftar Negara Asia yang Tak Pernah Dijajah Bangsa Eropa, Bisa Tebak?

Daftar Negara Asia yang Tak Pernah Dijajah Bangsa Eropa, Bisa Tebak?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 21 Okt 2022 14:00 WIB
Negara Bhutan
Foto: (BBC Travel)/Negara Bhutan yang tidak pernah dijajah
Jakarta -

Ada banyak negara di wilayah Asia yang mengalami penjajahan, termasuk Indonesia yang mengalami masa penjajahan oleh Belanda dan Jepang. Namun ternyata, ada juga negara di Asia yang tidak pernah dijajah, lo. Negara mana itu?

Melansir laman World Population Review, sebuah penjajahan bisa terjadi ketika satu negara mengambil alih tanah dan orang-orang dari negara atau wilayah lain serta menundukkan mereka untuk diperintah oleh pemerintahnya.

Ketika satu negara menjajah negara atau wilayah lain, biasanya akan mengeksploitasi tanah, sumber daya, dan orang-orang dari tanah terjajah untuk keuntungan ekonomi.

Oleh karena itu, banyak negara yang akhirnya mendeklarasikan Hari Kemerdekaan nasional dengan bersukacita bahwa mereka tidak lagi berada di bawah kekuasaan kolonial.

Namun berbeda dengan beberapa negara yang tidak pernah dijajah. Mereka bebas dari penundukan bangsa luar karena berbagai alasan.

Lantas negara di Asia mana saja yang tidak pernah dijajah? berikut ini daftarnya dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Daftar Negara yang Tidak Pernah Dijajah:


1. Jepang

Banyak sumber bisa menuliskan negara mana saja yang dikategorikan tidak pernah terjajah, namun banyak sumber selalu memunculkan negara Jepang.

Hal ini karena Jepang menjadi salah satu negara yang berhasil melawan penjajahan Eropa. Bahkan Jepang memenangkan Perang Rusia-Jepang pada 1950.

Tidak hanya lepas dari penjajahan, Jepang juga mengambil keuntungan selama Perang Dunia II. Jepang mengambil alih Korea dan Manchuria untuk menjadi bagiannya dan membuatnya memiliki kekuatan kolonial yang sulit dijajah.

2. Bhutan

Jika Jepang sulit dijajah karena wilayah dan kekuatan kolonialnya, negara Bhutan menjadi negara yang tidak dijajah karena alasan geografis.

Negara di Asia Selatan ini memiliki wilayah yang cukup terisolir karena berada di kawasan pegunungan tertinggi di duni yakni Himalaya. Hal itu yang membuat Bangsa Eropa kesulitan untuk menyerang negara tersebut.

3. Thailand

Mirip dengan Bhutan, Thailand juga tidak dijajah oleh bangsa lain karena alasan geografis. Thailand berada di wilayah buffer state atau negara pemisah di antara dua penjajah, yaitu imperialisme Inggris di Myanmar dan imperialisme Prancis di Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Namun, tidak hanya soal geografis. Strategi Raja Chulalongkorn saat itu juga membuat bangsa lain kesulitan menjajah.

Salah satu raja terbesar di Thailand tersebut berhasil melakukan upaya mencegah penjajahan dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan Eropa.

Dia juga melakukan diplomatik untuk menjalin hubungan dekat dengan Inggris dan Prancis sehingga meminimalisir peluang dijajah oleh Eropa.

4. Arab Saudi

Arab Saudi menjadi negara Asia Barat yang tidak pernah terjajah karena alasan geografis dengan kondisi gersang. Hal ini membuat Bangsa Eropa tidak tertarik untuk menguasai wilayah penghasil minyak bumi terbesar ini.

Selain itu, faktor kekuasaan Kerajaan Arab juga berpengaruh. Dimulai pada 1918, saat Kerajaan Ottoman berhasil meraih kekuasaan sebagian besar wilayah Arab Saudi.

Kemudian selama berdiri, Kerajaan Arab hanya diperebutkan oleh keluarga Kerajaan Arab sendiri.

5. China

Salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini, juga tidak pernah dijajah bangsa luar manapun. Hal itu karena adanya Kekaisaran China yang kokoh.

Dalam sejarahnya, Bangsa Eropa sebenarnya telah melakukan upaya untuk menguasai dunia, termasuk menduduki wilayah China.

Namun, Kekaisaran China tidak mudah ditaklukkan karena memiliki tentara dan pemerintahan yang kuat seperti Kekaisaran Ottoman.

Terlebih, Negeri Tirai Bambu ini memiliki wilayah geografis yang sangat besar sehingga sulit bagi Bangsa Eropa untuk melakukan penjajahan.

Nah, itulah sederet negara Asia yang tidak pernah dijajah. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.



Simak Video "Bukan Indonesia, Ini Negara yang Paling Banyak Produksi Mobil di ASEAN"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia