10 Negara dengan Jumlah Pohon Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

10 Negara dengan Jumlah Pohon Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 14:35 WIB
Hutan menyediakan oksigen tak ternilai dan menjaga keseimbangan populasi hewan. Berikut 8 hutan terbesar seantero bumi.
Ilustrasi pohon di hutan Foto: Getty Images
Jakarta -

Di dunia ada lebih dari 3 triliun pohon yang tersebar di berbagai negara. Sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Nature mengungkap negara yang memiliki pohon terbanyak di dunia.

Dilansir dari Tree Hugger (5/10) dalam jurnal Nature ini dijelaskan bahwa para peneliti awalnya mengira terdapat 400 miliar pohon di dunia, namun data ini ternyata keliru. Dalam perhitungan terbaru, jumlah pohon di dunia mencapai 3 triliun pohon alias 7 kali lipat dari perhitungan awal.

Jumlah 3 triliun pohon di dunia ini diperkirakan sudah berkurang sebesar 47% sejak awal peradaban. Lantas negara manakah yang memiliki pohon terbanyak di dunia?

Negara dengan Jumlah Pohon Terbanyak

1. Rusia

Rusia menjadi negara dengan jumlah pohon terbanyak di dunia. Menempati urutan pertama, Rusia memiliki lebih dari 642 miliar pohon. Menurut The Washington Post, para peneliti sudah melakukan analisis untuk jumlah pohon di Rusia.

Saat ini diperkirakan sekitar 45% dari daratan negara ini ditutupi oleh hutan. Tentu saja hal ini baik untuk lingkungan.

2. Kanada

Di urutan kedua ada Kanada dengan 318 miliar pohon. Sekitar 40% dari daratannya tertutup pohon, dan ini mewakili 30% hutan global. Pohon cemara termasuk yang paling melimpah di Kanada.

3. Brasil

Brasil berada di tempat ketiga dengan jumlah pohon 302 miliar. Hutan Amazon menjadi salah satu habitat bagi kekayan hayati di Brasil.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di urutan keempat dengan jumlah 228 miliar pohon. Sekitar 30% dari negara ini ditutupi dengan hutan yang asri. Alaska menjadi negara bagian yang paling banyak ditumbuhi pohon.

5. China

China memiliki 140 miliar pohon, yang mencakup sekitar 23% wilayahnya. Deforestasi menjadi masalah serius di China karena adanya pembangunan yang berjalan begitu cepat.

Pemerintah China telah mencoba untuk mengimbangi keberadaan hutan dengan proyek-proyek yang dimulai pada tahun 1978. Masyarakat mulai diimbau menanam pohon untuk menahan serangan Gurun Gobi.

6. Republik Demokratik Kongo

DRC memiliki 101 miliar pohon dan lebih dari 600 spesies pohon. DRC menjadi negara yang memiliki hutan dengan aneka tumbuhan langka di Afrika.

7. Indonesia

Indonesia memiliki hampir 81 miliar pohon, mencakup hampir 46% dari luas daratannya. Iklim hujan tropis menjadikan Indonesia memiliki tanah yang subur untuk ditumbuhi aneka pohon.

8. Australia

Australia memiliki 77 miliar pohon. Negara Kanguru ini dikenal sebagai tempat tumbuhnya berbagai pohon khas berkayu putih atau dikenal sebagai pohon karet. Daun pohon ini adalah makanan favorit koala.

9. Bolivia

Negara Amerika Selatan ini memiliki 59 miliar pohon. Pepohonan menutupi sekitar 50% dari luas daratannya dan terdapat keanekaragaman hayati yang sangat beragam karena topografi negara yang bervariasi.

10. Meksiko

Meksiko berada di tempat ke-10 dalam daftar ini. Jumlah pohon di Meksiko diperkirakan ada 57 miliar pohon. Hutan di Meksiko menjadi rumah bagi ribuan spesies endemik.



Simak Video "Pohon Berusia 50 Tahun di Bandung Timpa Mercy, Tak Ada Korban Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia