Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara, Apa Bedanya?

Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara, Apa Bedanya?

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 17 Okt 2022 20:00 WIB
Semangat nasionalisme terpancar di Wini. Sang merah putih berkibar di perbatasan Indonesia-Timor Leste.
Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Trigatra dan Pancagatra termasuk ke dalam aspek penting wawasan nusantara Republik Indonesia. Keduanya termasuk dalam cakupan astagatra. Sebelumnya, apa itu wawasan nusantara?

Mengutip buku Modul PPKn Kelas X KD 3.7 oleh Kemendikbud, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar tahun 1945. Nah, wawasan nusantara ini sangat penting bagi ketahanan nasional.

Ketahanan nasional sendiri adalah media analisis untuk memecahkan problem atau masalah kehidupan bangsa melalui pendekatan delapan aspek kehidupan nasional yang diistilahkan sebagai astagatra. Dalam situs Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Astagatra merupakan delapan aspek kehidupan nasional Indonesia.

Astagatra terdiri dari dua hal, yaitu Trigatra dan Pancagatra. Apa bedanya? Simak penjelasan berikut ini dilansir dari situs SMAN 2 Pariaman.

Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

Trigatra

Trigatra adalah aspek alamiah yang bersifat statis meliputi posisi serta lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, serta keadaan dan kemampuan penduduknya.

a. Gatra geografi

Lokasi dan posisi geografi Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas perairan dan daratan. Kepulauan Indonesia dikelompokkan menjadi empat gugusan, yaitu:

1. Gugusan Papua
2. Gugusan Kepulauan Maluku
3. Gugusan Kepulauan Sunda Kecil
4. Gugusan Kepulauan Sunda Besar

Kemudian berdasarkan bentang alam geografi, Indonesia dibagi menjadi tiga daerah, yaitu:

1. Dangkalan Sahul
2. Dangkalan Sunda
3. Daerah Peralihan

b. Gatra Keadaan Alam

Keadaan dan kekayaan alam Indonesia terdiri dari sumber dan potensi alam yang terdapat di atmosfer, permukaan Bumi, laut, perairan, dan di dalam Bumi. Sumber-sumber alam ini dibedakan ke dalam delapan golongan, yaitu: flora, fauna, mineral, tanah, atmosfer, dirgantara, energi alam, air dan laut.

Sedangkan menurut sifatnya kekayaan alam dibedakan ke dalam tiga golongan, yakni: kekayaan alam yang dapat diperbaharui, kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui, dan kekayaan alam yang tetap.

c. Gatra Keadaan dan Kemampuan Penduduk

Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Adapun faktor penduduk yang mempengaruhi ketahanan nasional adalah jumlah penduduk dan distribusi penduduk yang dipengaruhi oleh kematian, kelahiran, pendatang baru, dan orang yang meninggalkan wilayahnya.

Pancagatra

Pancagatra adalah aspek kemasyarakatan wawasan nusantara https://www.detik.com/tag/wawasan-nusantara yang bersifat dinamis dan terdiri atas ideologi, politik, ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan.

a. Gatra Ideologi

Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Ideologi adalah konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diperjuangkan dalam kehidupan nyata.

Ideologi sendiri dapat dijabarkan ke dalam sistem nilai kehidupan, yaitu serangkaian nilai yang tersusun secara sistematis.

b. Gatra Politik

Politik adalah asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Dalam kehidupan, politik terbagi menjadi dua sektor yaitu sektor masyarakat yang memberikan input dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output.

Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukan kehidupan politik di negara yang bersangkutan.

c. Gatra Sosial Budaya

Sosial budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamik budaya bangsa yang berisi ketekunan bangsa untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, tantangan, halangan, dan gangguan.

Ketahanan budaya bertugas mengatur dan menyelenggarakan kehidupan sosial budaya. Selain itu, ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dimana setiap masyarakat dapat mengembangkannya sesuai dengan kemampuan pribadi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

d. Gatra Ekonomi

Aspek Pancagatra selanjutnya adalah kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakatnya dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat.

e. Gatra Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan adalah ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, tantangan, halangan, dan gangguan yang dapat membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Jadi, Trigatra adalah tiga aspek alamiah sementara Pancagatra adalah lima aspek sosial dalam wawasan nusantara. Kedua Trigatra dan Pancagatra sangat penting dalam ketahanan nasional. Semoga membantu, detikers!



Simak Video "Duh, Anggaran Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Disetujui Kemenkeu"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia