10 Negara dengan Standar Hidup Terbaik, Bisa Jadi Tujuan Kuliah

10 Negara dengan Standar Hidup Terbaik, Bisa Jadi Tujuan Kuliah

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 16 Okt 2022 18:00 WIB
Kota Tonsberg di Norwegia
10 Negara dengan Standar Hidup Terbaik. (Foto: iStock)
Jakarta -

Di samping kampus tujuan, negara tempat melanjutkan studi menjadi faktor penting. Semakin baik standar hidup suatu negara, dapat mempermudah kehidupan sehari-hari hingga menyelesaikan studi.

Salah satu indikator standar hidup yang baik dalam suatu negara adalah Human Development Index (HDI). The Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah ringkasan ukuran pencapaian rata-rata dalam dimensi utama pembangunan manusia.

Tiga dimensi ini mencangkup angka harapan hidup dan kesehatan, masyarakat yang berwawasan, dan memiliki standar hidup yang layak. HDI adalah rata-rata geometrik dari indeks yang dinormalisasi dari tiga dimensi tersebut.

Dimensi kesehatan dinilai dengan angka harapan hidup saat lahir. Dimensi pendidikan diukur dengan rata-rata lama sekolah untuk orang dewasa berusia 25 tahun ke atas dan masa sekolah yang diharapkan untuk anak usia masuk sekolah. Kemudian dimensi standar hidup diukur dengan pendapatan nasional bruto per kapita.

Dari 191 negara, United Nations Development Programme (UNDP) telah merangkum 10 negara dengan HDI tertinggi di dunia. Artinya, 10 negara ini memiliki standar hidup terbaik dari negara lain.

Negara-negara ini bisa jadi pertimbangan dalam melanjutkan studi. Apa saja negara dengan standar hidup terbaik di dunia? ini daftarnya dilansir dari laporan UNDP.

10 Negara dengan Standar Hidup Terbaik di Dunia

1. Swiss
HDI value: 0,962

2. Norwegia
HDI value: 0,961

3. Islandia
HDI value: 0,959

4. Hong Kong
HDI value: 0,952

5. Australia
HDI value: 0,951

6. Denmark
HDI value: 0,948

7. Swedia
HDI value: 0,947

8. Irlandia
HDI value: 0,945

9. Jerman
HDI value: 0,942

10. Belanda
HDI value: 0,941

Nah, itulah 10 negara dengan standar hidup terbaik di dunia. Sudah tahu ingin melanjutkan studi ke negara mana, detikers?



Simak Video "Terbitkan Ijazah Tanpa Kuliah, Akreditasi Perguruan Tinggi di Surabaya Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia